Klinik Mata Jakarta – Masalah penglihatan dapat secara signifikan memengaruhi kehidupan sehari-hari. Kesulitan dalam koordinasi fokus mata membuat membaca dan memahami materi tertulis menjadi sulit, sehingga menyebabkan ketegangan mata, sakit kepala, dan kelelahan. Masalah dengan persepsi kesadaran spasial menghalangi mobilitas maupun pergerakan yang aman dan partisipasi dalam olahraga. Masalah penglihatan yang tidak diobati memengaruhi pembelajaran dan kinerja akademik anak-anak, mengganggu kemampuan mereka untuk menulis, menggambar, dan berpartisipasi dalam kegiatan di kelas secara efektif.  Untungnya, vision therapy dapat membantu meningkatkan kemampuan visual ini dan meningkatkan koneksi otak-mata melalui latihan dan aktivitas yang ditargetkan.

Mengenai Vision Therapy

Jika Anda kesulitan menggunakan tubuh Anda dengan benar, Anda dapat menjalani terapi fisik untuk mendapatkan kembali mobilitas dan fleksibilitas. Anda akan melakukan serangkaian latihan di bawah pengawasan profesional terlatih yang akan memantau kemajuan Anda dan menyesuaikan rencana perawatan sesuai kebutuhan. Di akhir terapi, Anda akan memiliki kendali yang lebih baik atas tubuh Anda. Terapi penglihatan bekerja dengan dasar pemikiran yang sama. Melalui serangkaian aktivitas yang disesuaikan, Anda dapat meningkatkan kemampuan penglihatan, sehingga menghasilkan penglihatan yang lebih jelas dan nyaman.

Namun, meskipun terapi penglihatan sangat baik untuk mengatasi masalah pada sistem penglihatan, terapi ini tidak dapat menyembuhkan masalah yang terjadi akibat kondisi medis atau kelainan refraksi, dan terapi ini tidak dapat menggantikan perawatan mata yang rutin dan komprehensif.

Bagaiman Terapi Mata Bisa Mengobati?

Vision therapy melatih otak dan mata Anda untuk bekerja sama dengan lebih baik. Anda akan memulai dengan penilaian menyeluruh terhadap kemampuan penglihatan Anda oleh ahli terapi penglihatan yang terlatih. Kemudian, mereka akan merancang rencana terapi yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda, yang bertujuan untuk meningkatkan cara otak Anda menafsirkan informasi visual. Selama menjalani program, Anda dapat memperkuat berbagai keterampilan visual, seperti:

  • Koordinasi mata
  • Ketajaman visual
  • Persepsi kedalaman
  • Kecepatan pemrosesan visual
  • Koordinasi tangan dan mata
  • Memori visual
  • Persepsi warna
  • Kemampuan pelacakan mata

Sama seperti terapi fisik yang membantu Anda menggunakan tubuh dengan benar, terapi penglihatan membantu melatih sistem penglihatan Anda.

Baca Juga: Berbagai Tips yang Bisa Membantu Anda untuk Mengatasi Low Vision

Apa yang Diharapkan dari Terapi Penglihatan?

Setelah konsultasi awal, ahli terapi penglihatan Anda akan membuat rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mereka mungkin akan merekomendasikan beberapa latihan berikut ini:

  • Latihan gerakan mata yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan koordinasi gerakan mata Anda.
  • Latihan pemfokusan untuk membantu Anda berlatih mengubah fokus dengan cepat dan akurat antara objek yang dekat dan jauh.
  • Aktivitas persepsi kedalaman yang membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk menilai jarak dan melihat dunia dalam tiga dimensi.
  • Latihan koordinasi mata-tangan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menyelaraskan informasi visual dengan gerakan fisik.
  • Latihan memori visual yang menantang Anda untuk menghafal dan mengingat informasi visual, memperkuat hubungan antara mata dan otak Anda.
  • Latihan ini bertujuan untuk melatih kembali mata dan otak Anda agar dapat bekerja sama dengan baik. Anda akan belajar bagaimana memproses dan mengingat informasi visual dan membangun keterampilan visual yang Anda butuhkan.

Haruskah Anda Menjalani Vision Therapy?

Jika Anda atau orang yang Anda cintai mengalami masalah penglihatan yang memengaruhi kehidupan sehari-hari, pekerjaan, atau kinerja sekolah, maka ada baiknya Anda membicarakan dengan dokter mata tentang terapi penglihatan. Namun, seperti halnya terapi fisik, semuanya dimulai dengan kunjungan ke ahli yang terlatih untuk menentukan apakah terapi penglihatan merupakan pendekatan yang tepat untuk Anda.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.