Vio Optical Clinic – Jika keluarga Anda telah melakukan pemeriksaan mata tahunan dan Anda atau anak Anda didiagnosis menderita miopi, Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang apa yang dapat Anda lakukan, lebih baik segera berikan anak Anda terapi mata minus. Anda mungkin pernah mendengar bahwa miopi pada anak-anak dan remaja cenderung membaik seiring bertambahnya usia, dan dapat diatasi di kemudian hari. Mitos-mitos tentang miopia ini menyesatkan dan dapat memberikan harapan palsu. Meskipun penglihatan dapat menjadi stabil seiring bertambahnya usia, miopi tidak memiliki obatnya, bahkan obat yang alamiah seperti usia.

Meskipun demikian, Anda memiliki pilihan! Untuk melindungi penglihatan anak Anda, dokter mata Anda mungkin menyarankan terapi yang dikenal sebagai kontrol miopia.

Apa itu Miopia?

Miopi merupakan sebuah gangguan penglihatan yang menyebabkan berbagai benda dekat terlihat jelas, sedangkan benda-benda di kejauhan tampak tidak fokus. Miopia seringkali dikenal dengan rabun jauh dan mempengaruhi masyarakat. Miopi dapat disebabkan oleh bola mata yang terlalu panjang atau kornea yang terlalu melengkung. Karena penglihatan kita bergantung pada pembiasan cahaya melalui kornea dan mengenai titik yang tepat pada retina yang peka terhadap cahaya, maka distorsi pada kornea atau bola mata dapat menyebabkan masalah penglihatan sehingga penting untuk segera mendapatkan terapi mata minus. Miopi dapat didiagnosis selama pemeriksaan mata rutin. Gejala miopia meliputi:

  • Sakit kepala
  • Mata lelah
  • Menyipitkan mata
  • Penglihatan jarak jauh yang kabur atau tidak jelas
  • Kelelahan ketika melakukan aktivita yang memerlukan penglihatan jarak jauh, seperti mengemudi, berolahraga, atau melihat sesuatu yang jauh

Miopia yang Dialami Sepanjang Masa Hidup

Orang sering kali mengalami miopi selama masa kanak-kanak. Penelitian menunjukkan bahwa semakin dini miopia berkembang, semakin buruk kondisinya di kemudian hari. Disebutkan bahwa tingkat pertumbuhan miopia pada anak-anak mungkin terkait dengan faktor genetik dan gaya hidup seperti:

  • Waktu yang dihabiskan untuk belajar
  • Waktu yang dihabiskan di dalam ruangan vs di luar ruangan
  • Waktu yang dihabiskan untuk melakukan pekerjaan dekat

Miopi dapat dideteksi pada pemeriksaan mata anak Anda dan dapat diatasi dengan kontrol miopi. Miopi cenderung stabil pada usia dewasa awal. Pasien miopi mungkin menemukan bahwa penglihatan mereka telah stabil di usia awal 20-an. Beberapa orang mungkin mengacaukan hal ini dengan miopi yang membaik seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Benarkah Rokok dan Vape Bisa Merusak Penglihatan Anda?

Alasan di balik stabilisasi ini kemungkinan besar terkait dengan terhentinya pertumbuhan mata. Beberapa orang menyadari adanya perubahan pada penglihatan rabun mereka setelah melewati usia 40 tahun, tetapi biasanya tidak menjadi lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa hasil penglihatan untuk pasien rabun jauh yang berusia lebih tua cenderung lebih buruk.

Namun, ada beberapa kasus miopi yang tercatat menurun di atas usia 40 atau 50 tahun. Sayangnya, hal ini biasanya lebih berkaitan dengan perkembangan katarak atau timbulnya presbiopi daripada berkurangnya miopi. Memburuknya hipermetropi (atau rabun dekat) dapat disalahartikan sebagai berkurangnya miopi, tetapi ini hanyalah indikator masalah penglihatan yang berbeda.

Apakah Rabun Jauh Dapat Membaik Seiring Bertambahnya Usia?

Secara umum, jawaban untuk pertanyaan ini adalah tidak. Rabun jauh, atau secara teknis disebut miopia, tidak akan membaik seiring bertambahnya usia. Ketika seorang anak menderita rabun jauh, kondisinya biasanya cenderung memburuk dan akan membaik ketika mereka berusia akhir remaja atau awal dua puluhan. Setelah itu, rabun jauh tidak bertambah parah, tetapi juga tidak membaik. Pada orang dewasa yang berusia 40 tahun atau lebih dan mengalami rabun jauh, kondisinya cenderung berkembang lebih lambat dibandingkan saat mereka masih anak-anak atau remaja. Meskipun demikian, kondisinya masih cenderung memburuk setiap tahunnya, sehingga kacamata atau lensa kontak merupakan pilihan terbaik untuk membantu memperbaiki penglihatan.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus, salah satunya adalah terapi Ortho-K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.