Klinik Mata Bekasi – Dunia medis terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah pada penanganan kelainan mata baik mata minus, rabun atau bahkan silinder. Jika dulu gangguan penglihatan tersebut hanya ditangani dengan penggunaan kacamata, namun sekarang sudah ada metode pengobatan yang lebih canggih salah satunya terapi Ortho K.

Ortho K atau singkatan dari Orthokeratologi merupakan perawatan non bedah dengan menggunakan lensa khusus yang disebut dengan Gas Permeable. Terapi ini bertujuan untuk membentuk kembali kornea untuk sehingga anda bisa melihat dengan lebih jelas tanpa menggunakan bantuan kacamata.

Mata merupakan salah satu organ vital manusia yang paling rawan. Tidak heran jika banyak yang takut jika matanya mengalami hal-hal yang tidak diinginkan termasuk takut salah memilih metode pengobatan jika terjadi masalah. Akan tetapi jika anda melakukan terapi Ortho K, tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena terapi ini aman dan tidak membahayakan mata anda.

Terapi Ortho K Sangat Aman dan Minim Efek Samping

Orthokeratologi merupakan terapi yang sangat aman. Walaupun terdapat berpotensi infeksi, akan tetapi resikonya sangatlah kecil. Resiko tersebut juga dapat dihindari dengan melakukan konsultasi secara berkala dengan dokter mata spesialis lensa kontak orthokeratologi ini. Material lensa orthokeratologi yang bersifat kaku dengan permeabilitas oksigen tinggi juga dapat mencegah penempelan bakteri ke permukaannya.

Salah satu efek samping yang mungkin ditimbulkan dari terapi Ortho K adalah terjadinya fluktuasi. Hal ini menimbulkan efek pandangan kabur setelah anda berhenti menggunakannya. Akan tetapi efek samping ini bisa anda cegah dengan melakukan konsultasi kepada dokter spesialis lensa kontak Ortho K.

Baca juga : Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Mata Minus (Ortho K)

Beberapa kasus yang pernah dialami oleh pasien Ortho K adalah munculnya infeksi atau peradangan pada mata. Akan tetapi anda tidak perlu terlalu khawatir karena ini mungkin efek mata yang baru pertama kali bersentuhan dengan benda asing seperti lensa kontak. Jika anda masih khawatir, bisa langsung konsultasi dengan dokter anda.

Terapi Ortho K tidak memberikan efek yang berarti untuk kondisi mata anda. Hal ini karena terapi yang digunakan hanya bersifat luar alias hanya menggunakan lensa kontak mata saja. Itu artinya jika anda merasakan sesuatu yang tidak nyaman, bisa langsung melepasnya dan semua akan kembali normal.

Ortho K Memiliki Banyak Manfaat

Terapi Ortho K atau orthokeratologi ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa membuat penglihatan anda menjadi semakin baik. Hal ini karena lensa konta gas permeable yang digunakan untuk terapi mampu mendatarkan kornea mata yang mengalami kelainan sehingga cahaya masuk ke mata bisa dibelokkan dengan baik. Hasilnya penglihatan anda akan semakin membaik.

Selain itu, terapi Ortho K juga bisa menurunkan angka minus mata atau bahkan menghambat penambahan angka mata minus terutama pada anak-anak jika dilakukan secara konsisten. Maka dari itu untuk anda yang sudah bosan menggunakan kacamata namun takut dengan prosedur operasi, terapi Ortho K bisa menjadi pilihan tepat.

Itulah informasi penting seputar terapi Ortho K yang perlu anda ketahui. Terapi Ortho K merupakan salah satu prosedur penanganan kelainan mata yang sangat aman karena hanya bekerja di luar tanpa merubah bentuk asli kornea mata anda. Terapi ini juga hanya bersifat sementara alias tidak permanen sehingga anda bisa berhenti kapanpun tanpa takut ada efek samping yang akan ditimbulkan.