Vision Therapy – Mata malas merupakan suatu kondisi ketika penglihatan pada salah satu mata tidak berkembang seperti seharusnya. Mata malas juga dikenal dengan istilah kedokteran sebagai ambliopia. Gejala mata malas yang tidak segera ditangani dan tanpa adanya perawatan yang tepat, maka penglihatan akan semakin melemah. Hal itu juga bisa menyebabkan masalah penglihatan yang permanen . Mata malas yang merupakan gangguan penglihatan sebelah mata umumnya dialami oleh anak-anak. Koordinasi antara otak dan mata yang tidak terhubung dengan baik akan mengakibatkan fungsi penglihatan yang menurun.

Tanda Mata Malas

Mata malas dapat dialami oleh anak-anak biasanya pada usia 6 dan 9 tahun. Melakukan deteksi dini dan mengobatinya gejala mata malas sebelum usia 7 tahun memberikan peluang yang baik untuk hasil pengobatan yang optimal. Gejala umum dari mata malas atau amblyopia ini dapat meliputi :

  • Kesulitan mengatakan seberapa dekat atau jauh sesuatu itu (persepsi mendalam)
  • Menyipitkan mata atau menutup satu mata
  • Memiringkan kepala

Mata malas bisa termasuk dalam kondisi gangguan penglihatan yang sulit untuk dideteksi, terutama bagi usia anak-anak. Seringkali anak-anak tidak mengetahui bahwa mereka menderita gangguan penglihatan atau tidak bisa menjelaskannya. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya mewaspadai gejala dan tanda klinis yang dapat mengindikasi terjadinya mata malas. Gejala yang lain selain gejala umum mata malas adalah seperti berikut ini.

  • Mata yang terlihat tidak bekerja secara bersamaan
  • Salah satu mata sering bergerak ke arah dalam atau luar (juling)
  • Anak sulit memperkirakan jarak
  • Salah satu mata terlihat lebih sipit dibanding yang lain
  • Anak sering memiringkan kepala agar dapat melihat dengan lebih jelas
  • Kesulitan melihat benda 3 dimensi
  • Hasil tes penglihatan yang buruk

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam tentang Low Vision untuk Deteksi Dini

Penyebab Mata Malas

Penyebab mata malas dapat meliputi :

Kesalahan bias

Satu mata mungkin memiliki fokus yang jauh lebih baik daripada yang lain. Mata lainnya bisa rabun jauh atau bisa juga memiliki astigmatisme (penglihatan yang terdistorsi atau buram). Ketika otak Anda mendapatkan gambar yang buram dan yang jelas, ia mulai mengabaikan yang buram. Jika ini berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, penglihatan di mata buram akan semakin buruk.

Strabismus

Mata yang tidak sejajar seperti seharusnya atau disebut dengan starbismus. Orang yang memiliki strabismus tidak dapat memfokuskan mata mereka bersama pada suatu gambar, sehingga mereka sering melihat ganda. Otak Anda akan mengabaikan gambar dari mata yang tidak selaras.

Katarak

Lensa yang keruh di dalam mata Anda dapat membuat segala sesuatu tampak buram. Penglihatan yang dimiliki mungkin tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Kelopak mata murung (ptosis)

Kelopak mata yang kendur dapat menghalangi penglihatan Anda.

Diagnosis dan Pengobatan Mata Malas

Diagnosis mata malas dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan mata pada klinik kesehatan mata. pemeriksaan dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan mata serta ada tidaknya gangguan atau permasalahan pada mata. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui hal-hal berikut ini:

  • Tidak ada yang menghalangi cahaya yang masuk ke mata mereka
  • Kedua mata melihat sama baiknya
  • Setiap mata bergerak seperti seharusnya

Jika terdapat masalah pada mata, maka dokter atau ahli optometry akan menyarankan untuk melakukan beberapa terpai kesehatan mata. Sangat penting untuk memulai pengobatan untuk mata malas sesegera mungkin. Beberapa pengobatan atau terapi untuk mata malas dilakukan guna mencegah adanya resiko yang lebih tinggi. Beberapa langkah untuk mengobati mata malas dapat meliputi :

  • Memperbaiki masalah penglihatan yang mendasarinya seperti  rabun jauh atau astigmatisma. Sebagian besar anak-anak dengan mata malas juga membutuhkan kacamata untuk membantu mata mereka fokus.
  • Pembedahan, jika katarak menghalangi cahaya dari mata mereka atau jika strabismus membuat mata mereka bergerak bersama seperti yang seharusnya.
  • Memakai tambalan di atas mata yang kuat untuk memaksa otak mereka menggunakan yang lemah.
  • Obat tetes mata yang mengaburkan mata yang kuat sehingga tidak perlu memakai penutup mata.
  • Filter Bangerter yang dikenakan di atas lensa kacamata mata untuk mengaburkan penglihatan mereka sehingga mereka harus menggunakan mata yang lemah.

Anda membutuhkan vision therapy yang terpercaya dengan layanan professional? Vio Optical Clinic adalah solusi terbaik bagi anda. Hubungi Vio Optical di halaman ini yang memberikan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.