Vio Optical Clinic – Toksoplasmosis adalah penyakit yang dapat Anda derita akibat infeksi parasit. Parasit ini disebut Toxoplasma gondii (T. gondii). Sebagian besar orang yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda atau gejala dan tidak memerlukan pengobatan. Tetapi toksoplasmosis dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan bayi yang tertular penyakit ini dari ibunya. Bayi mungkin saja akan mengalami low vision nantinya, sehingga upaya pengobatan untuk penglihatan sangat penting.

Apa yang Menyebabkan Toksoplasmosis?

Toksoplasmosis disebabkan oleh infeksi parasit yang disebut T. gondii. Toksoplasmosis dibagi menjadi dua jenis: didapat dan bawaan.

Toksoplasmosis yang didapat

Anda tidak dapat tertular toksoplasmosis dari anak atau orang dewasa yang sudah terinfeksi. Anda harus menelan parasit (memasukkannya ke dalam tubuh Anda) untuk terinfeksi. Hal ini dapat terjadi dengan:

  • Mengonsumsi makanan yang terkontaminasi atau minum air yang terkontaminasi. Membuat Anda dapat tertular T. gondii dengan memakan daging mentah atau setengah matang yang mengandung parasit.
  • Anda dapat menelan parasit dari kotoran kucing yang terkontaminasi saat berkebun.
  • Membersihkan kotak kotoran kucing tanpa mencuci tangan setelahnya. Parasit dapat masuk ke dalam tubuh Anda ketika Anda menyentuh mulut Anda setelah membersihkan kotak kotoran yang mengandung kotoran yang terinfeksi.
  • Kontaminasi silang dengan pisau/ talenan yang tidak dicuci. Parasit dapat tertelan setelah menyiapkan makanan dengan pisau atau talenan yang tidak dicuci yang bersentuhan dengan daging mentah

Toksoplasmosis bawaan

Ini terjadi ketika toksoplasmosis ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada anaknya selama kehamilan. Jika seorang ibu terkena toksoplasmosis tepat sebelum atau selama kehamilannya, toksoplasmosis dapat ditularkan kepada anaknya.

Gejala

Sebagian besar orang sehat yang terinfeksi toksoplasmosis tidak mengetahui bahwa mereka terinfeksi dan tidak memiliki gejala apa pun. Ketika orang mengalami gejala, gejalanya sangat mirip dengan flu dan dapat meliputi:

pembengkakan kelenjar getah bening (organ kecil berbentuk kacang yang terdapat di selangkangan, leher, dan ketiak yang membantu tubuh melawan infeksi)

  • Demam
  • Sakit dan nyeri tubuh
  • Kelelahan
  • Sakit kepala

Baca Juga: Astigmatisma (Mata Silinder) Tinggi Bisa Turun Tanpa Operasi?

Orang yang Berisiko Terkena Toksoplasmosis Penglihatan

Beberapa orang (termasuk mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat) berisiko terkena toksoplasmosis penglihatan. Toksoplasmosis penglihatan menyebabkan peradangan pada retina, yang terletak di bagian belakang mata. Hal ini dapat menyebabkan kebutaan jika tidak diobati. Gejalanya meliputi:

  • Penglihatan kabur atau berkurang
  • Melihat benda-benda melayang dalam penglihatan Anda
  • Kepekaan terhadap cahaya
  • Mata kemerahan dan nyeri
  • Robek

Gejala pada bayi

Untuk bayi yang belum lahir, toksoplasmosis dapat menyebabkan keguguran. Bayi yang dilahirkan cukup bulan sering kali lahir dengan:

  • Berat badan lahir rendah
  • Pembesaran hati atau limpa
  • Penyakit kuning (menguningnya kulit dan mata)

Toksoplasmosis penglihatan

Banyak bayi yang lahir tanpa gejala tetapi masih membawa infeksi. Beberapa di antaranya akan mengalami masalah di kemudian hari, seperti:

  • Ketidakmampuan belajar
  • Gangguan pendengaran
  • Infeksi mata dan kehilangan penglihatan
  • Menyebabkan low vision

Pengobatan Toksoplasmosis

Sebagian besar orang sehat dengan toksoplasmosis yang tidak hamil tidak memerlukan pengobatan karena sistem kekebalan tubuh mereka mampu melawan penyakit ini.

  • Untuk wanita hamil dengan toksoplasmosis. Dalam beberapa kasus, kombinasi obat digunakan untuk menghentikan penularan penyakit dari ibu ke anaknya yang belum lahir. Jika anak terkena toksoplasmosis selama kehamilan, antibiotik dapat digunakan untuk mengendalikan penyakit.
  • Untuk bayi yang lahir dengan toksoplasmosis. Ketika bayi memiliki gejala toksoplasmosis saat lahir, mereka dapat diobati dengan kombinasi obat termasuk obat anti-parasit dan asam folinat.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang bekaitan dengan low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.