Vision Therapy – Apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami masalah penglihatan yang berdampak pada kehidupan sehari-hari? Entah itu kesulitan membaca, mengemudi, atau bekerja di depan komputer, masalah penglihatan dapat menyulitkan Anda untuk melakukan tugas sehari-hari. Vision therapy adalah pilihan pengobatan non-invasif, namun sangat efektif yang dapat mengatasi berbagai masalah penglihatan dan meningkatkan kemampuan penglihatan. Mulai dari meningkatkan persepsi dan pemrosesan visual hingga mengurangi strabismus dan amblyopia, banyak sekali manfaat terapi penglihatan.

Dengan memahami potensi manfaat terapi penglihatan, Anda dapat membuat keputusan yang tepat mengenai apakah terapi penglihatan merupakan pilihan yang tepat untuk Anda atau orang yang Anda cintai. Ulasan berikut ini akan membahas tentang apa itu terapi penglihatan dan siapa saja yang bisa memperoleh manfaat dari upaya pengobatan ini.

Apa yang Dimaksud dengan Terapi Penglihatan?

Terapi penglihatan bekerja dengan menargetkan area tertentu dari sistem penglihatan, termasuk mata, otak, dan saraf yang menghubungkannya. Terapi ini mencakup berbagai latihan dan aktivitas yang berfokus pada peningkatan keterampilan visual, seperti koordinasi mata, pemfokusan, dan pelacakan. Latihan-latihan ini dapat membantu memperkuat otot-otot di mata, meningkatkan kemampuan otak untuk memproses informasi visual, dan memperbaiki koneksi saraf. Selain itu, vision therapy juga dapat mengatasi masalah penglihatan binokular, yaitu kemampuan mata untuk bekerja sama sebagai sebuah tim.

Hal ini dapat sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami penglihatan ganda, mata juling, atau mata malas. Terapi ini dapat menargetkan area tertentu pada mata, seperti otot ekstraokular, otot siliaris, retina, saraf optik, dan korteks visual di otak. Terapi ini biasanya dilakukan di bawah bimbingan ahli mata atau spesialis mata yang mengkhususkan diri dalam terapi penglihatan. Rencana terapi disesuaikan berdasarkan masalah penglihatan dan tujuan spesifik pasien. Dengan sesi terapi yang teratur, pasien dapat melihat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan penglihatan dan kesehatan penglihatan secara keseluruhan.

Siapa yang Mendapat Manfaat dari Terapi Penglihatan?

Banyak orang bisa mendapatkan manfaat dari terapi penglihatan. Beberapa kelompok orang yang paling umum yang dapat memperoleh manfaat dari terapi penglihatan antara lain:

  • Anak-anak dengan masalah penglihatan seperti ambliopia (mata malas), strabismus (mata juling), dan gangguan persepsi visual seperti disleksia.
  • Orang dewasa dengan masalah penglihatan seperti gangguan penglihatan binokular (penglihatan ganda, insufisiensi konvergensi), cedera otak yang didapat, dan masalah penglihatan yang disebabkan oleh trauma.

Baca Juga: Low Vision: Dampaknya pada Kemandirian, Mobilitas, dan Kesehatan Mental

  • Atlet dari segala usia yang ingin meningkatkan kemampuan visualnya, seperti koordinasi mata-tangan, waktu reaksi, dan pelacakan visual, untuk meningkatkan performa olahraganya.
  • Orang yang pernah menderita stroke atau telah didiagnosis dengan kondisi neurologis seperti multiple sclerosis, cedera otak traumatis, atau cerebral palsy.
  • Seseorang yang mengalami gejala visual seperti sakit kepala atau ketegangan mata yang disebabkan oleh masalah penglihatan, atau mereka yang telah didiagnosis dengan gangguan penglihatan tertentu seperti miopi, hipermetropi, atau astigmatisme.
  • Orang yang pernah menjalani katarak atau operasi mata lainnya dan perlu merehabilitasi penglihatannya.
  • Seseorang yang mengalami kesulitan membaca, kesulitan dengan koordinasi mata-tangan, atau mereka yang mengalami kesulitan di sekolah atau di tempat kerja karena masalah penglihatan.

Perlu diperhatikan bahwa terapi penglihatan bukanlah solusi untuk semua dan tidak semua orang akan bisa mendapatkan manfaatnya. Pemeriksaan mata dan konsultasi dengan ahli terapi penglihatan diperlukan untuk menentukan apakah terapi penglihatan sesuai dan bermanfaat.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.