Klinik Mata Bekasi – Gangguan penglihatan low vision yang signifikan yang tidak dapat dikoreksi sepenuhnya dengan kacamata, lensa kontak, obat-obatan atau operasi mata disebut sebagai low vision. Kondisi ini disebabkan oleh penyakit mata yang parah, di mana ketajaman penglihatan pada mata yang lebih baik adalah 20/70 atau kurang, atau di mana terdapat kehilangan lapang pandang yang signifikan (penyempitan hingga 20 derajat atau kurang, yang disebut sebagai penglihatan terowongan).

Penyebab

Penyebab dan pola umum dari low vision yang tidak dapat dikoreksi meliputi:

  • Penglihatan sentral yang kabur atau sebagian kabur: Degenerasi makula (baik yang berkaitan dengan usia maupun keturunan)
  • Bintik-bintik buta, kekaburan, dan distorsi penglihatan: Retinopati diabetik
  • Penglihatan tepi yang buruk, atau penglihatan terowongan: Glaukoma
  • Penglihatan tepi yang buruk, dan ketidakmampuan untuk melihat dalam gelap: Retinitis pigmentosa
  • Cedera mata
  • Penglihatan sentral yang buruk yang dapat berkembang menjadi tidak dapat melihat cahaya: Neuropati optik yang dapat diwariskan atau didapat (toksik)

Dalam situasi nyata, kehilangan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari dapat disebut sebagai low vision. Hal ini lebih baik didefinisikan berdasarkan fungsi, daripada hasil tes. Jika Anda merasa sulit melihat atau kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari karena penglihatan yang buruk, Anda harus melakukan pemeriksaan mata yang komprehensif dengan mengunjungi kami.

Biasanya, penglihatan Anda dapat dikoreksi dengan menggunakan kacamata, lensa kontak, atau bahkan pembedahan, seperti pada kasus katarak. Jika tidak, spesialis Anda akan melakukan tes khusus untuk menentukan penyebab, jenis, dan tingkat keparahan kehilangan penglihatan. Setelah pemeriksaan awal, spesialis akan membantu Anda mengambil langkah selanjutnya untuk mengatasi kondisi Anda. Setelah kehilangan penglihatan dipastikan, spesialis low vision dapat meresepkan alat bantu low vision yang tepat, yang paling sesuai dengan kondisi Anda, dan mengajari Anda cara menggunakannya. Ada beberapa alat bantu low vision dan perangkat untuk membantu Anda menjalani kehidupan sehari-hari.

Yang paling sering diresepkan adalah kaca pembesar genggam, kaca pembesar desktop digital, dan teleskop bioptik. Perangkat lunak terbaru yang menyederhanakan penggunaan komputer dengan fitur pembesaran dan text-to-speech juga tersedia dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda. Spesialis low vision juga merekomendasikan perangkat adaptif non-optik, seperti buku dan majalah dengan huruf besar, buku audio, lampu khusus, dan pemandu tanda tangan untuk menandatangani cek dan dokumen. Penglihatan dekat menyulitkan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Apakah Rabun Jauh Bisa Membaik Seiring dengan Bertambahnya Usia?

Kiat-kiat ini dapat membantu memudahkan Anda melindungi penglihatan dan berfungsi sebaik mungkin jika Anda memiliki gangguan penglihatan:

  • Pastikan Anda melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh setiap satu atau dua tahun sekali, atau lebih sering jika Anda memiliki penyakit mata.
  • Pastikan Anda selalu memperbarui kacamata atau lensa kontak Anda. Koreksi penglihatan berkualitas baik dengan resep yang tepat dapat membantu Anda melihat sebaik mungkin.
  • Kunjungi spesialis penglihatan jauh atau spesialis rehabilitasi visual. Sebagian besar spesialis mata dan banyak spesialis mata akan merasa nyaman meresepkan kacamata baca yang kuat atau merekomendasikan kaca pembesar.
  • Gunakan kaca pembesar genggam atau pasang kaca pembesar pada kacamata Anda
  • Tingkatkan kontras-Anda dapat menuangkan susu ke dalam cangkir berwarna gelap, atau kopi ke dalam cangkir berwarna putih, misalnya
  • Memberi label tombol pada peralatan dan perkakas dengan stiker berwarna
  • Memperbesar teks dan gambar pada komputer, tablet, dan ponsel cerdas dan menggunakan pembaca layar untuk membaca teks dengan keras

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang berkaitan dengan low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.