Klinik Mata BekasiMata kerap disebut sebagai jendela dunia. Itu sebabnya merawat kesehatan mata anak merupakan perihal yang penting, sebab berperan dalam proses tumbuh kembangnya. Bunda bahkan dapat merawat kesehatan mata Si Kecil sejak tetap dalam kandungan.

Ada begitu banyak ragam pengaruh yang dapat dirasakan anak seumpama mengalami masalah kesehatan mata. Mulai berasal dari ada problem dalam membaca, sampai terkendala mempelajari bermacam hal.

Bunda, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak
Ada bermacam cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam merawat kesehatan mata anak, seperti:

  • Stimulasi penglihatan anak
    Ada banyak cara yang dapat Bunda lakukan untuk menstimulasi penglihatan Si Kecil agar dapat berkembang bersama dengan baik. Salah satunya adalah memberikannya mainan yang menarik bersama dengan bermacam wujud dan warna. Tetap pastikan mainan yang diberikan safe untuk Si Kecil ya, Bun.
  • Gunakan kacamata hitam sementara di luar ruangan
    Bila akan lama beraktivitas di bawah terik matahari, anak direkomendasi memakai kacamata hitam. Hal ini untuk menghambat pengaruh negatif paparan sinar matahari langsung pada mata, layaknya rusaknya pada kornea dan retina mata. Selain itu, Bunda dapat menghambat Si Kecil beraktivitas di luar ruangan sementara sinar matahari sedang terlampau terik, yakni pada pukul 11.00 sampai 15.00.
  • Batasi penggunaan gadget
    Saat ini, gadget udah susah dipisahkan berasal dari anak. Padahal, penggunaan gadget yang terlalu berlebih dapat mengimbuhkan pengaruh negatif pada mata, layaknya mata lelah, masalah ketajaman penglihatan, dan mata kering.

Baca Juga :

Serba-Serbi Operasi Kelopak Mata

  • Untuk mencegahnya, Bunda dan Ayah direkomendasi halangi penggunaan gadget pada Si Kecil jadi 1-2 jam per hari. Jelaskan pada Si Kecil tentang porsi sementara penggunaan gadget, bersama dengan rencana yang mudah dimengerti. Pastikan sementara penggunaan gadget tidak mengganggu kewajiban di sekolah, sementara untuk keluarga, sementara makan, dan sementara tidur anak.
  • Konsumsi makanan bergizi
    Sebenarnya mengonsumsi makanan bergizi untuk merawat kesehatan mata dapat dilakukan sejak anak tetap dalam kandungan. Saat hamil, Bunda direkomendasi mengonsumsi makanan yang punya kandungan vitamin A dan omega-3, layaknya ubi jalar, ikan salmon, wortel, dan bayam. Nah, sesudah Si Kecil dapat mengonsumsi begitu banyak ragam makanan tak hanya ASI, Bunda dapat mengimbuhkan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin E, zinc, dan omega 3. Termasuk telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan susu.
  • Rutin memeriksakan kesehatan mata
    Cara lain yang dapat Bunda lakukan adalah rutin memeriksakan kesehatan mata Si Kecil ke dokter mata, yakni 2 th. sekali. Hal ini berfaedah untuk menghambat dan menanggulangi masalah mata yang barangkali diderita anak. Semakin cepat dideteksi, diharapkan masalah tersebut dapat cepat diatasi.
    Dukung terhitung kesehatan mata dan kegunaan penglihatannya bersama dengan memastikan Si Kecil mendapat istirahat yang cukup. Umumnya, penglihatan anak udah berfaedah semuanya sesudah usia tujuh tahun. Jika Bunda curiga bahwa Si Kecil mengalami masalah penglihatan atau kalau Bunda miliki pertanyaan seputar kesehatan mata anak, sebaiknya berkonsultasi bersama dengan dokter.