Klinik Mata Jakarta – Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dan vaping dapat meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, mata kering, retinopati diabetes, dan kerusakan saraf optik. Dalam artikel ini, akan melihat lebih dekat apa itu merokok – vaping – kesehatan mata. Simak terus ulasan berikut untuk mendapatkan tips yang dapat ditindaklanjuti untuk melindungi mata Anda dari efek negatif dari kebiasaan-kebiasaan ini. Jangan lupa selalu rutin periksakan mata Anda, jika terjadi masalah penglihatan maka segera menjalani pengobatan dengan pergi ke klinik gangguan mata.

Penyakit Mata yang Berisiko Anda Alami karena Merokok

Uveitis

Perokok memiliki risiko 2x lipat terkena uveitis dibandingkan dengan bukan perokok. Uveitis adalah peradangan pada lapisan tengah mata Anda (uvea) yang dapat menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan kehilangan penglihatan. Bahan kimia dalam rokok dan rokok elektrik dapat menyebabkan peradangan pada mata, yang mengarah pada perkembangan uveitis. Merokok memperparah kondisi ini dengan meningkatkan peradangan dan menurunkan respons kekebalan tubuh.

Sindrom Mata Kering

Merokok dan vaping dapat memengaruhi produksi dan kualitas air mata Anda, sehingga kurang efektif dalam melumasi mata Anda. Nikotin adalah vasokonstriktor, yang berarti mempersempit pembuluh darah Anda. Ketika mencapai mata Anda, nikotin akan menyempitkan pembuluh darah di konjungtiva dan kornea, mengurangi aliran darah dan produksi air mata. Tidak hanya itu, panas dari merokok dan vaping dapat mempercepat penguapan air mata Anda. Semua ini dapat menyebabkan kemerahan, gatal, rasa tidak nyaman, dan mata kering.

Bagaimana Cara Melindungi Mata Anda dari Merokok dan Vaping?

  • Langkah yang paling jelas adalah berhenti merokok atau vaping sama sekali. Namun, jika Anda belum siap untuk mengambil langkah tersebut, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko gangguan mata:
  • Kenakan kacamata pelindung: Terutama saat berada di sekitar asap atau uap.
  • Makanlah makanan yang kaya antioksidan: Perbanyak makan buah-buahan, sayuran, dan asam lemak omega-3.
  • Waspadai masalah mata: Jika Anda mengalami gejala kemerahan, nyeri, atau kehilangan penglihatan, hubungi tim spesialis mata dari klinik gangguan mata untuk konsultasi yang cepat, mudah, dan komprehensif.
  • Lakukan pemeriksaan mata secara teratur: Deteksi dini dan pengobatan di klinik gangguan mata sangat penting untuk sebagian besar gangguan mata untuk memastikan pengobatan yang efektif dan mencegah kehilangan penglihatan.

Baca Juga: 5 Kesalahpahaman yang Sering Ditemui tentang Perawatan Mata

Tips Langsung untuk Berhenti Merokok atau Vaping

Ini bukan sekadar artikel untuk berhenti merokok. Ini adalah rencana untuk dapat bernapas lebih mudah, memiliki lebih banyak energi, dan memberi diri Anda kesempatan untuk hidup lebih lama dan lebih sehat. Dengan sumber daya yang tepat, pola pikir yang tepat, dan strategi yang tepat untuk Anda, hal ini tidak akan sesulit yang Anda bayangkan! Berikut adalah beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan tersebut dan memulai hidup yang Anda inginkan. Ingat, jika satu strategi tidak berhasil untuk Anda, strategi lainnya mungkin akan berhasil:

  • Tentukan tanggal pasti kapan Anda akan berhenti.
  • Tuliskan daftar alasan ‘mengapa Anda ingin berhenti’ dan buatlah sedetail mungkin.
  • Buatlah rencana untuk mengatasi pemicu potensial, seperti kebiasaan, sumber stres, atau situasi sosial.
  • Pernapasan dalam dan relaksasi seperti yoga atau meditasi sering kali membantu mengurangi stres dan keinginan.
  • Berhenti makan kalkun dingin. Beberapa orang mungkin merasa lebih efektif untuk berhenti merokok tanpa menggunakan alat bantu atau dukungan dari luar.
  • Olahraga teratur meningkatkan endorfin, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi stres. Hal ini dapat membantu mengurangi keinginan dan gejala putus zat.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.