Klinik Mata JakartaSering bersantai di pantai atau menghabiskan banyak selagi di luar ruangan selagi matahari tengah bersinar terik? Kacamata hitam sudah tentu jadi senjata andalan Anda. Tapi hati-hati, jikalau sebenarnya aktivitas Anda memerlukan kacamata hitam

sebagai pelindung mata dan bukan sekadar gaya-gayaan saja, jangan ambil risiko bersama mengenakan kacamata hitam murahan. Bukan persoalan gengsi, tapi lebih kepada kesehatan mata Anda.

“Lensa mata terbuat berasal dari berasal dari banyak protein, itulah mengapa lensa terlihat jernih,” ujar Chris. “UVB membawa dampak protein selanjutnya terurai dan kusut, agar lensa matamenjadi keruh. Ini disebut katarak dan sanggup berkembang sesudah bertahun-tahun terkena paparan cahaya matahari tanpa pelindung.”

Paparan cahaya UV tanpa pemberian UV yang baik juga sanggup berpotensi menambah risiko kanker kulit di kelopak mata.

“Meskipun tidak menyebar ke tempat lain, ia sanggup tumbuh ke dalam kelopak mata, dan operasi pengangkatan kanker di kelopak mata dapat meninggalkan bekas luka yang signifikan,” lanjut Chris. “Untuk jangka pendek, paparan cahaya matahari sanggup membawa dampak photo keratitis, selagi paparan cahaya matahari yang intens mematikan susunan terluar kornea.”

Kenapa kacamata hitam murah sanggup berbahaya?
Kacamata hitam dapat menghindar cahaya UV, jikalau Anda memilihnya bersama hati-hati. Cahaya diukur dalam nanometer, dan cahaya UVB lebih kurang berukuran 320-390 nanometer. Jika kacamata hitam punya label CE (perlindungan cahaya UV

Baca Juga : 9 Nasihat Orangtua Tentang Kesehatan Mata yang Ternyata Salah Total

standar Eropa) bermakna kacamata hitam selanjutnya sanggup menerima cahaya UV tidak lebih berasal dari 5% di bawah 380 nanometer.

“Yang mesti Anda perhatikan terhadap kacamata hitam Anda adalah tanda UV 400, yang bermakna bahwa kacamata selanjutnya tidak menerima cahaya UV di bawah 400 nanometer,” memahami Chris.

James menjelaskan kacamata hitam yang murah benar-benar punya risiko, sebab ia tidak benar-benar menjaga mata berasal dari cahaya UV. Dikutip Time, kacamata tanpa pelindung UVA dan UVB dapat benar-benar mudah menyaring cahaya.

Kacamata murah tidak melaksanakan apa pun untuk menjaga kita, selain cuma untuk gaya saja. Tinta hitam yang menutupi lensa tanpa memberi tambahan pemberian sebenarnya sanggup berikan pengaruh mengurangi silau, padahal mata Anda

senantiasa terpapar cahaya UV. Lama kelamaan, lensa gelap ini malah dapat mengganggu penglihatan Anda dan jikalau dipakai benar-benar lama kebanyakan membawa dampak pusing sebab mata Anda mesti bekerja ekstra keras.

Tak mesti mahal, asal berkualitas
Menurutnya kacamata hitam yang Anda memilih tidak usah mahal-mahal. Meskipun kacamata hitam seharga di atas Rp1 juta kebanyakan punya pemberian penuh, tapi kerap kali kacamata hitam yang lebih murah dan dijual di optik biasa pun sanggup menangkal cahaya ultraviolet kok.

Dr. Wayne memberi saran kita untuk membeli kacamata berasal dari tempat yang baik dan benar, senantiasa pastikan label dan kualitasnya. “Anda sebaiknya membeli kacamata hitam di tempatnya yang sebenarnya bagus. Mungkin baiknya jauhi orang-orang yang berjualan di jalanan, di mana kacamata selanjutnya seringkali tidak memenuhi standar,” tuturnya.