Orthokeratology – Orthokeratology adalah satu-satunya metode koreksi penglihatan yang tidak memerlukan penggunaan kacamata atau lensa kontak dan operasi untuk mendapatkan penglihatan yang sempurna. Lensa Orthokeratology secara khusus hanya dipakai selama tidur, dan kornea mulai beradaptasi dengan lensa sampai penglihatan benar-benar terkoreksi. Ketika anda terbangun dan melepas lensa di pagi hari, maka anda bisa melihat dengan baik sepanjang hari. Alasan mengapa banyak orang menganggap orthokeratology sebagai ortodontik untuk mata adalah karena konsep utamanya kurang lebih sama dengan kawat gigi. Lalu bagaimana prosedur dan cara kerja orthokeratology? Simak melalui penjelasan berikut.

Apa Itu Prosedur Orthokeratology?

Orthokeratology adalah alternatif tanpa operasi yang digunakan untuk mengatasi masalah penglihatan yang diakibatkan oleh kelainan refraksi. Lensa kontak Orthokeratology memiliki kelengkungan bagian dalam khusus yang disesuaikan untuk setiap penggunanya. Desain ini berbeda tergantung pada apakah itu pasien rabun jauh, hiperopik atau astigmatik. Saat dikenakan pada malam hari, lapisan terluar mata, epitel kornea, secara lembut menyesuaikan dengan bentuk lensa tersebut. Setelah berjam-jam tidur dengan lensa orthokeratology, mata telah beradaptasi dengan kelengkungan lensa sehingga penglihatan yang sepenuhnya normal didapatkan. Efek ini berlangsung sepanjang hari dan secara bertahap menghilang hingga mata kembali ke kondisi semula dalam beberapa hari.

Bentuk kornea sangat penting dalam mempertahankan fokus optik yang tajam pada objek dengan cara menekuk cahaya yang masuk ke mata. Kornea adalah bagian mata yang bening yang menutupi iris dan pupil. Jaringan kornea lembut dan dapat dibentuk secara halus. Lensa ortho-K mengapung pada lapisan film air mata Anda, namun memberikan tekanan yang cukup untuk membentuk kembali kornea. Lensa terapi ortho-k dengan lembut membentuk kembali beberapa mikron pertama kornea saat Anda tidur. Setelah lensa dilepas di pagi hari, sedikit perubahan pada kelengkungan permukaan kornea menghasilkan penglihatan yang jelas selama jam bangun.

Baca Juga: Berbagai Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Mengenai Ortho-K

Bagaimana Cara Kerja Orthokeratology?

Orthokeratolgy meningkatkan penglihatan dengan mengaplikasikan lensa yang dirancang khusus untuk dipakai saat tidur. Ini serupa dengan memakai retainer setelah menjalani ortodontur. Orthokeratology membentuk kembali kornea mata dengan lensa kontak gas permeable (GP) yang dirancang khusus. Kornea dimodifikasi dan dengan demikian mengoreksi penglihatan untuk orang yang mengalami rabun jauh, rabun dekat, orang dengan astigmatisme, dan presbiopia. Ini  mengoreksi penglihatan Anda sehingga Anda dapat melihat dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak sepanjang hari.

Kornea terbuat dari jaringan yang jelas dan fleksibel yang membantu memfokuskan cahaya ke retina, memungkinkan mata untuk dengan jelas membedakan objek dari kejauhan. Namun, beberapa orang memiliki bentuk kornea yang tidak normal, yang menyebabkan cahaya tidak fokus pada retina dengan benar. Akibatnya, orang-orang ini mengalami penglihatan kabur saat melihat objek pada jarak tertentu. Dengan ortho-k, kelengkungan pada kornea yang abnormal akan diperbaiki secara perlahan untuk kembali memiliki bentuk normal. Ketika bentuk normal yang diinginkan telah tercapai, maka kesalahan bisa tidak akan terjadi lagi. Sehingga anda memiliki penglihatan yang jelas dan baik.

Orthokeratology juga sangat bagus untuk mereka yang berusia di atas 40 tahun dan mulai kesulitan melihat dengan jelas dari jarak dekat. Presbiopia adalah perubahan alami lensa di dalam mata. Biasanya, sekitar usia 40 tahun, orang mulai memperhatikan bahwa sulit untuk melihat dari dekat, misalnya membaca atau melihat jam tangan. Orang yang rabun jauh dan hanya harus memakai kacamata hanya untuk jarak jauh, sekarang menyadari bahwa mereka mengalami kesulitan melihat dari dekat melalui kacamata mereka. Mereka sering memperhatikan bahwa lebih mudah membaca tanpa kacamata. Sehingga orthokeratology adalah alternatif yang tepat untuk mereka.

Ortho K dapat digunakan untuk mengoreksi miopia (0,5 hingga 7 dioptri), hiperopia (0,5 hingga 4 dioptri), astigmatisme (0,5 hingga -5 dioptri), dan presbiopia. Dan juga kombinasi dari cacat ini (miopia + astigmatisme, hiperopia + astigmatisme, miopia + presbiopia, dan lainnya). Tidak seperti operasi laser, Orto K cocok untuk orang dewasa dari segala usia dan untuk anak-anak, yang dapat menggunakannya dari usia 6 tahun.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.