Klinik Mata Bekasi – Presbiopi adalah kondisi yang berkaitan dengan usia yang mengganggu tugas-tugas visual jarak dekat, seperti membaca tulisan kecil atau memasukkan jarum. Tidak seperti penyakit seperti miopi atau hipermetropi yang dapat dimulai sejak usia muda, Presbiopi dengan santai menyapa kita saat kita mendekati usia 40-an dan seterusnya. Presbiopi sering diringkas sebagai tirani alamiah dari waktu di mata kita, tetapi bisakah hal ini dikelola dengan pergi ke pusat terapi mata? Mungkinkah nutrisi berperan dalam memperlambat transformasi yang tak terelakkan ini?

Memahami Presbiopi

Presbiopi adalah kondisi penglihatan universal yang berkaitan dengan usia yang biasanya muncul pada usia awal hingga pertengahan empat puluhan. Kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan secara bertahap untuk fokus secara jelas pada objek yang dekat. Tidak seperti penyakit, presbiopi merupakan bagian alami dari penuaan yang memengaruhi setiap orang dengan tingkat yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa gejala umum:

  • Kesulitan membaca tulisan kecil
  • Perlu memegang bahan bacaan dalam jarak dekat
  • Kelelahan atau sakit kepala setelah melakukan pekerjaan jarak dekat

Penyebab utama Presbiopi terletak pada proses penuaan alami. Secara khusus, hal ini disebabkan oleh:

  • Pengerasan lensa mata: Seiring waktu, lensa mata kehilangan kelenturannya, sehingga lebih sulit untuk mengubah bentuk dan fokus pada benda-benda di dekatnya.
  • Penuaan otot: Otot-otot yang mengontrol bentuk lensa juga kehilangan kekuatan seiring bertambahnya usia, sehingga berkontribusi terhadap kondisi ini.

Berikut adalah beberapa faktor tambahan yang dapat menyebabkan atau mempercepat Presbiopi:

  • Penuaan: Risiko presbiopi meningkat seiring dengan proses penuaan alami.
  • Kondisi kesehatan yang ada: Kondisi seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan multiple sclerosis dapat memengaruhi penglihatan dan berpotensi mempercepat timbulnya presbiopi.
  • Obat-obatan tertentu: Beberapa obat, termasuk antidepresan, antihistamin, dan diuretik, berhubungan dengan gejala presbiopi dini.

Presbiopi adalah bagian alami dari penuaan, dan meskipun tidak dapat dicegah, memahami penyebab dan gejalanya serta membedakannya dengan kondisi lain dapat memandu kita untuk menanganinya secara efektif dalam kehidupan sehari-hari.

Vitamin dan Presbiopi

Meskipun Presbiopi tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia, namun apakah vitamin tertentu dan pusat terapi mata bisa dapat membantu memperlambat perkembangannya presbiopi ini?

Baca Juga: Menghindari dan Meredakan Ketegangan pada Mata, Bagaimana Caranya?

Dampak Vitamin pada Presbiopi

Bukti terbaru menunjukkan bahwa vitamin dan mineral tertentu secara positif memengaruhi kesehatan mata, sehingga berpotensi memperlambat timbulnya perubahan penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti Presbiopi. Namun, ingatlah bahwa temuan ini tidak mengindikasikan kesembuhan, tetapi mengisyaratkan penundaan atau kemungkinan perkembangan yang lebih lambat.

  • Vitamin C Dikenal dengan sifat antioksidannya, Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Penelitian telah mengaitkannya dengan kemungkinan penurunan perkembangan gejala terkait Presbiopi.
  • Vitamin E Antioksidan lain, Vitamin E, berpotensi melindungi sel-sel di mata kita dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas.
  • Beta-karoten: Pigmen ini banyak ditemukan pada buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning. Meskipun penelitian mengenai hubungan langsungnya dengan Presbiopi masih terus dilakukan, Beta-Karoten merupakan prekursor Vitamin A, yang penting untuk penglihatan.

Mineral dan Kesehatan Mata

Zinc sebagai mineral esensial ini sangat terkonsentrasi di mata, terutama di retina dan koroid (lapisan pembuluh darah mata). Seng dapat berperan dalam menjaga kesehatan struktur ini. Meskipun vitamin dan mineral ini memiliki potensi dampak positif, penting untuk diingat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyimpulkan efek pasti vitamin dan nutrisi pada Presbiopi. Selain itu, suplemen vitamin individu tidak dapat menggantikan diet seimbang dan bervariasi, sumber nutrisi esensial terbaik.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.