Apakah lensa kontak itu baik untuk anak-anak?

Lensa kontak bisa memberikan beberapa manfaat dibandingkan dengan alat bantu penglihatan lainnya. Tapi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para orang tua adalah, “Pada usia berapakah anak saya sudah diperbolehkan menggunakan lensa kontak?”

Secara fisik, mata anak anda bisa mentolerir lensa kontak pada usia yang sangat muda. Bahkan beberapa bayi menggunakan lensa kontak karena kondisi mata tertentu saat lahir. Penelitan baru-baru ini yang melibatkan penggunaan lensa kontak pada anak yang menderita rabun dekat (mata minus) usia 8-11 tahun dengan lensa kontak sehari sekali pakai, 90% tidak mengalami masalah dalam memakai dan melepaskan lensa kontak-nya tanpa ada dampingan orang tua.

Masalah kedewasaan

Pertanyaan yang penting untuk orang tua adalah sudah dewasakah anak anda untuk memasang, melepas, dan merawat lensa kontak mereka. Anda bisa mendapatkan petunjuknya dari bagaimana mereka diberikan tanggung jawab di rumah. Jika anak anda memiliki kebiasan buruk dan harus sering diperingatkan terus dalam melakukan pekerjaan rumah, kemungkinan mereka masih belum siap untuk diberikan tanggung jawab dalam merawat lensa kontak. Tapi jika mereka teliti dalam menangani hal-hal dengan baik, mereka bisa menjadi kandidat yang baik untuk memakai lensa kontak, berapapun usia mereka.

Lensa kontak untuk berolahraga

Banyak anak yang aktif dalam bidang olahraga. Lensa kontak memberikan banyak keuntungan daripada kacamata untuk aktivitas mereka. Lensa kontak tidak berkabut, diliputi keringat, dan jatuh seperti kacamataLensa kontak memberikan pandangan tepi yang baik daripada kacamata, yang lebih baik digunakan untuk hampir semua olahraga. Bahkan ada lensa kontak yang dibuat khusus untuk membantu anak anda melihat bola lebih mudah.

Untuk olahraga, lensa kontak yang lembut dan tipis merupakan pilihan yang terbaik. Mereka lebih besar dan lebih pas jaraknya dengan mata dibandingkan dengan lensa RGP (Rigid Gas Permeable), jadi hampir tidak ada kesempatan lensa kontak tersebut bisa lepas atau terjatuh.

Mengontrol miopi (mata minus) dan astigmatisma (mata silinder)

Jika anak anda menderita rabun dekat, lensa kontak RGP bisa jadi pilihan yang tepat. Lensa kontak RGP lebih tahan lama dan memberikan pandangan yang lebih tajam dari pada softlens.

Di Vio Optical Clinic, melayani Terapi Mata Minus untuk anak dengan menggunakan lensa kontak RGP dinamakan Orthokeratology. Jadi, terapi mata minus ini bertujuan untuk mengontrol miopi pada anak dan menstabilkan ukuran mata minus mereka, serta mencegah kenaikan mata minus. Lensa kontak RGP ini dipergunakan saat malam hari atau tidur karena pada saat anak tidur, lensa kontak ini bekerja secara maksimal membentuk ulang kornea mata mereka. Dengan terapi mata minus ini juga, membantu menghilangkan ketergantungan anak pada kacamataatau softlens.

Kacamata masih diperlukan

Jika anak anda memilih untuk memakai lensa kontak, mereka masih membutuhkan sepasang kacamata dengan ukuran ter-update. Lensa kontak yang dipakai seharian harus dilepas setidaknya satu jam sebelum tidur untuk membiarkan mata anak anda “bernafas”. Suatu saat anak anda nanti juga membutuhkan kacamata dibandingkan lensa kontakLensa kontak juga harus segera dilepaskan jika mengakibatkan mata merah pada anak.

Jangan memaksakan anak anda untuk memakai lensa kontak

Motivasi merupakan faktor terpenting untuk menentukan apakah anak anda menjadi pengguna lensa kontak yang baik atau tidak. Jika anda menggunakan lensa kontak dan menyukainya, bukan berarti hal ini juga harus diterapkan kepada anak anda. Beberapa anak lebih menyukai menggunakan kacamata daripada lensa kontak.

Kadang-kadang hanya masalah waktu. Anak-anak bisa saja tidak mau memakai lensa kontak, tapi setahun atau dua tahun kemudian mereka mau.

Jika Anda masih bingung untuk menentukan manakah yang terbaik bagi Anak anda gunakan.. Sebaiknya Anda harus mengunjungi dokter mata. Dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata menyeluruh bagi mata anak Anda dan mengevaluasi kondisi matanya sehingga bisa ditemukan solusi apakah Anak Anda harus menggunakan lensa kontak ataupun kacamata.

Atau Anda bisa menghubungi VIO Optical Clinic di;

021-29475974 / 089502092881 / Line: vioclinic

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi