Klinik Mata Bekasi – Ortho K atau Orthokeratology adalah vision therapy baru dan canggih yang dapat mengobati beberapa kondisi mata. Lensa Ortho K adalah lensa kontak khusus yang bersifat gas-permeabel. Tidak seperti lensa kontak biasa, lensa Ortho K bekerja dengan cara memodifikasi permukaan depan mata, yaitu kornea. Dengan cara yang mirip dengan kawat gigi ortodontik, lensa Ortho K secara bertahap membentuk ulang lapisan kornea untuk mengubah penglihatan.

Apa yang Bisa Ditangani dengan Orthokeratology?

Anda dapat melihat peningkatan penglihatan pada kondisi mata berikut ini dengan Orthokeratology. Lensa kontak Ortho K menghilangkan kebutuhan untuk memakai lensa kontak siang hari. Hasilnya, Anda dapat menikmati penglihatan yang jernih di siang hari tanpa harus memakai lensa korektif.

Miopi

Rabun jauh atau miopi adalah kondisi di mana penderitanya tidak dapat melihat gambar yang jauh. Perawatan pembentukan penglihatan ini merupakan alternatif yang efektif untuk kacamata konvensional yang hanya membantu Anda melihat tetapi tidak memperbaiki kondisi mata. Selain itu, banyak juga yang memilih untuk menjalani prosedur bedah yang lebih invasif seperti LASIK dan PRK untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik.

Menggunakan lensa Ortho K sejak usia dini dapat membantu mengoreksi kelainan refraksi pada anak-anak. Terapi non-intervensi ini telah terbukti bermanfaat bagi orang tua dan anak-anak yang memiliki kepatuhan yang baik terhadap terapi ini. Tujuan utama penggunaan lensa Ortho K adalah untuk mengoreksi rabun jauh. Namun demikian, dalam beberapa kasus, Ortho K juga dapat membantu mengoreksi rabun dekat.

Presbiopi

Presbiopi adalah ketika orang dewasa muda atau paruh baya tidak dapat fokus pada benda-benda yang dekat. Ortokeratologi dalam beberapa kasus dapat adalah vision therapy yang bisa membantu mereka yang menderita presbiopi.

Silindris

Lensa Toric Ortho K juga dapat mengoreksi astigmatisme (penglihatan kabur), yang sering dikaitkan dengan miopi. Menurut sebuah penelitian, lensa yang dirancang khusus ini secara langsung memengaruhi kornea (pemanjangan aksial), yang dapat membantu memperbaiki astigmatisme pada anak-anak rabun.

Bagaimana Cara Kerja Lensa Ortokeratologi?

Mata mengidentifikasi objek dengan memfokuskan cahaya pada retina. Mata Anda memiliki lapisan luar transparan yang dikenal sebagai kornea. Jaringan kornea bersifat fleksibel dan memfokuskan cahaya pada retina. Bentuk kornea yang kurang optimal akan menyebabkan penglihatan yang lemah. Tidak seperti lensa kontak lunak pada umumnya, lensa Ortho K adalah lensa yang kaku dan kokoh yang dapat ditembus kaca yang meratakan kornea Anda. Lensa ini secara efektif merupakan lensa pembentuk ulang yang berfungsi untuk mengubah bentuk kornea Anda secara sementara.

Baca Juga: Menyesuaikan Diri dengan Aktivitas Sehari-Hari Saat Mengalami Low Vision

Tidak seperti lensa kontak biasa, lensa Ortho k harus dipakai semalaman dan dilepas di pagi hari. Lensa kontak khusus ini dapat memperbaiki penglihatan Anda dengan membentuk ulang kornea Anda pada malam hari, sementara kornea tetap berada pada posisi yang baru dan rata sepanjang hari.

Apakah Lensa Orthokeratology Membawa Perubahan Permanen pada Mata?

Pasien harus memakainya di malam hari untuk mempertahankan penglihatan yang baik sepanjang hari. Satu-satunya perbedaan adalah terapi reflektif sementara kornea ini dapat mempertahankan efeknya hingga dua hari setelah pemakaian semalaman, sedangkan kacamata harus dipakai selama 24 jam sehari. Ortokeratologi dapat menghentikan perkembangan miopia, terutama pada anak-anak dengan masalah penglihatan yang baru didiagnosis.

Namun, hal ini tetap membutuhkan kepatuhan yang baik dan pemakaian lensa yang tepat sepanjang malam. Pasien harus terus memakai lensa selama beberapa minggu atau lebih lama agar hasil yang nyata mulai terlihat. Beberapa pasien dapat merasakan penurunan gangguan penglihatan dalam beberapa hari, dan efek penuhnya membutuhkan waktu hingga empat minggu.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.