Klinik Mata Bekasi – Ketidaksejajaran ini bisa terjadi secara konstan, atau kadang-kadang muncul. Mata juling biasanya terlihat pada anak-anak tetapi dapat juga terjadi pada orang dewasa. Sebagian besar juling pada anak kecil dapat dikaitkan dengan penglihatan yang lemah. Mata juling yang terjadi pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh penyebab sekunder seperti trauma, lesi di otak, menatap layar komputer selama berjam-jam, dan lain-lain, dan penanganannya pada klinik gangguan mata berbeda dengan yang terjadi pada anak-anak.

Biasanya, anak-anak dengan juling belajar untuk menekan gambar dari mata yang menyimpang, sementara orang dewasa melaporkan penglihatan ganda atau diplopia. Banyak orang mengira bahwa mata juling adalah kondisi permanen dan tidak dapat dikoreksi. Namun, sebenarnya mata juling dapat diluruskan pada usia berapa pun.

Apa yang Dimaksud dengan Mata Juling?

Mata juling atau strabismus adalah kondisi umum pada anak-anak di mana mata mengarah ke arah yang berbeda. Pada mata juling, ketika satu mata melihat lurus, mata lainnya dapat berputar ke dalam, ke luar, ke atas atau ke bawah. Mata juling juga dikenal sebagai strabismus, yaitu mata yang tidak sejajar dengan arah yang sama. Sebagian besar anak-anak terkena dampak mata juling, dan dapat bersifat konstan atau terputus-putus, tetapi dapat terjadi pada semua usia. Mata juling dapat terjadi hanya sebagian waktu, pada salah satu mata atau bergantian di antara kedua mata. Mata juling bisa masuk ke dalam (konvergen), keluar (divergen), atau terkadang naik atau turun.

Penyebab

Kami tidak tahu persis apa yang menyebabkan juling, tetapi ketidakseimbangan otot mata dapat disebabkan oleh penurunan penglihatan pada salah satu mata atau kelainan pada suplai saraf. Jika juling dikaitkan dengan penglihatan yang buruk, atau amblyopia, maka penglihatan harus dikoreksi dengan terapi ambliopia.

Bagaimana dengan Mata Juling pada Masa Kanak-Kanak?

Jika juling dicurigai, maka perlu dilakukan evaluasi sedini mungkin pada bayi. Kadang-kadang, “Pseudo Squint” dapat terjadi karena adanya jarak yang lebar di antara kedua mata, batang hidung yang rata di mana mata tampak tidak sejajar tetapi sebenarnya tidak juling. Penyebabnya adalah:

  • Mata juling bawaan – Anak-anak ini terlahir dengan mata juling meskipun mungkin tidak terlihat jelas selama beberapa minggu. Riwayat keluarga yang kuat bisa jadi ada, pada semua anak, penglihatan dan kebutuhan akan kacamata harus dinilai.
  • Rabun Jauh atau Hipermetropi- Karena anak tidak dapat fokus dengan baik, ia harus melakukan usaha ekstra untuk fokus, yang dapat menyebabkan penglihatan ganda. Untuk menghindari hal ini, bayangan pada satu mata ditekan secara tidak sadar dan pada gilirannya, anak menghindari penggunaan mata tersebut. Jika tidak diobati, tidak hanya mata yang menyimpang, tetapi juga menjadi mata malas (Amblyopia).
  • Penyakit pada masa kanak-kanak – Mata juling juga dapat terjadi karena demam virus, campak, meningitis, dan lain-lain.
  • Cedera pada saraf
  • Keturunan

Baca Juga: Jadwal yang Tepat untuk Pemeriksaan Mata Anak dan Pentingnya Deteksi Dini

Apakah Mata Juling Hanya Masalah Secara Visual Saja?

Tidak selalu. Mata juling dapat dikaitkan dengan penurunan penglihatan atau diplopia (penglihatan ganda). Hilangnya penglihatan binokular (kemampuan untuk menggunakan kedua mata secara bersamaan) dapat menyebabkan hilangnya stereopsis (persepsi kedalaman) dan lapang pandang perifer.

Bagaimana Cara Mengetahui Mata Juling?

Mata juling dinilai dengan berbagai tes ortopedi, yang bertujuan untuk:

  • Menentukan jumlah dan jenis mata juling
  • Menilai seberapa baik Anak/Dewasa dapat melihat = pembiasan
  • Tes untuk Penglihatan Binokular di klinik gangguan mata
  • Pemeriksaan fundus termasuk pola fiksasi

Apakah Meluruskan Mata Setelah Bertahun-Tahun Akan Menyebabkan Saya Melihat Ganda?

Penglihatan ganda dapat terjadi setelah meluruskan mata yang tidak sejajar selama bertahun-tahun. Namun, umumnya hal ini merupakan masalah sementara, yang hanya berlangsung beberapa minggu sampai otak beradaptasi dengan posisi mata yang baru.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.