Klinik Mata Bekasi – Ada berbagai makanan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan organ tubuh Anda. Salah satunya wortel. Dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi, wortel dipercaya bisa menjaga kesehatan mata Anda. Hal ini memang dibenarkan secara medis. Dokter sangat merekomendasikan konsumsi wortel sesuai anjuran untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Akan tetapi kemudian muncul pendapat kalau wortel bisa mengurangi minus pada mata. Apakah hal ini juga dibenarkan secara medis? Sudah tentu Anda tidak bisa menarik kesimpulan secara langsung. Dalam mengeluarkan pendapat medis, diperlukan pendapat para ahli yang berdasarkan analisa. Pasalnya pendapat biasa tidak bisa dijadikan landasan.

Kami sangat yakin diantara Anda semua juga ada yang pernah mendengar pendapat satu ini. Lantas bagaimana? Apakah kita harus percaya? Atau kita harus menghindarinya? Tentunya paparan di bawah ini akan sangat membantu Anda untuk memutuskan langkah yang tepat. Tapi tetap saja, konsultasikan semuanya pada dokter ahli jika memang terdapat gangguan pada penglihatan Anda.

Mengapa Wortel Selalu Dikaitkan dengan Kesehatan Mata?

Tidak bisa dipungkiri, wortel memang memiliki kandungan gizi yang melimpah. Banyak diantara kandungan tersebut yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Salah satunya adalah Vitamin A. Meskipun begitu ada beberapa kandungan lain dari wortel yang tidak kalah bermanfaat untuk tubuh. Menurut penelitian wortel ini memang sangat bermanfaat.

Kandungan lain dalam wortel yang diketahui sejauh ini adalah kalori, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor dan protein.  Sedang untuk kapasitas terbanyak, wortel ini memiliki kandungan vitamin A sebanyak 12.000 IU. Karena kandungan vitamin A yang sangat tinggi inilah maka wortel dianggap baik untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga : Apa Itu Lazy Eyes (Amblyopia)?

Diketahui vitamin A ini bisa mencegah kekeringan yang terjadi pada kornea mata Anda. Kekeringan ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata Anda. Terlebih lagi, vitamin A ini sudah terbukti bisa mencegah radikal bebas yang sangat berbahaya terhadap sel retina dan lensa mata. Radikal bebas ini bisa menurunkan penglihatan secara tajam jika dibiarkan lama.

Selain itu, wortel juga diketahui mengandung Lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah penyakit mata AMD. Terlebih di dalamnya ada kandungan beta karoten yang sangat tinggi. Kandungan beta karoten ini bisa membuat kadar vitamin A menjadi jauh lebih meningkat dan membuat penglihatan Anda semakin baik saja jika dikonsumsi dalam kadar yang tepat.

Apakah Wortel Bisa Mengatasi Mata Minus?

Melihat fakta-fakta diatas, apakah lantas wortel ini berkhasiat untuk mengatasi mata minus? Jawabannya ternyata tidak! Jika dikatakan wortel ini baik untuk kesehatan mata, hal tersebut tentunya benar. Tapi jika dikatakan wortel bisa membantu mengatasi mata minus, hal ini tidak ada landasan medisnya. Wortel ini sangat baik untuk mata, namun tidak ada landasan yang menyatakan kalau wortel ini bisa mengatasi mata minus.

Pasalnya mata minus ini dipicu oleh bentuk bol mata yang lebih panjang dari umumnya. Sedangkan kandungan yang ada di dalam wortel itu sendiri tidak ada yang bisa merubah bentuk bola mata Anda. Tapi Anda bisa tetap mengkonsumsi wortel untuk menjaga kesehatan mata Anda dan mencegah supaya tingkat minus pada mata tidak semakin bertambah.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Pastikan Anda senantiasa mencari fakta terlebih dahulu jika Anda menemukan sebuah pendapat tentang kesehatan. Jangan lantas percaya tanpa landasan yang akurat dan bisa dipercaya. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi terhadap dokter ahli jika terdapat hal yang tidak Anda pahami.