Klinik Mata Bekasi Saat hamil, mata jadi lebih kering dan sensitif? Jangan cemas dulu, Bumil. Kondisi ini merupakan perihal yang wajar dan mampu diatasi, kok.

Sebagian masalah mata yang terjadi saat hamil kebanyakan akan reda bersama sendirinya sehabis melahirkan. Penyebabnya beragam, terasa dari perubahan hormon, metabolisme, sampai perubahan sirkulasi.

Atasi Gangguan Mata saat Hamil bersama Cara Ini

Jenis-Jenis Gangguan Mata saat Hamil dan Cara Mengatasinya
Mengalami masalah mata saat hamil pasti akan mengganggu kenyamanan Bumil dan menimbulkan rasa khawatir. Agar tidak panik, Bumil wajib mengenali jenis-jenis masalah mata yang kerap terjadi saat hamil beserta tips dan langkah mengatasinya selanjutnya ini:

1.Mata kering
Salah satu masalah mata yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah mata kering. Kondisi ini kebanyakan akan mengakibatkan mata terasa ‘berpasir’, gatal, dan panas. Mata kering saat hamil kebanyakan disebabkan oleh peningkatan kadar hormon estrogen yang menekan memproduksi air mata.

Mata kering saat hamil mampu diatasi bersama memakai obat tetes mata yang mempunyai kandungan air mata buatan atau artificial tears. Namun terkecuali mata kering yang dirasakan tidak kunjung membaik, Bumil wajib berkonsultasi ke dokter.

2.Penglihatan kabur
Kondisi ini mampu memengaruhi kornea dan mengakibatkan penglihatan ibu hamil jadi kabur. Biasanya, situasi ini hanya terjadi sementara. Untuk mengatasinya, Bumil kemungkinan wajib mengganti kaca mata untuk sementara. Namun, sebisa kemungkinan batasi dan jauhi memakai softlens sepanjang hamil ya, Bumil.

3.Retinopati diabetik
Beberapa ibu hamil mengalami diabetes gestasional atau diabetes terhadap kehamilan. Ibu hamil bersama situasi ini punya risiko mengalami retinopati diabetik, yakni komplikasi diabetes yang menyerang retina.

Baca Juga :

Kenali Penyebab Kanker Mata Berdasarkan Jenisnya

Penyakit ini mampu mengakibatkan kaburnya penglihatan ibu hamil, apalagi terhadap situasi lanjut, mampu terjadi kebutaan. Untuk menahan komplikasi ini, Bumil direkomendasikan untuk melakukan kontrol kehamilan secara rutin dan melindungi kadar gula darah selamanya stabil.

4.Bayangan kecil terhadap penglihatan atau floaters
Bumil pernah lihat bayangan benda kecil yang kelihatan melayang-layang? Bayangan itu disebut floaters. Bercak hitam terhadap penglihatan atau floaters ini merupakan keliru satu masalah mata yang mampu dialami saat hamil.

Selain disebabkan oleh situasi yang normal, bercak hitam ini termasuk mampu jadi keliru satu isyarat terjadinya komplikasi dari preeklamsia atau eklamsia. Kedua situasi ini wajib ditangani bersama cepat, dikarenakan mampu berakibat fatal bagi ibu dan janin.

Walaupun sebagian besar masalah mata saat hamil disebabkan oleh perihal yang normal, Bumil selamanya wajib berhati-hati dan memeriksakan diri ke dokter mata andaikata mengalami tanda-tanda yang mengkhawatirkan.

Upayakan untuk selamanya melindungi kesegaran mata, pada lain bersama memakai kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan terhadap siang hari, halangi durasi memakai gadget, dan tidak mengucek atau menggosok mata, khususnya saat tangan sedang kotor.

Jika masalah mata saat hamil cukup mengganggu dan berlarut-larut, Bumil sebaiknya langsung berkonsultasi bersama dokter untuk memahami penyebabnya dan mendapatkan penanganan.