Klinik Mata – Jika Anda mengalami lebih banyak sakit kepala dan sakit punggung dari sebelumnya, Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang mengalami Computer Vision Syndrome (Ketegangan Mata Digital). Dengan model pendidikan yang bergeser ke arah online karena pandemi Covid-19, siswa dan guru menghabiskan waktu lebih lama di depan layar, dan semakin sering mengalami gejala-gejala seperti kelelahan mata, mata kering, sakit kepala, sakit punggung, dan sakit leher.

Di saat seperti ini, di mana terpaku pada layar merupakan hal yang lumrah, menjadi penting untuk mempraktikkan kebiasaan yang baik di depan layar. Selain itu, Sangat penting untuk memeriksakannya ke klinik mata terbaik agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengurangi ketegangan mata selama kelas online:

Layar Semakin Besar, Semakin Baik

Layar yang lebih kecil menyebabkan lebih banyak ketegangan dan ketidaknyamanan pada mata saat mencoba membaca teks yang lebih kecil. Sebaiknya gunakan layar yang lebih besar seperti tablet, laptop, atau desktop untuk menghadiri kelas.

Istirahatkan Mata Anda

Sangat penting untuk beristirahat secara teratur dari layar. Untuk mengistirahatkan mata, Anda dapat mengikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, tataplah sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki selama setidaknya 20 detik.

Sesuaikan Pencahayaan Ruangan

Ruang belajar Anda tidak boleh terlalu terang atau terlalu gelap. Pastikan pencahayaan ruangan lebih redup daripada layar Anda dan coba posisikan layar Anda jauh dari jendela untuk membatasi silau. Selain itu, hindari menggunakan perangkat Anda di luar ruangan untuk mencegah silau dari sinar matahari.

Sesuaikan Pencahayaan Layar

Layar yang lebih terang menyebabkan ketegangan pada mata yang mengakibatkan sakit kepala ringan hingga berat. Mengurangi kecerahan tidak hanya menjaga kesehatan makula Anda, tetapi juga masa pakai baterai perangkat Anda yang berharga. Anda dapat memilih untuk menyalakan Filter Cahaya Biru pada perangkat Anda untuk menyesuaikan pencahayaan layar untuk mengurangi ketegangan mata.

Perbaiki Posisi Anda

Duduk terlalu dekat dengan layar akan meningkatkan ketegangan pada mata Anda. Cobalah duduk setidaknya sejauh satu lengan dari perangkat Anda. Idealnya, bagian atas layar harus berada tepat di bawah ketinggian mata. Mempertahankan postur tubuh yang benar adalah kunci untuk mencegah sakit punggung dan leher.

Baca Juga: Mata Tergores: Tindakan Darurat dan Perawatan yang Wajib Dilakukan

Tidur yang Cukup

Cara terbaik untuk memberikan mata Anda istirahat yang sangat dibutuhkan setelah seharian bekerja di depan layar adalah dengan tidur yang cukup. Sangat penting untuk tidur setidaknya 7 jam sehari untuk merilekskan mata dan pikiran Anda serta mengisi kembali persediaan air mata untuk mencegah mata kering. Selain itu, hindari paparan layar satu jam sebelum tidur.

Perbaiki Pola Makan Anda

Pola makan sehat yang terdiri dari asam lemak omega 3, seng, vitamin E dan C dapat sangat membantu meningkatkan kesehatan mata. Memasukkan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, kacang-kacangan, kacang-kacangan, buah jeruk ke dalam menu makanan Anda dapat memberikan nutrisi penting ini. Jangan lupa untuk minum banyak air untuk mencegah mata Anda dari kekeringan.

Kacamata Cahaya Biru

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata biru. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan apakah kacamata ini berfungsi, cahaya biru diketahui mengganggu siklus sirkadian Anda dan menyebabkan sakit kepala. Jika bekerja hingga larut malam di depan layar tampaknya mempengaruhi siklus tidur Anda, Anda bisa mendapatkan kacamata yang dapat menyaring cahaya biru bisa menjadi pilihan yang baik di klinik mata terbaik.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan berbagai layanannya yang terbaik.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.