Klinik Mata JakartaMata akan mengalami penurunan manfaat sejalan bersama pertambahan usia Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan mata supaya penurunan manfaat mata mampu diperlambat. Salah satu cara menjaga kesehatan

mata adalah bersama mengkonsumsi nutrisi untuk mata lebih sehat. Beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan mata adalah lutein dan zeaxanthin.

Apa itu lutein dan zeaxanthin?
Lutein dan zeaxanthin adalah dua tipe karotenoid berpigmen kuning hingga merah yang ditemukan pada banyak sayuran dan buah-buahan. Pada tanaman, lutein dan zeaxanthin bermanfaat untuk menyerap energi dari cahaya matahari yang berlebih untuk menghambat kerusakan tanaman.

Selain itu, lutein dan zeaxanthin terhitung banyak ditemukan di mata pada bagian makula, lensa, dan retina. Sehingga, asupan tinggi lutein dan zeaxanthin dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Sudah banyak penelitian yang memperlihatkan bahwa lutein dan zeaxanthin mampu mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak pada mata.

Apa saja manfaat lutein dan zeaxanthin pada mata?
Dua zat ini mungkin jarang Anda dengar, tapi ternyata keduanya berperan penting untuk membuat mata lebih sehat. Ya, lutein

dan zeaxanthin banyak ditemukan di di dalam makula mata. Zat-zat ini mampu mendukung mengurangi kerusakan oksidatif oleh cahaya yang mampu membuat degenerasi makula.

Dengan jumlah lutein dan zeaxanthin yang tambah banyak ditemukan di dalam makula mata, maka kesehatan mata tambah terlindungi.

Sejumlah penelitian pun telah memperlihatkan bahwa lutein dan zeaxantin mampu menghambat degenerasi makula dan terhitung mampu memperlambat pertumbuhan penyakit pada mata. Salah satu penelitian tersebut adalah yang diterbitkan

oleh American Journal of Epidemiology, Ophthalmology, plus Archives of Ophthalmology. Penelitian ini memperlihatkan bahwa asupan lutein dan zeaxanthin yang tinggi di dalam diet terkait bersama kejadian degenerasi makula yang lebih rendah.

Selain itu, lutein dan zeaxanthin terhitung banyak dikaitkan bersama katarak, yang kebanyakan terjadi pada orang yang telah berumur. Lutein dan zeaxanthin berperan di dalam melawan radikal bebas yang tentang bersama stres oksidatif dan

kerusakan retina, supaya mampu mendukung di dalam menghambat katarak. Hal ini terhitung diperkuat oleh sebagian penelitian yang menghubungkan antara lutein dan zeaxanthin bersama katarak.

Penelitian yang diterbitkan oleh Archives of Ophthalmology memperlihatkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan

bersama kadar lutein, zeaxanthin, dan karotenoid di dalam jumlah tinggi di dalam diet mereka mempunyai risiko katarak yang lebih rendah dibandingkan bersama wanita yang mengkonsumsi makanan tersebut di dalam jumlah lebih rendah.

Baca Juga : Apakah Membaca Dalam Gelap Membuat Mata Rusak?

Namun, penelitian Age-Related Eye Disease Study (AREDS2) th. 2013 yang di dukung oleh National Eye Institute memperlihatkan perihal yang agak sedikit berbeda. Penelitian ini memperlihatkan bahwa lutein dan zeaxanthin berperan di

dalam menghambat degenerasi makula dan terhitung mengurangi risiko pertumbuhan penyakit tersebut. Namun, penelitian ini belum memperlihatkan secara tentu apakah lutein dan zeaxanthin mampu mendukung menghambat katarak.

Bagaimana lutein dan zeaxanthin mampu membuat mata lebih sehat?
Lutein dan zeaxanthin menjaga mata Anda dari gelombang cahaya energi tinggi yang mampu membahayakan kesehatan mata, contohnya cahaya ultraviolet dari cahaya matahari. Lutein dan zeaxanthin mampu menjaga mata bersama cara

menyaring gelombang cahaya energi tinggi yang di terima mata, seperti cahaya ultraviolet B (UV B). Selain itu, lutein dan zeaxanthin terhitung bertindak sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas supaya menghambat kerusakan sel-sel pada mata.

Jadi, mampu diartikan bahwa tambah banyak kadar lutein dan zeaxanthin pada makula mata, maka sel-sel pada mata tambah terlindungi. Hal ini membuat penglihatan Anda selalu terpelihara bersama baik walaupun usia tambah bertambah. Perlu Anda

ketahui bahwa penyakit degenerasi makula dan katarak, seperti yang telah dijelaskan di atas, adalah penyakit yang tentang bersama usia. Penyakit tersebut mampu Anda alami pada usia tua karena terjadi kemunduran sel-sel pada mata sejalan

bersama pertambahan usia. Dengan terdapatnya lutein dan zeaxanthin di dalam jumlah banyak pada makula mata, maka Anda tidak harus khawatir bersama masalah mata di usia tua.

Dari mana kita mampu beroleh lutein dan zeaxanthin?
Sayangnya, tubuh manusia tidak mampu menghasilkan lutein dan zeaxanthin secara alami. Artinya, Anda harus beroleh lutein dan zeaxanthin dari luar tubuh, yaitu dari makanan. Makanan apa saja yang punya kandungan lutein dan zeaxanthin?

Lutein dan zeaxanthin mampu Anda temukan di dalam banyak sayuran hijau dan kuning dan juga buah-buahan berwarna merah, biru, dan ungu. Contohnya:

  • Bayam
  • Kale
  • Brokoli
  • Jagung
  • Wortel
  • Collard hijau
  • Tomat
  • Kentang
  • Jeruk

Selain itu, Anda terhitung mampu mendapatkannya dari kuning telur. Namun, sebaiknya jangan benar-benar banyak beroleh lutein dari telur, sumber dari sayuran dan buah-buahan akan lebih baik untuk Anda. Lebih baik kembali jika Anda

mengombinasikan lutein dan zeaxanthin bersama zat gizi lain, seperti vitamin C dan vitamin E. Hal ini mampu meningkatkan kesehatan mata Anda lebih baik kembali daripada cuma mengonsumsinya salah satu.

Sebaiknya, Anda tidak mengkonsumsi lutein lebih dari 20 mg/ hari, karena perihal ini mampu membuat kulit Anda berubah warna menjadi sedikit kekuningan.