Pusat Terapi Mata – Terdapat gangguan penglihatan yang bisa menjadi penyebab pasiennya untuk sulit melihat pada malam hari maupun ketika ada di tempat yang gelap. Gangguan penglihatan yang satu ini tidak lain dan tidak bukan adalah rabun senja. Rabun senja, sebenarnya bukan termasuk sebuah penyakit, namun merupakan suatu gejala yang disebabkan karena penyakit tertentu.

Untuk bisa mengatasinya Anda bisa mendatangi pusat terapi mata terbaik dan profesional, supaya Anda tidak mengalami rabun senja yang semakin parah. Rabun senja ini termasuk gangguan penglihatan yang penyebabnya adalah kekurangan vitamin A maupun karena penyakit lainnya, meliputi glaukoma, rabun jauh, dan katarak.

Apa Penyebab Rabun Senja?

Supaya bisa memastikan apa penyebab dari rabun senja, pada umumnya ahli mata akan melakukan pemeriksaan kondisi mata secara menyeluruh bahkan juga pada bagian retina. Rabun senja ini disebabkan oleh yang paling utama karena kerusakan yang terjadi pada sel batang retina. Sel batang retina ini adalah sel saraf mata yang bertugas untuk bisa memungkinkan seseorang melihat objek dengan jelas jika pencahayaan di sekitarnya kurang.

Kerusakan pada sel batang retina ini penyebabnya biasanya adalah berbagai kondisi maupun karena beberapa penyakit tertentu, diantaranya:

  • Asupan vitamin A yang kurang
  • Mengalami rabun jauh, gangguan penglihatan yang bisa membuat pasiennya melihat objek yang jauh menjadi kabur
  • Mengalami glaukoma, gangguan penglihatan yang bisa membuat pasiennya mengalami kerusakan saraf optik karena tingginya tekanan dalam organ mata
  • Mengalami katarak, gangguan penglihatan yang gejalanya adalah kekeruhan pada lensa mata
  • Mengalami keratokonus, merupakan gangguan mata yang penyebabnya adalah karena menipisnya lapisan kornea
  • Mengalami retinitis pigmentosa, merupakan gangguan penglihatan yang bersifat genetik sehingga menyebabkan kerusakan pada retina

Bagaimana Gejala yang Ditimbulkan?

Gangguan penglihatan yang satu ini bisa menjadi penyebab pasiennya mengalami kesulitan untuk melihat sebuah objek maupun lingkungan yang ada di sekitarnya. Pasien mungkin saja kesulitan melihat baik di ruangan yang kurang pencahayaan atau cahaya redup maupun pada malam hari.

Hal ini berakibat pada pasien rabun senja yang seringkali menabrak berbagai objek di sekitarnya pada saat berjalan atau mengendarai kendaraan. Gejala ini biasanya semakin dirasakan pada saat pasien rabun senja berpindah dari ruangan yang terang ke ruangan yang pencahayaannya kurang. Dapat dipastikan bahwa gangguan penglihatan yang satu ini cukup mempersulit pasien ketika ingin berkendara pada malam hari,, karena biasanya pada malam hari cahayanya terputus-putus atau kurang.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan Cara Bagaimana Menyembuhkan Buta Warna

Kapan Perlu Pergi ke Pusat Terapi Mata?

Sangat penting untuk segera memeriksakan kondisi penglihatan Anda pada ahli atau profesional di pusat terapi mata, apabila merasa kesulitan untuk melihat suatu objek di malam hari. Kondisi tersebut bisa ditandai dengan beberapa hal berikut ini, antara lain:

  • Mengalami kesulitan untuk berpindah atau bergerak pada tempat yang lingkungannya minim cahaya.
  • Merasa semakin sulit untuk mengemudi pada malam hari.
  • Mengalami kesulitan untuk mengenali wajah orang yang ada di sekitar ketika malam hari.

Untuk bisa mendiagnosis gangguan penglihatan rabun senja, biasanya ahli mata akan melakukan pemeriksaan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang keluhan yang dirasakan dan riwayat kesehatan dari pasien. Kemudian selanjutnya ahli mata akan melakukan pemeriksaan supaya bisa memastikan Apa penyebab dari rabun senja ini. Berbagai pemeriksaan biasanya dilakukan untuk rabun senja, mulai dari pemeriksaan lapang pandang, pemeriksaan tes refraksi mata atau ketajaman penglihatan, pemeriksaan dengan oftalmoskop atau slit lamp, tes refleks pupil terhadap cahaya, dan tes buta warna.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.