Klinik Mata BekasiMata malas adalah keadaan yang paling kerap berjalan waktu masih anak-anak. Mayo Clinic mencatat bahwa keadaan ini merupakan penyebab utama dari masalah penglihatan pada anak. Namun, kalau dibiarkan, mata malas ini mampu terbawa tetap sampai Anda dewasa.

Istilah medis untuk mata malas adalah amblyopia, yaitu suatu keadaan di mana otak lebih condong ‘mempekerjakan’ salah satu mata saja. Biasanya, hal ini karena penglihatan mata yang satu lebih buruk daripada mata yang lainnya. Secara tidak

sadar, keadaan perbedaan keadaan kebugaran mata ini akan mengakibatkan otak mengabaikan tanda atau motivasi dari mata yang lebih lemah, atau mata yang ‘malas’.

Pada penderita mata malas, mata yang lebih lemah umumnya tidak amat keluar tidak serupa dibandingkan mata yang lain. Namun, dalam lebih dari satu keadaan, mata yang lebih lemah ini mungkin akan keluar ‘berlari’ ke arah yang tidak serupa

dengan mata sebelahnya. Penting untuk diingat, bahwa mata malas tidak serupa dengan mata juling atau strabismus. Akan tetapi, strabismus mampu mengakibatkan munculnya mata malas, kalau mata yang juling lebih jarang dipakai dibandingkan dengan mata yang sehat.

Apa saja tanda dan gejala mata malas?
Mata malas mampu jadi sulit terdeteksi kalau keadaannya udah parah. Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala layaknya ini, mampu jadi hal selanjutnya merupakan gejala awal dari mata malas:

  • kecenderungan menabrak benda di satu sisi
  • mata yang ‘berlari’ kemana-mana, baik segi dalam atau luar
  • kedua mata terlihat tidak bekerja bersama
  • kurangnya kekuatan memperkirakan jarak
  • penglihatan ganda
  • sering mengernyit

Penyebab mata malas
Mata malas terjalin dengan masalah pertumbuhan pada otak. Pada masalah ini, jalan saraf di otak yang mengatur penglihatan tidak bermanfaat dengan baik. Keadaan ini mampu keluar waktu ke dua mata tidak digunakan dalam kuantitas yang sesuai satu serupa lain. Beberapa keadaan di bawah ini mampu mengakibatkan munculnya mata malas:

  • mata juling yang tidak diperbaiki
  • genetik, riwayat keluarga dengan mata malas
  • perbedaan kekuatan penglihatan yang memadai jauh di pada ke dua mata
  • kerusakan atau trauma pada salah satu mata
  • turunnya salah satu kelopak mata
  • kekurangan vitamin A
  • ulkus kornea
  • operasi mata
  • gangguan penglihatan
  • glaukoma

Baca Juga : 3 Macam Alat Bantu untuk Mempertajam Mata yang Kurang Awas

Bagaimana langkah mendiagnosis mata malas?
Mata malas umumnya hanya berjalan pada salah satu mata. Ketika pertama kali terjadi, Anda atau anak Anda mungkin tidak menyadarinya.

mungkin sejak bayi, apalagi kalau anak Anda tidak mengalami gejala apa pun. The American Optometric Association merekomendasikan agar Anda mempunyai anak Anda untuk memeriksakan matanya pada usia 6 bulan dan 3 tahun. Setelah

itu, anak wajib diperiksakan secara teratur ke dokter mata setiap dua tahun atau lebih kerap ulang terasa dari usia 6 sampai 18 tahun.

Dokter mata akan melaksanakan pengecekan mata teratur untuk menilai penglihatan pada ke dua mata. Pemeriksaan yang biasa dikerjakan pada lain adalah membaca huruf atau bentuk, ikuti gerakan sinar dengan salah satu mata diikuti dengan ke

dua mata, dan menyaksikan mata secara segera dengan alat yang tersedia. Selain itu, dokter mungkin terhitung akan memeriksakan ketajaman penglihatan, kekuatan otot mata, dan seberapa baik kekuatan mata anak Anda untuk memfokuskan

penglihatan. Dokter Anda akan mencari memahami apakah terdapat satu mata yang lebih lemah atau terdapat perbedaan penglihatan di pada ke dua mata.

Bagaimana langkah melakukan perbaikan mata malas?
Mengobati penyebabnya merupakan langkah yang paling efisien untuk menangani mata malas. Anda wajib menunjang mata yang lebih lemah untuk berkembang secara normal. Jika Anda atau anak Anda mengalami kelainan refraksi layaknya rabun dekat, rabun jauh, atau silinder (astigmatisma), maka dokter akan meresepkan kacamata.

Dokter Anda terhitung mungkin akan merekomendasikan memakai penutup mata untuk mata yang lebih sehat, agar mata yang lemah mampu dilatih untuk melihat. Penutup mata umumnya mampu dipakai sepanjang satu sampai dua jam sehari.

Penutup mata ini bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan otak yang mengontrol penglihatan. Selain penutup mata, obat tetes terhitung mampu diteteskan pada mata yang sehat agar membuatnya kabur sepanjang lebih dari satu waktu, mengimbuhkan waktu bagi mata yang ‘malas’ untuk berlatih.

Jika Anda punya mata yang juling, Anda mungkin wajib meniti operasi untuk melakukan perbaikan otot mata Anda. Pada dasarnya, jadi cepat mata yang malas diperbaiki, jadi baik pula hasil pengobatannya. Jadi, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter Anda.