Terapi Mata Minus РKesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mata sangatlah minim. Terutama bagi anak-anak dimana masih dalam usia pertumbuhan dan perkembangan yang sangat penting. Tidak sedikit orang tua yang tidak menyadari bahwa sang anak memiliki masalah dan gangguan pada mata.  Dengan jumlah penderita gangguan penglihatan seperti mata minus yang semakin meningkat, tidak dapat diingkari kondisi tersebut menciptakan rasa ketidaknyamanan dalam penglihatan seseorang. Penyebab mata minus tersebut tidak hanya berupa gaya hidup yang kurang sehat. Beberapa di antaranya bahkan dianggap terkait dengan faktor genetik atau keturunan. Kondisi mata minus dapat bertambah parah, apabila tidak dibarengi dengan perhatian dan pengobatan yang baik.

Dampak mata minus yang semakin parah tidak hanya mengganggu kemampuan melihat seseorang, bahkan hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya prestasi belajar anak. Mata minus pada anak memiliki pengaruh yang besar terdapat kemampuan belajarnya. Dalam kasus ini, anak tidak dapat melihat huruf dengan jelas bahkan kesulitan dalam mengeja dan membaca. Kesulitan-kesulitan tersebut akan mempengaruhi pemahaman materi pembelajaran yang diterima oleh anak. Sehingga, resiko menurunnya nilai akademik dan prestasi belajar anak semakin tinggi. Maka dari itu, mengenali gejala, penyebab serta terapi yang bagus bagi mata minus akan membantu para orang tua dalam menyembuhkan mata minus pada anak.

Penyebab dan Gejala Mata Minus

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab mata minus yang dialami oleh anak. Salah satunya faktor genetik atau keturunan, dimana orang tua yang memiliki mata minus dapat menurunkannya pada anak mereka. Selain faktor genetik, gaya hidup yang kurang sehat dan kebiasaan sehari-hari yang kurang bagus bagi kesehatan juga dapat menjadi penyebab mata minus pada anak. Perkembangan jaman yang semakin canggih seperti saat ini, membuat anak-anak generasi millennial gemar sekali bermain dengan gadget mereka. Mereka seringkali menghabiskan waktu dengan bermain game ataupun memutar video music pada gadget dan smartphone yang dimiliki. Tanpa disadari, hal tersebut dapat menyebabkan anak mengalami mata minus karena terlalu sering menatap layar handphone ataupun komputer. Pancaran sinar pada layar elektronik tersebut dapat memengaruhi kesehatan mata apabila seseorang terlalu sering menggunakannya.

Baca Juga: Vision Therapy, Langkah Mudah Mengatasi Gangguan Penglihatan Pada Anak-anak

Tidak hanya itu, kebiasaan buruk memainkan gadget sambil tiduran dan dengan jarak yang begitu dekat juga berpengaruh terhadap penyebab mata minus. Selain itu, membaca buku sambil tiduran akan memaksa saraf pada mata untuk bekerja secara maksimal. Sehingga berisiko besar pada mata minus yang dialami oleh anak-anak. Gejala mata minus yang biasanya dialami oleh seseorang seperti menurunnya penglihatan yang buram dan kurang jelas. Seseorang tidak dapat mengenali huruf, tanda maupun tulisan pada jarak yang jauh. Pada umumnya anak akan memiliki kebiasaan memicingkan mata, mendekatkan objek baik pada saat membaca ataupun menonton, serta sering kali mengeluhkan sakit kepala. Tentunya gangguan tersebut akan berimbas pada prestasi belajar anak-anak di sekolah. Kurangnya kemampuan dalam menangkap materi pembelajaran yang dijelaskan di papan tulis, memengaruhi pemahaman anak dalam belajar.

Terapi Mata Minus Pada Anak

Pendeteksian mata minus pada anak dapat dilakukan secara dini guna mengurangi resiko gangguan penglihatan pada anak. Salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan mata pada anak adalah dengan melakukan pediatric refraction. Pediatric refraction adalah sebuah pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui kondisi penglihatan anak. Sehingga, anda sebagai orang tua dapat mengetahui sejak dini keluhan ataupun permasalahan penglihatan yang dialami anak seperti halnya mata minus. Langkah selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Jus wortel ataupun tomat dapat membantu menjaga kesehatan mata pada anak. Selain itu, sebuah terapi yang dilakukan oleh ahli optometry diperlukan demi meningkatkan kemampuan penglihatan anak.

Bingung mencari layanan klinik mata terpercaya? Anda tidak perlu khawatir, karena Vio Optical hadir dengan staff professional dan layanan yang memuaskan. Vio Optical memberikan layanan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui kondisi kesehatan mata seseorang. Kami didukung dengan perlatan canggih yang lengkap. Anda juga dapat melakukan konsultasi terkait kesehatan mata serta melakukan terapi kesehatan mata yang terpercaya. Kami memberikan layanan prediatic refraction bagi kesehatan mata anak, ortho k, low vision treatment, binocular vision therapy, dan masih banyak lagi terapi kesehatan mata lainnya. Percayakan kesehatan mata anda dan keluarga bersama Vio Optical, klinik mata professional dan terpercaya dengan cara klik di sini.