Klinik Mata Jakarta – Taukah Anda bahwasanya sinar Ultraviolet (UV) itu ternyata memiliki efek buruk bagi kondisi kesehatan kita, namun tidak banyak yang tau. Selama ini banyak kalangan yang menganggap sinar UV hanya sinar yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Padahal, jika Anda mencari tau bahwasanya sinar ini bisa menjadi penyebab utama seseorang mengalami cedera.

Cedera yang dialami itu bukan tanpa alasan dan bisa muncul begitu saja, melainkan karena adanya radiasi pada bagian mata. Oleh sinar radiasi tadi itu kemudian terserap oleh kornea sehingga memberikan gangguan mata yang tidak normal. Terpapar sinar matahari pada bagian kornea, itu ternyata sama seperti kerusakan kulit kita yang terbakar sinar matahari.

Maka, jangan Anda menganggap remeh jika nantinya kulit terkena paparan sinar matahari apalagi membiarkan mata. Sinar UV juga bukan hanya dihasilkan dari matahari, karena dari lampu di studio, lampu halogen, dan lainnya ternyata juga menghasilkan sinar UV. Jika Anda terkena paparan sinar UV sehari-hari dalam intensitas tinggi, maka dapat mengakibatkan efek buruk jangka panjang juga.

Efek Mata Yang Terlalu Sering Menatap Cahaya dengan Intensitas Tinggi

Paparan sinar UV harus menjadi perhatian, karena jika tidak Anda akan merasakan efek buruk dari hal tersebut. Banyak peneliti yang mengatakan bahwa efek jangka panjang dari terpapar sinar UV ialah terjadi kerusakan di retina. Seperti misalnya Anda menatap matahari secara langsung atau sinar UV dari matahari langsung membakar kulit.

Maka dari itu, sangat tidak disarankan Anda melihat matahari secara langsung dengan mata telanjang. Alternatif yang bisa Anda lakukan ialah dengan menggunakan kacamata aman dan juga bagus, begitu juga dengan kondisi kulit yang harus dijaga. Jika nantinya retina pada mata terkena paparan sinar matahari terlalu lama, maka dapat menimbulkan yang namanya retinopati surya.

Baca juga : Apa Itu Penglihatan Ganda?

Bisa juga terjadi gangguan lain yang berbahaya yaitu keratitis ultraviolet yang diketahui luka bakar pada permukaan retina. Ini sudah memasuki fase atau tahapan yang lebih berbahaya, sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini. Untuk gejala yang mungkin Anda rasakan jika terjadi kerusakan pada kornea adalah dengan tanda penglihatan kabur, mata berair, dan juga mata merah hingga nyeri.

Ternyata Penting Sekali Melindungi Mata dari Berbagai Macam Bahaya

Mata sebagai indra penglihatan sangat penting sekali untuk Anda jaga dengan berbagai macam cara yang ada. Misalnya dengan mengenakan kacamata hitam jika keluar ruangan, agar tidak merasa silau atau bahkan terkena paparan sinar UV langsung. Dalam memilih kacamata, coba untuk memilih jenis sesuai dengan bentuk wajah Anda dan juga memiliki kegunaan dapat melindungi mata dari paparan sinar UV.

Dalam hal berpergian, coba Anda untuk melindungi mata dari partikel tanah, pasir, atau bahkan debu yang mungkin bisa masuk. Selain itu, ada hal lain yang juga harus Anda perhatikan, agar mata bisa tetap aman seperti misalnya menjaga dari bahan kimia. Seperti bahan atau produk rumah tangga untuk membunuh nyamuk dan hama itu sangat berbahaya jika terkena mata Anda.

Untuk perlindungan yang paling penting terutama bagi kalangan wanita yang menggunakan lensa kontak mata, ini sangat berbahaya. Kenapa begitu? Karena jika menggunakan lensa kontak dan tidak mengikuti aturan main bisa sangat berbahaya. Saat hendak mandi di kolam berenang coba untuk melepas kontak lens, dan pastikan Anda tidak lupa. Masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan, agar mata tetap sehat dan aman dari berbagai macam efek buruk yang mungkin terjadi.