Vio Optical Clinic – Pernahkah Anda diberitahu bahwa tidak ada pengobatan yang berhasil untuk mata malas pada orang dewasa? Nah, kebijaksanaan lama itu salah! Sampai saat ini, orang dewasa telah diberitahu bahwa mereka ‘terlalu tua’ untuk berhasil mengobati mata malas mereka. Bahkan terapi penglihatan di pusat terapi mata, yang merupakan pengobatan yang efektif untuk mata malas pada masa kanak-kanak, dianggap hanya bekerja pada anak-anak sebelum usia 10 tahun. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang penanganan mata malas pada orang dewasa.

Apa yang Dimaksud dengan Mata Malas?

Mata malas, juga dikenal sebagai amblyopia, terjadi ketika salah satu mata secara signifikan lebih lemah daripada mata yang lain, sehingga otak memprioritaskan sinyal yang berasal dari mata yang lebih kuat, dan merugikan mata yang lebih lemah. Ketika otak semakin terbiasa “mendengarkan” sinyal dari mata yang lebih kuat, otak akan semakin mengabaikan sinyal dari mata yang lebih lemah. Mata malas dapat memengaruhi kualitas hidup Anda dengan menyebabkan kesulitan dalam membaca, konsentrasi, dan persepsi kedalaman.

Apa yang Menyebabkan Mata Malas?

Menurut salah satu sistem kesehatan pediatrik terintegrasi terbesar di Amerika Serikat, ambliopia paling sering disebabkan oleh faktor keturunan. Artinya, ambliopia menurun dalam keluarga dan genetika adalah penyebab utamanya. Mata malas juga lebih sering terjadi pada anak-anak yang lahir prematur atau yang mengalami keterlambatan perkembangan atau anak-anak dengan kebutuhan khusus, seperti Autistic Spectrum Disorder (ASD) dan Down Syndrome. Untuk menghindari masalah penglihatan, otak akan ‘mematikan’ mata yang lebih lemah, sehingga menyebabkan mata malas.

Pada sistem penglihatan yang sehat, otak akan menerima dua gambar, satu dari masing-masing mata, kemudian otak akan menggabungkan gambar-gambar ini untuk menghasilkan gambar visual 3D yang jelas. Hal ini disebut penglihatan binokular, dan merupakan dasar dari keterampilan penting seperti persepsi kedalaman. Pada ambliopi, penglihatan binokular sangat terhambat karena otak hanya menggunakan gambar yang berasal dari satu mata, sehingga menyebabkan berbagai masalah yang berhubungan dengan penglihatan, termasuk penglihatan ganda atau mata lelah. Rabun jauh yang parah, rabun dekat, silindris, astigmatisme, atau mata yang selalu berputar juga dapat menyebabkan mata malas.

Apa yang Terjadi Jika Mata Malas Tidak Diobati?

Jika tidak diobati, mata malas tidak akan pernah bisa mengembangkan penglihatan yang baik, dan bahkan bisa menjadi buta secara fungsional, yang mengakibatkan kehilangan penglihatan seumur hidup. Orang dewasa dengan mata malas dapat mengalami kelelahan dan ketegangan mata serta kesulitan ekstrem dengan penglihatan 3D dan persepsi kedalaman, yang mempengaruhi produktivitas kerja dan kenikmatan olahraga serta aktivitas yang menyenangkan. Mata malas yang tidak diobati juga dapat menyebabkan masalah permanen pada penglihatan sentral dan menyebabkan perkembangan kondisi mata lainnya, seperti strabismus, di mana mata menjadi tidak sejajar.

Baca Juga: Kebutaan pada Anak-Anak, Benarkah Bersifat Genetik?

Apa itu Terapi Penglihatan?

Pergi ke spesialis mata untuk menjalani terapi penglihatan sama halnya dengan pergi ke gym untuk mata dan otak Anda. Terapi penglihatan, merupakan pengobatan yang efektif untuk mata malas pada masa kanak-kanak, yang tadinya dianggap hanya efektif pada anak-anak sebelum usia 10 tahun. Terapi penglihatan di pusat terapi mata adalah program perawatan individual yang dapat disesuaikan dan dilakukan di bawah pengawasan spesialis mata. Program yang dipersonalisasi ini melibatkan serangkaian latihan mata progresif untuk membantu Anda terus mengembangkan keterampilan penglihatan normal yang akan meningkatkan komunikasi antara otak dan mata.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.