Pusat Terapi Mata – Astenopia atau sering kali disebut dengan mata lelah adalah gangguan penglihatan yang gejalanya adalah mata terasa kering, berat, bahkan hingga perih. Ketika gejala tersebut bisa saja terjadi ketika seseorang mengalami mata lelah. Mata lelah keadaan di mana otot-otot mata mengalami kelelahan, dikarenakan adanya paksaan yang terus-menerus bekerja keras untuk melihat sebuah objek dekat dalam jangka waktu yang lama.

Ketika seseorang mengalami mata lelah maka tidak akan bisa melanjutkan pekerjaan. Bahkan mata lelah juga bisa berdampak lebih parah pada kesehatan mata. Supaya hal seperti ini tidak jadi, Anda bisa melakukan pemeriksaan mata dengan rutin atau melakukan terapi ke pusat terapi mata terbaik.

Walaupun lelah ini bukan keadaan penglihatan gangguan yang serius, Namun apabila anda membiarkannya terus-menerus dan tidak ada kesempatan untuk mengistirahatkannya, maka mata lelah bisa menimbulkan berbagai gejala pada organ lainnya, seperti leher, bahu, kepala, dan punggung. Selain menimbulkan dampak pada berbagai organ lain, mata lelah juga bisa menurunkan produktivitas anda ketika melakukan sebuah kegiatan.

Apa yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Mata Lelah?

Terdapat banyak faktor yang mungkin saja sering dilakukan oleh seseorang, Padahal hal ini justru bisa menyebabkannya mengalami mata lelah. Ini adalah berbagai kondisi yang bisa menyebabkan mata lelah, diantaranya:

  • Menatap layar gadget, baik handphone, laptop, maupun laptop dalam waktu yang lama
  • Terlalu lama membaca di ruangan yang minim cahaya dan tidak beristirahat
  • Terus-menerus menyetirkan tanpa henti dengan jarak tempuh yang jauh dan waktu yang lama
  • Mengalami kelainan refraksi mata

Terdapat pernyataan bahwa menggunakan bukan merupakan hal yang bisa merusak mata, Namun apabila dipergunakan dalam waktu lama dan tanpa henti, maka bisa menyebabkan adanya ketegangan pada otot mata dan bisa mengganggu penglihatan seseorang. Ketika Menatap layar smartphone, maka kecepatan kedipan mata bisa menurun bahkan hingga tiga kali lipat, kondisi tersebut yang bisa menjadi penyebab mata lelah karena terus-menerus dipaksa bekerja untuk Menatap layar.

Bagaimana Ciri-Ciri Mata Lelah?

Meskipun mata lelah tidak tergolong dalam gangguan penglihatan yang berbahaya, namun mata lelah harus selalu diperhatikan supaya Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan mata. Bahkan melakukan pemeriksaan rutin maupun selalu melakukan terapi pada pusat terapi mata bisa berpengaruh baik terhadap penglihatan. Berikut ini adalah beberapa gejala atau ciri-ciri yang mungkin saja dialami oleh seseorang yang mengalami mata lelah, antara lain:

  • Perih pada mata
  • Mata yang terasa berat
  • Penglihatan berbayang atau kabur
  • Mata berair atau kering
  • Sensitivitas terhadap cahaya menjadi meningkat
  • Mengalami nyeri pada berbagai organ tubuh, seperti kepala, punggung, dan leher

Baca Juga: Cara Penting Mengatasi Terlalu Banyak Screen Time pada Anak

Apabila anda maupun orang-orang di sekitar Anda sedang mengalami berbagai gejala yang telah disebutkan, mungkin saja Anda mengalami mata lelah dan penting untuk segera mengistirahatkan mata dari berbagai aktivitas yang mengharuskan mata untuk berfungsi secara berlebihan.

Cegah Mata Lelah

Karena kondisi mata lelah ini pastinya tidak membuat seseorang nyaman, bahkan hingga bisa mengganggu produktivitas seseorang yang mengalaminya. Maka sangat penting untuk mencegah hal seperti ini terjadi, dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Istirahatkan mata secara rutin
  • Mengatur jarak pandang dan pencahayaan yang tepat
  • Mengatur pencahayaan ruangan yang digunakan untuk beraktivitas
  • Melakukan pemeriksaan dan perawatan mata secara rutin
  • Menggunakan kontak lensa atau kacamata yang sesuai

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.