Orthokeratology – Permasalahan penglihatan seringkali menimbulkan hambatan dalam melakukan aktivitas. Gangguan penglihatan seperti rabun jauh seringkali membatasi kemampuan visual seseorang dalam melakukan aktivitasnya. Oleh karena, dibutuhkan perawatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya yaitu dengan orthokeratology, lensa kontak khusus untuk koreksi penglihatan.

Apa itu Orthokeratology?

Orthokeratology adalah metode perawatan untuk koreksi penglihatan tanpa operasi yang efektif. Perawatan ini dilakukan melalui pemasangan lensa kontak permeabel gas khusus yang telah dipersonalisasi berdasarkan pada kebutuhan pasien. Lensa khusus ini perlu untuk dipakai semalaman saat tidur guna memperbaiki masalah penglihatan yang terjadi. Lensa akan membentuk kembali permukaan depan mata atau kornea, sehingga memberikan hasil penglihatan yang jelas pada keesokan harinya. Orthokeratology umumnya diresepkan untuk memperbaiki miopia, tapi juga bisa digunakan untuk hiperopia dan astigmatisme.

Lensa orthokeratology juga sering dikenal sebagai ortho-k dan lensa pembentuk kornea. Berbeda dengan pemakaian lensa kontak biasa pada umumnya, orthokeratology dipakai hanya pada malam hari saat tidur. Lensa orthokeratology adalah pilihan tepat yang mudah praktis dan efektif. Anda juga tidak perlu khawatir lagi karena lensa kontak atau kacamata yang lepas dan rusak saat beraktivitas. Karena orthokeratology hanya di pakai di malam hari dan tidak akan menghambat atau mengganggu aktivitas anda.

Cara Kerja Orthokeratology

Orthokeratology adalah lensa khusus untuk terapi sebagai koreksi penglihatan yang efektif. Ini menggunakan lensa kontak khusus dengan permeabilitas oksigen tinggi, sehingga memberikan kenyamanan dan aman dipakai saat pasien tidur. Secara perlahan, lensa orthokeratology akan mulai memperbaiki bentuk kornea untuk menuju bentuk normal. Dengan demikian pengurangan kesalahan refraksi untuk koreksi penglihatan bisa dicapai.

Perubahan yang dihasilkan oleh lensa orthokeratology memungkinkan kornea membiaskan cahaya dengan tepat. sehingga, anda bisa memiliki penglihatan yang baik dan jelas. Orthokeratology mendistribusikan kembali gaya adhesi yang berorientasi tegak lurus ke permukaan kornea. Selanjutnya, terciptalah gaya hidrodinamik yang bekerja secara tangensial pada epitel kornea. Perubahan struktur epitel kornea menyebabkannya beregenerasi sepenuhnya. Dimana bagian epitel kornea menjadi lebih tipis dan menebal di bagian tengah perifer. Dan akhirnya anda bisa mencapai penglihatan yang baik dan jelas.

Baca Juga: Ketahui tentang Ortho-K dan Fungsinya

Adaptasi lensa orthokeratology bersifat individual. Dimana proses adaptasi tersebut memerlukan pengawasan dari dokter mata agar lensa dapat beradaptasi dengan sempurna. Pasien perlu melakukan peninjauan setelah malam pertama menggunakan lensa orthokeratology. Pada periode adaptasi pertama ini, yang dimaksudkan adalah memilih lensa kontak yang benar-benar mengurangi kelainan refraksi. Serta lensa yang menghasilkan cetakan kornea terpusat dengan perawatan yang optimal. Setelah hasil koreksi penglihatan yang diinginkan telah tercapai, evaluasi perlu dilakukan secara rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Siapa Saja yang Membutuhkan Orthokeratology?

Lensa permeabel gas direkomendasikan untuk orang yang memiliki kelainan refraksi. terutama bagi mereka dengan kelainan refraksi seperti rabun jauh atau miopi baik itu dengan atau tanpa astigmatisme. Orthokeratology juga pilihan ideal untuk anak-anak yang memiliki gangguan penglihatan miopia progresif. Serta bagi mereka yang ingin terlepas dari penggunaan kacamata atau lensa kontak konvensional.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari orthokeratology. Beberapa orang mungkin sudah dapat melihat dengan jelas hanya dalam beberapa hari setelah perawatan orthokeratology. Namun, sebagian yang lain mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk hasil yang optimal. Tingkat keberhasilan orthokeratology lebih tinggi pada pasien dengan miopia sedang hingga berat dan astigmatisme. Namun, hasilnya beragam saat menangani kelainan refraksi lainnya seperti presbiopia (penglihatan dekat kabur karena usia tua) dan hiperopia (rabun dekat).

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.