Ortho-K – Kelainan refraksi menjadi masalah penglihatan yang dapat mempengaruhi kemampuan visual seseorang. Kelainan refraksi seperti mata minus, rabun dekat atau astigmatisme, dapat menyebabkan menurunnya kemampuan visual sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda yang mengalami kelainan refraksi perlu mempertimbangkan perawatan dengan orthokeratology atau ortho-k. Ini adalah sebuah metode yang efektif untuk mengoreksi kesalahan atau kelainan refraksi. Ortho-k mampu memperbaiki masalah penglihatan melalui penggunaan lensa kontak khusus yang akan meningkatkan penglihatan secara signifikan.

Apa Itu Ortho-k?

Ortho-k adalah cara non-bedah untuk memperbaiki kesalahan atau kelainan refraksi dengan lebih efektif. Lensa khusus ortho-k mengubah bentuk lensa dan kornea melalui penggunaan rutin saat tidur. Lensa kontak khusus yang digunakan dalam perawatan ortho-k merupakan lensa kaku dan permeabel terhadap gas, sehingga lensa tersebut dapat mempertahankan bentuknya setiap saat. Selama perawatan lensa ortho-k dengan lembut membentuk kembali kornea atau permukaan mata Anda. Setelah lensa dilepas, anda memiliki penglihatan jelas dan bisa melakukan aktivitas dengan nyaman tanpa masalah.

Ortho-k adalah lensa kontak permeabel gas (GP) yang dirancang khusus. Fungsinya yaitu untuk memodifikasi kornea sehingga dapat mengoreksi penglihatan untuk orang-orang dengan kelainan refraksi. Ortho-k dapat mengoreksi penglihatan Anda, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak sepanjang hari. Ortho-k seringkali digunakan untuk mengobati masalah kelainan refraksi miopia (rabun jauh), tetapi juga dapat membantu memperbaiki kesalahan refraksi lainnya.

Bagaimana Ortho-k Bekerja?

Ortho-k berkaitan dengan proses pembentukan kembali kornea dan lensa mata. Pada tahap awal, dokter mata akan melakukan pemeriksaan terlebih dulu dan melihat kesesuaian pasien dengan metode perawatan ortho-k. Kemudian, dokter mata akan memetakan dan mengukur permukaan kornea mata pasien menggunakan topografi kornea. Selanjutnya, hasil dari pemetaan dan pengukuran tersebut digunakan untuk merancang lensa khusus sesuai kebutuhan pasien. Setelah lensa kontak khusus ortho-k terbentuk, pasien dapat memulai perawatan ini dengan pemakaian lensa rutin di malam hari ketika tidur.

Baca Juga: Sebelum Lakukan Terapi Mata Minus Kenali Dulu Apa Mata Minus dan Penyebabnya

Lensa ortho-k juga dikenal sebagai lensa pembentuk kembali kornea. Lensa ini bekerja dengan meratakan bagian tengah kornea, yang dapat mengubah cara dibelokkan atau fokus cahaya. Lensa pembentuk kembali kornea ini perlu dipakai semalaman untuk meratakan bentuk kornea, dan kemudian dilepas pada siang hari. Lensa ortho-k sebagai pembentuk kembali kornea terdiri dari lensa kaku dan permeabel gas yang memungkinkan oksigen bisa masuk sehingga menjaga mata tetap sehat. Pada siang hari ketika Anda tidak memakai lensa ortho-k, bentuk kornea tetap rata dan penglihatan telah dikoreksi.

Ortho-K Sebagai Perawatan Non Bedah yang Efektif

Dengan bantuan lensa kontak ortho-k, ada banyak orang yang menghilangkan ketergantungan mereka pada kacamata atau lensa kontak konvensional. Perawatan non bedah ini menawarkan hasil efektif tanpa efek samping. Dalam prosedur perawatan ortho-k menggunakan teknologi lensa kontak terbaru untuk meningkatkan ketajaman visual. Pada prinsipnya, lensa kontak ortho-k adalah perawatan yang digunakan untuk kesalahan refraksi terutama untuk orang dengan miopia lemah hingga sedang.

Efek ortho-k bervariasi berdasarkan pada tingkat keparahan kelainan refraksi pasien. Beberapa orang mengalami peningkatan penglihatan setelah satu atau dua hari dengan pemakaian lensa ortho-k semalaman. Sebagian orang dengan masalah refraksi yang lebih parah mungkin bisa membutuhkan waktu dua minggu atau lebih untuk hasil koreksi penglihatan yang maksimal. Dengan perawatan ortho-k, dapat membantu anak-anak yang mengalami rabun jauh untuk mencegah dan menghambatnya semakin parah. Bahkan, lensa ortho-k menawarkan hasil yang efektif untuk terlepas dari bantuan kacamata dan lensa kontak.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.