Klinik Mata Bekasi – Rabun jauh dan mata malas bukanlah hal yang sama. Meskipun keduanya dapat menyebabkan gejala yang serupa (mata juling dan penglihatan kabur), setiap masalah mempengaruhi mata Anda secara berbeda. Dan masing-masing memiliki pilihan pengobatan yang berbeda, seperti rabun jauh akan membutuhkan terapi mata minus misalnya Ortho K yang paling sering dibutuhkan akhir-akhir ini. Rabun jauh dapat (jarang) menyebabkan mata malas pada beberapa orang. Ada beberapa kemungkinan penyebab lainnya. Penyebab ambliopi dan miopi juga berbeda.

Rabun Jauh

Rabun jauh adalah jenis kelainan refraksi – masalah umum pada cara cahaya difokuskan di dalam mata. Istilah medis untuk rabun jauh adalah miopia. Ketika seseorang mengalami rabun jauh, bentuk bola mata, kornea, atau lensa menyebabkan cahaya terfokus terlalu jauh di depan retina. Retina adalah lapisan tipis di bagian belakang mata yang mengirim dan menerima sinyal cahaya dari dunia luar. Ketika cahaya berfokus terlalu jauh di depan retina, hal ini membuat benda-benda yang dekat terlihat lebih jelas daripada benda-benda yang buram di kejauhan.

Kacamata resep dan lensa kontak adalah alat yang paling umum digunakan untuk membantu penderita rabun jauh melihat dengan jelas. Operasi mata seperti LASIK juga dapat membantu, tetapi biasanya tidak direkomendasikan sampai seseorang berusia minimal 18 hingga 21 tahun. Rabun jauh tingkat tinggi yang disebut miopia tinggi, atau miopia patologis, dapat membuat seseorang berisiko lebih tinggi mengalami masalah mata yang serius saat usia bertambah. Biasanya disebabkan oleh rabun jauh yang dimulai sejak dini, kemudian memburuk selama masa kanak-kanak dan remaja.

Ada beberapa pilihan berbeda yang tersedia untuk membantu mengendalikan rabun jauh pada anak. Jika rabun jauh terkontrol, mereka akan memiliki peluang lebih tinggi untuk mempertahankan penglihatan yang sehat seiring bertambahnya usia.

Mata Malas (Lazy Eye)

Mata malas (juga disebut ambliopia, istilah medis untuk mata malas) adalah gangguan perkembangan penglihatan yang menyebabkan mata tidak dapat mencapai ketajaman penglihatan yang normal, bahkan dengan kacamata atau lensa kontak. Mata malas terjadi sejak dini dan dapat mencegah anak Anda mengembangkan ketajaman penglihatan yang normal pada mata yang terkena. Untungnya, terdapat pengobatan untuk penyebab mata malas. Jika terdeteksi dan diobati sejak dini, penglihatan yang buruk akibat mata malas dapat dihindari. Ambliopia biasanya dimulai pada masa bayi dan anak usia dini.

Baca Juga: Kiat untuk Persiapan dan Pemulihan: Mengurangi Risiko Operasi Katarak

Jika mata malas terdeteksi sejak dini dan segera diobati, penurunan penglihatan dapat dihindari. Namun, mata malas yang tidak diobati dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen pada mata yang terkena. Mata malas, di sisi lain, bukanlah kelainan refraksi. Mata malas adalah kondisi medis yang biasanya hanya memengaruhi satu mata. Ketika seseorang dengan mata malas melihat lurus ke depan, mata yang terkena akan terlihat seperti melayang ke satu sisi. Hal ini terjadi ketika otak mulai memihak pada satu mata dan semakin sulit bagi kedua mata untuk bekerja sama sebagai sebuah tim.

Gejala Umum

Tindakan menyipitkan mata adalah hal yang umum terjadi pada rabun jauh dan mata malas, tetapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa anak-anak menyipitkan mata.  Ketika seseorang menyipitkan mata, mereka menggunakan kelopak matanya untuk mengurangi cahaya yang masuk dan secara fisik mengubah bentuk mata. Ketika bentuk mata berubah, cahaya dapat fokus pada bagian kanan retina. Tetapi menyipitkan mata adalah solusi cepat, bukan solusi jangka panjang.

Penglihatan buram tidak hanya akan kembali lagi segera setelah Anda berhenti, tetapi terlalu sering menyipitkan mata juga dapat menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan. Solusi jangka panjang untuk mengobati rabun jauh adalah dengan memberikan terapi mata minus pada pasiennya dan memberikan vision therapy untuk pasien mata malas.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.