VIO OPTICAL – Mata minus merupakan kelainan refraksi mata yang membuat penderitanya tidak bisa melihat secara jelas dari jarak jauh. Dimana mereka memiliki penglihatan yang kabur, buram dan tidak jelas ketika melihat benda dari jarak yang jauh. Kondisi mata minus bisa dialami sejak kecil dengan gejala paling umum penglihatan yang kabur. Untuk membantu penderita mata minus bisa melihat dengan jelas, umumnya digunakan kacamata resep. Meski begitu, tidak sedikit orang yang ingin memiliki penglihatan jelas tanpa perlu bergantung dengan kacamata. Lalu apakah mata minus bisa disembuhkan? simak penjelasannya pada pembahasan berikut.

Kenali Kondisi Mata Minus

Mata minus dalam dunia medis juga dikenal dengan istilah myopia, dimana penderitanya akan kesulitan untuk melihat objek yang berada pada jarak yang jauh. Objek tersebut akan nampak kabur, sedangkan untuk objek yang berada dekat bisa terlihat dengan jelas. Kondisi kelainan refraksi mata minus ini paling umum terjadi di pada usia anak-anak dan remaja. Dimana mata minus bisa berupa mata minus ringan hingga mata minus berat. Ketika kondisi mata minus termasuk dalam kategori mata minus berat, maka sangat rentan terhadap gangguan kesehatan mata lainnya.

Mata minus bisa berkembang dan bertambah tingkat minusnya seiring berjalannya waktu. Resiko bertambahnya minus semakin meningkat bila tidak dibarengi dengan perawatan serta penerapan kebiasaan baik yang berhubungan dengan visual. Penyebab utama dari kondisi mata minus yaitu genetik atau keturunan dan faktor gaya hidup. Seperti misalnya kebiasaan kurang baik yang dilakukan ketika beraktivitas dengan visual. Contohnya melihat objek dengan jarak yang terlalu dekat seperti buku dan komputer dalam waktu yang lama. Kemudian kebiasaan memainkan gadget dalam waktu lama serta posisi membaca ataupun belajar yang kurang tepat.

Apakah Mata Minus Bisa Sembuh?

Meski belum ada obat yang mampu untuk menyembuhkan mata minus, namun ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghambat serta menghentikan perkembangannya. Mata minus sendiri bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu kelainan refraksi mata. Dimana kelainan ini disebabkan oleh bola mata yang tumbuh terlalu panjang. Akibatnya sinar cahaya terfokus pada titik didepan retina, dimana seharusnya sinar cahaya tersebut terfokus tepat secara langsung pada retina. Hal inilah yang kemudian menyebabkan penglihatan kabur ketika anda melihat benda dengan jarak yang jauh.

Baca Juga: Tips Mengobati Mata Minus Tanpa Operasi

Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan sebagai manajemen mata minus serta pengendalian mata minus. Metode perawatan tersebut bisa disesuaikan dengan usia serta tahap perkembangan mata minus. Melakukan metode perawatan mata minus sangatlah penting untuk mencegah berkembangnya kondisi mata minus yang semakin parah. Beberapa metode yang dapat membantu menghambat serta menghentikan perkembangan mata minus meliputi:

1.     Lensa korektif

Lensa korektif seperti halnya kacamata atau lensa kontak, merupakan metode paling umum yang digunakan untuk mengoreksi mata minus. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis lensa apa yang cocok dan sesuai dengan kondisi mata minus anda. Dimana, dokter mata bisa membantu anda dalam menentukan resep lacamata yang diperlukan untuk mengoreksi penglihatan anda. Kesesuaian resep kacamata ini sangat penting, untuk mencegah mata minus semakin memburuk.

2.     Prosedur orthokeratology

Orthokeratology merupakan prosedur non bedah yang digunakan untuk koreksi penglihatan dengan memasang lensa kontak permeabel gas. Dimana lensa tersebut dirancang secara khusus atau yang juga disebut dengan istilah lensa ortho-k, yang digunakan untuk pemakaian semalaman. Lensa ortho-k membentuk dan memperbaiki kornea saat tidur. Dan ketika anda bangun, maka anda bisa melihat dengan lebih jelas tanpa harus menggunakan kacamata atau lensa kontak.

3.     Tetes mata atropin

Tetes mata atropin ini secara signifikan dapat memperlambat perkembangan mata minus pada anak-anak.  Meski begitu, ada kemungkinan masih diperlukan pemakaian kacamata atau lensa kontak.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.