Kacamata menjadi hal yang penting dan wajib untuk digunakan bagi seseorang yang memiliki masalah penglihatan. Sebagai alat bantu optik, kacamata membantu penggunanya untuk bisa melihat dengan baik dan jelas. Seperti yang diketahui, ketika seseorang mengalami masalah penglihatan seperti rabun jauh, maka kualitas penglihatannya akan menurun. Sehingga penderita masalah penglihatan membutuhkan kacamata untuk membantu mereka bisa melihat dengan baik. Mengingat betapa pentingnya fungsi kacamata tersebut, sudah seharusnya kacamata dijaga dengan baik.

Kacamata sendiri sangat penting bagi mereka yang mengalami masalah penglihatan, bahkan harganya juga tidak murah. Mencari kacamata yang baik, dan sesuai dengan apa yang anda butuhkan tentunya juga memakan waktu yang cukup lama. Karena mencari kacamata tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, kacamata harus disesuaikan dengan kondisi mata anda dan nyaman untuk digunakan. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui cara merawat kacamata agar tidak cepat rusak. Hal-hal yang patutu untuk diperhatikan ketika anda merawat kacamata yaitu:

1.    Bersihkan secara rutin

Karena kacamata biasanya dipakai setiap hari ketika anda beraktivitas, tentunya kacamata akan cepat kotor karena debu dan kotoran yang mungkin menempel. Untuk itu, kacamata yang digunakan harus di bersihkan degan rutin agar kualitasnya tetap terjaga. Anda bisa membersihkan kacamata menggunakan lap khusus untuk kacamata yaitu microfiber. Jangan menggunakan tisu, karena bisa membuat goresan halus pada lensa kacamata.

Kacamata yang tidak di bersihkan bisa menyebabkan kotoran menempel terlalu lama pada kacamata dan semakin menumpuk. Kotoran yang semakin menumpuk tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan lensa dan menimbulkan korosi pada frame kacamata yang terbuat dari metal. Jika anda hendak membersihkan kacamata dari debu dan kotoran, ingatlah untuk selalu menggunakan microfiber atau kain yang didapatkan dalam pembelian kacamata.

2.    Pegang kacamata menggunakan dua tangan

Hal yang perlu diperhatikan ketika anda memakai kacamata yaitu menggunakan dua tangan untuk memegang kacamata ketika melepas dan memakainya. Meski terlihat sepele, kenyataannya memegang kacamata menggunakan dua tangan bisa membuat kacamata lebih awet dan tidak cepat rusak. Ketika anda menggunakan satu tangan, Anda tak akan frame atau tangkai kacamata bisa berubah bentuk karena salah satunya yang menyangkut di telinga.

Baca Juga: Perbedaan Pemeriksaan Mata Anak dan Orang Dewasa

3.    Jangan letakkan kacamata di atas kepala

Hal yang seharusnya dihindari ketikan anda memakai kacamata adalah meletakkannya di atas kepala. Ketika anda memakai kacamata di atas kepala, maka akan terjadi banyak gesekan yang bisa membuat lensa tergores dan cepat rusak. Selain itu, meletakkan kacamata di atas kepala juga akan membuat tangkai kacamata menjadi lebih lebar. Oleh karena itu, hindarilah untuk meletakkan kacamata di atas kepala agar lebih awet dan tidak cepat rusak.

4.    Simpanlah kacamata dengan rapi

Sebagian orang masih memiliki kesadaran yang kurang terkait degan penyimpanan kacamata yang baik. Ketika anda selesai untuk menggunakan kacamata, jangan biarkan kacamata tergeletak begitu saja di meja ataupun dimana saja. Sebaiknya, anda menyimpan kacamata dengan baik dan benar. Anda bisa menyimpannya dengan rapi di dalam kotak kacamata yang sudah disediakan oleh optik. Hal ini bertujuan untuk menjaga kacamata serta menghindari adanya noda dan debu dari luar yang bisa menempel.

5.    Rajin mengunjungi optik

Selain hal tersebut di atas, anda juga perlu untuk mengunjungi optik guna sekedar membersihkan kacamata atau mengecek kelayakan kacamata anda. Metode pembersihan yang dilakukan oleh optik bisa membuat lensa kacamata anda lebih bersih sehingga lebih nyaman digunakan. Anda juga bisa meminta penyetelan ulang ukuran tangkai kacamata yang dirasa sudah melebar. Setidaknya lakukan pengecekan kacamata dengan rutin 3 bulan sekali.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata yang terpercaya dan profesional? Segera kunjungi Vio Optical Clinic yang menawarkan berbagai layanan kesehatan mata terbaik untuk anda dan keluarga. Kami memberikan layanan kacamata dan berbagai soft lenses dengan kualitas dan standar kesehatan terbaik. Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis yang memadai dan canggih serta para staff professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Dapatkan layanan kesehatan mata terpercaya hanya bersama Vio Optical Clinic.