Klinik Mata Bekasi – Mengalami gangguan penglihatan seperti mata minus dan rabun memang sangat menganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, banyak orang yang akhirnya memilih menggunakan kacamata karena praktis dan tanpa resiko. Akan tetapi tidak semua kacamata sesuai dengan kondisi mata seseorang. Maka dari itu diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan kacamata.

Kacamata memiliki banyak bentuk serta fungsi yang sangat beragam. Ada kacamata untuk kesehatan atau terapi, namun ada pula kacamata yang hanya berfungsi sebagai ektetika atau pemanis penampilan. Bentuk dan warnanya pun sangat beragam yang bisa disesuiakan dengan kebutuhan serta bentuk wajah anda.

Memilih kacamata tidak boleh sembarang. Selain memperhatikan peruntukan kacamata tersebut, anda juga perlu memperhatikan apakah kacamata tersebut sesuai dengan bentuk wajah anda atau tidak. Pasalnya jika anda memilih kacamata secara sembarangan, bisa saja membuat penampilan anda terlihat kurang menarik.

Bentuk-bentuk Kacamata yang Sesuai dengan Postur Wajah

  1. Wajah Oval

Wajah oval merupakan salah satu bentuk wajah yang paling diimpikan oleh setiap orang terutama perempuan.  Bentuk wajah seperti ini merupakan postur wajah paling sempurna yang cocok dengan semua jenis aksesoris termasuk kacamata. Orang yang memiliki wajah oval, bisa menggunakan bentuk kacamata apa saja sesuai dengan trend fashion yang tengah berkembang. Akan tetapi anda perlu menghindari bingkai dengan bentuk ekstrim dan lebarnya melebihi bagian terluas wajah.

  1. Wajah bulat

Untuk anda yang memiliki postur wajah bulat, bentuk kacamata yang tepat adalah bentuk bingkai persegi atau kotak dengan posisi gagang kacamata tinggi. Bentuk kacamata kotak persegi akan membuat wajah terlihat lebih panjang. Hal yang perlu dihindari adalah kacamata dengan bingkai bundar dan gagang kacamata tebal dan warna gelap

  1. Wajah Kotak

Anda yang merasa memiliki wajah kotak, pilihlah bingkai kacamata dengan bentuk oval atau bundar. Kacamata bentuk ini akan menyamarkan garis wajah atau memberi garis lengkung sehingga membuat wajah jadi terlihat lebih panjang. Sedangkan hal yang perlu dihindari adalah bingkai kotak.

  1. Wajah heart atau hati

Sedangkan untuk anda yang memiliki postur wajah heart atau hati, bentuk kacamata paling tepat untuk anda adalah bentuk minimalis dengan bingkai kacamata frameless atau tanpa frame. Bentuk kacamata seperti ini akan membuat dahi dan rahang serta menarik mata ke bagian wajah anda. Sedangkan bentuk mata yang perlu dihindari adalah kacamata dengan posisi gagang tinggi.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Untuk Orang yang Berkacamata

Menjaga kesehatan mata sudah pasti menjadi sesuatu yang penting untuk setiap orang apalagi untuk orang berkacamata. Bagi anda yang memiliki gangguan kesehatan sehingga harus menggunakan kacamata, cara menjaga kondisi mata agar tidak semakin memburuk adalah dengna menghindari kebiasaan membaca sambil tiduran. Kebiasaan ini akan membuat kondisi kelainan penglihatan anda justru akan semakin parah.

Baca juga : Tips Melindungi Penglihatan Anda dari Infeksi Akibat Menggunakan Lensa Kontak

Selain menghindari kebiasaan buruk seperti membaca sambil tiduran, orang yang berkacamata juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya vitamin A. Jenis makanan ini sangat baik untuk memperbaiki kelainan mata anda sehingga tidak menjadi semakin parah. Anda bisa rutin mengkonsumsi wortel atau buah pepaya sebagai terapi untuk memperbaiki kondisi mata.

Itulah ulasan seputar tips memilih kacamata sesuia dengan bentuk wajah serta cara menjaga kesehatan mata yang perlu anda ketahui. Mata memang menjadi salah satu organ penting bagi manusia yang memerlukan perhatian khusus untuk menjaga. Menggunakan kacamata termasuk salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata. Akan tetapi pastikan memilih bentuk kacamata yang sesuai dengan postur wajah agar menambah daya tarik penampilan anda.