Orthokeratology – Miopi merupakan gangguan penglihatan yang sering dialami oleh banyak orang. Bahkan, penderita miopi terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Miopi atau yang dikenal dengan rabun jauh adalah salah satu gangguan kesehatan mata yang berakibat pada penglihatan yang buram. Miopi ditandai dengan menurunnya kemampuan seseorang untuk melihat objek dan benda yang berada sedikit jauh. Tidak jarang seseorang dengan miopi akan mendekatkan objek tersebut atau berada dalam jarak yang sangat dekat untuk dapat melihatnya. Dampak yang diberikan miopi dapat memengaruhi kualitas kehidupan setiap orang. Untuk itu, miopi perlu untuk segera diatasi salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan orthokeratology.

Kenali Orthokeratology dengan Baik

Orthokeratology atau yang disingkat dengan ortho-k adalah cara revolusioner untuk memiliki penglihatan yang tajam tanpa mengenakan kacamata atau lensa kontak. Kebanyakan orang dengan miopi membutuhkan alat bantu optik seperti kacamata dan lensa kontak untuk memiliki penglihatan yang jelas. Namun, seiring perkembangan jaman, telah hadir sebuah metode yang dapat membuat anda lepas dari ketergantungan akan kacamata dan lensa kontak yaitu orthokeratology.

Orthokeratology merupakan lensa yang dirancang khusus sesuai dengan pemetaan kornea pasiennya. Lensa tersebut kemudian dipakai pada malam hari ketika anda tidur. Setelah tidur dengan lensa ortho-k semalaman, anda bisa melepasnya di pagi hari dan memiliki penglihatan yang jelas tanpa kacamata. Hal ini tentunya sangat menyenangkan bagi anda yang telah memakai kacamata atau lensa kontak selama bertahun-tahun. Selain itu, lensa orthokeratology dapat menghambat perkembangan miopi pada anak. Orthokeratology mengembalikan penglihatan anak-anak yang jelas dan terang serta meminimalkan risiko meningkatnya atau berkembangnya miopi.

Baca Juga: Apa itu Ortho K dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dasar-Dasar Orthokeratology

Lensa ortho-k adalah kontak permeabel gas kaku khusus yang dimasukkan secara normal ke dalam mata. Saat anda tidur, lensa tersebut akan meratakan kornea dengan lembut untuk memperbaiki kesalahan bias yang terjadi. Pada saat anda bangun, miopi (rabun jauh) akan berkurang dan mengalami perbaikan yang signifikan. Efek lensa ortho-k tersebut dapat bertahan selama beberapa hari. Anda perlu untuk memakai lensa ortho-k secara ruitin setiap malam guna mendapat hasil yang optimal. Dalam pemakaiannya anda perlu menjaga lensa orho-k tetap bersih dan menyimpannya dengan baik ketika tidak dikenakan. Menjaga kebersihan lensa dan mencuci tangan sebelum mengenakan lensa tersebut dapat menghindarkan anda dari risiko iritasi akibat debu dan kotoran yang menempel.

Orthokeratology untuk Kontrol Miopi

Orthokeratology sangat efektif sebagai kontrol miopi terutama pada anak-anak. Saat lensa membentuk kornea, lensa menekan perkembangan miopi yang dialami oleh anak. Lensa ortho-k juga membantu untuk mencegah kesalahan refraksi pada anak-anak dimana kornea terus tumbuh dan memanjang, yang berakibat pada rabun jauh atau miopi. Anak-anak di bawah usia 18 tahun bukan kandidat untuk operasi bias LASIK, sehingga ortho-k menawarkan alternatif yang bagus untuk memperbaiki miopi. Tidak hanya untuk mengontrol perkembangan miopi, lensa ortho-k juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pennglihatan anda.

Anda membutuhkan perawatan kesehatan mata orthokeratology? Segera hubungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh. Dengan didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang canggih dan lengkap, Vio Optical memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic menyediakan berbagai layanan kesehatan mata seperti ortho-k, low vision treatment, binocular vision, spesialis lensa dan lain sebagainya. Percayakan kesehatan mata anda bersama Vio Optical Clinic, untuk penglihatan yang jelas dan terang.