Klinik Mata Bekasi – Menggunakan kontak lensa dengan berbagai warna tertentu memang akan membuat penampilan Anda semakin menarik. Namun, siapa sangka ternyata bila salah kaprah menggunakan kontak lensa efeknya bisa berbahaya untuk kesehatan mata. Permasalahan bisa datang dari berbagai aspek saat pakai lensa.

Bisa karena kesalahan yang dilakukan atau karena memang bahan lensa kontaknya tidak cocok dengan mata Anda. Lensa kontak tidak hanya memiliki peranan untuk mempercantik mata, namun juga memiliki fungsi penting untuk membantu fungsi penglihatan pada berbagai kondisi mata yang kondisinya rabun.

Lensa kontak sekarang ini tidak hanya bisa Anda dapatkan dari optik, namun juga sudah banyak bisa ditemukan pada berbagai toko online dengan penawaran harga murah. Banyak orang yang bahkan pekerjaannya menuntut penampilan wah sehingga penggunaan lensa kontak menjadi hal lumrah.

Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Pakai Lensa Kontak

Padahal, kalau Anda abai terhadap berbagai hal yang semestinya tidak dilakukan, efeknya bisa membuat mata mengalami keluhan. Tidak dilarang menggunakan lensa kontak asalkan, tidak melakukan berbagai kesalahan fatal, seperti tidur menggunakan lensa kontak. Ini tindakan yang sangat berbahaya bagi Anda.

Kesalahan kedua yang sebaiknya tidak dilakukan oleh pemakai lensa kontak adalah membersihkan lensa tanpa cairan khusus. Seyogyanya lensa kontak dibersihkan dengan cairan yang dibeli langsung dari optik, bukan sembarangan menggunakan air biasa. Kandungannya berbeda sehingga lensa tidak akan bersih.

Baca juga : Rehabilitasi Penglihatan Low Vision Di VIO Optical Clinic

Kesalahan berikutnya yang tidak seharusnya dilakukan ketika ketergantungan pada lensa kontak adalah menggunakan lensa kontak dalam waktu lama. Setiap lensa kontak itu memiliki usia, ada yang 3 bulan, ada yang 6 bulan, ada juga yang satu tahun. Terhitung dari lensa dibuka kemasannya, semestinya lensa digunakan sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan. Jangan melebihi karena efeknya bisa infeksi.

Berikutnya, kesalahan yang tidak wajar dilakukan pemakai lensa kontak adalah menggunakan lensa kontak orang lain, sekalipun tujuannya untuk mencoba. Jangan pernah iseng dengan organ mata karena dampaknya bisa sangat krusial sampai dengan mengganggu keseluruhan kualitas pada kehidupan Anda.

Gejala yang Timbul Karena Kesalahan Pakai Lensa

Berbagai hal di atas bisa saja Anda langgar karena yang menentukan taat atau tidaknya terhadap aturan adalah diri sendiri. Tapi, jangan pernah menyesal kemudian jika ditemui berbagai efek samping yang membahayakan mata. Tercatat beberapa risiko yang bisa dirasakan jika abai terhadap penggunaan lensa mata. Diantaranya akan kita bahas satu demi satu dalam berbagai poin di bawah ini:

  1. Penggunaan lensa mata yang salah bisa mendatangkan infeksi dengan ditandainya mata merah dan gatal. Datangnya infeksi ini bisa dari debu, kuman, tau paparan bakteri yang melekat pada tangan Anda. ketika mata terasa gatal, sebaiknya jangan menggaruk area mata dengan tangan.
  2. Sebenarnya tujuan dari lensa kontak adalah menanggulangi masalah penglihatan pada mata. Namun, karena lensa kontak kerap digunakan juga sebagai gaya hidup, penggunaan tersebut malah merusakn fungsi dari mata itu sendiri, seperti mata jadi kurang jelas ketika melihat benda.
  3. Efek yang paling mengerikan dari kesalahan menggunakan lensa kontak adalah terjadinya kebutaan pada pemakai. Lensa kontak itu bentuknya cairan, sehingga kalau terkena paparan sinar matahari atau panas berlebih, bukan tidak mungkin terjadi pelelehan. Kalau lensa kontak sudah meleleh, otomatis permukaannya merekat dengan mata dan sulit dilepaskan lagi.

Itulah berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan lensa kontak yang salah. Sebenarnya tidak akan timbul masalah jika pengguna mengerti perawatannya. Karena dengan perawatan yang benar dan tepat, Anda tetap bisa menggunakan lensa kontak dan menjaga kesehatan mata Anda