Klinik Mata BekasiPenyebab masuknya benda asing di konjungtiva, sanggup dipicu kesibukan sehari-hari. Konjungtiva adalah anggota selaput bening yang melapisi anggota depan mata. Selain itu, benda asing termasuk sanggup masuk sampai ke kornea. Yang sanggup diketahui, kala mata berkedip merasa mengganjal atau sakit. Juga sanggup menyebabkan mata merah, berair sampai merasa seperti tersedia pasir didalam mata.

Selain itu, benda asing lain seperti debu, serpihan logam, pasir, dan serbuk gergaji termasuk merupakan contoh-contoh benda yang mempunyai risiko masuk. Benda asing di konjungtiva atau wilayah lain di sekitar mata, perlu langsung dibuang bersama dengan cara yang tepat.

Cara Mengatasi Masuknya Benda Asing di Konjungtiva dan Sekitar Mata

Pertolongan Pertama di Rumah
Jika tersedia benda asing yang masuk ke konjungtiva atau sekitar mata, Anda sanggup mencoba menanganinya sendiri sebagai pemberian pertama di rumah. Caranya yaitu bersama dengan membilas mata menggunakan air. Bilas mata dari arah samping, menggunakan air bersih yang mengalir. Bila sulit, mintalah pemberian orang lain untuk membilas mata Anda, bersama dengan posisi Anda berbaring.

Baca Juga :

Pemeriksaan Oftalmoskopi pada Mata Dapat Mendeteksi Berbagai Penyakit

Saat dapat mengambil alih benda asing tersebut, tarik kelopak mata ke arah bawah, Anda sanggup mencoba berkedip di bawah aliran air untuk menopang kotoran keluar. Jika benda berikut terlihat memadai jelas, cobalah untuk menjangkau bersama dengan kapas yang sudah terutama dahulu diberi air.

Lakukan di daerah yang terang agar anggota mata Anda terlihat jelas, termasuk benda asing tersebut. Jangan lupa, cuci tangan terutama dahulu sebelum akan berusaha menghilangkan benda asing itu.

Hindari menggosok atau menekan mata agar tidak tambah terluka. Jika Anda sedang memakai lensa kontak, menjauhi melewatkan lensa kontak waktu berusaha menghilangkan benda asing yang masuk. Anda boleh melewatkan lensa kontak pada waktu mengambil alih benda asing yang masuk, kalau berlangsung pembengkakan pada mata.