Klinik Mata JakartaSadar atau tidak, Anda kemungkinan dulu mencegah pas berpapasan dengan orang yang mengalami mata bintitan. Hal ini dikerjakan dikarenakan Anda cemas bakal ketularan, meskipun cuma sekadar melalui tatapan. Lantas, apakah benar mata bintitan itu menular? Simak jawabannya disini.

Apakah mata bintitan itu menular?

Mata bintitan, yang di dalam makna medis disebut dengan hordeolum, adalah tonjolan merah seperti jerawat yang nampak di anggota luar kelopak mata. Hal ini sanggup berjalan terhadap kelopak mata anggota atas maupun bawah, bergantung letak infeksinya.

Infeksi mata ini disebabkan oleh masuknya bakteri, sel kulit mati, atau kotoran yang menyumbat kelenjar minyak terhadap kelopak mata.

Namun yang mesti diingat, ini bukan berarti Anda mesti menjauhkan penderita mata bintitan. Pasalnya, mata bintitan tidak menular segera dari kontak mata dengan penderita.

Dikutip dari Medicine Net, bakteri tersebut tidak sanggup berganti dari satu orang ke orang lain dengan mudah, lebih-lebih cuma melalui tatapan. Bakteri ini butuh perantara untuk sanggup berganti dan menginfeksi mata orang lain.

Baca Juga : Agar Bisa Tidur Nyeyak Atasi Mata Gatal Dengan 4 Cara Ini

Tapi, mata bintitan juga sanggup menular, kecuali ..

Rasa gatal yang ditimbulkan kerap kali menyebabkan penderitanya tidak tahan untuk mengucek mata. Namun, segatal apa pun itu, sebaiknya menjauhkan mengucek mata agar infeksinya tidak jadi parah.

Tanpa disadari, kebiasaan jelek tersebut juga membuka jalur bagi bakteri untuk berganti ke tangan. Walaupun jarang terjadi, Anda sanggup berisiko ketularan mata bintitan kecuali Anda bersalaman dengan penderitanya yang baru saja menyentuh atau mengucek matanya yang terinfeksi. Terlebih, Anda juga reflek menyentuh mata setelahnya.

Itulah alasannya mengapa Anda direkomendasi untuk rajin membersihkan tangan sesudah bersalaman dengan orang lain. Ya, tangan adalah salah satu media penularan penyakit yang paling lazim dan paling cepat terjadi.

Oleh dikarenakan itu, jangan sekali-kali menyentuh mata dengan tangan secara langsung, lebih-lebih menguceknya. Jika mata Anda terasa gatal, sebaiknya mengfungsikan tisu atau sapu tangan bersih yang lebih aman.

Yang tak kalah penting, terasa sekarang Anda tak mesti kembali menjauhkan orang yang terkena infeksi mata style apa pun dengan alasan cemas tertular, ya.