Klinik Mata Jakarta – Pernahkah Anda mengalami pusing yang ekstrem (vertigo) sepanjang hari? Beberapa orang menderita pusing secara teratur, merasa seolah-olah segala sesuatu di sekelilingnya berputar dan tanah di bawahnya bergerak. Rasa pusing ini sering kali disertai dengan rasa mual dan pandangan kabur, sehingga mereka sulit melakukan apa pun sepanjang hari, termasuk pergi bekerja.

Sering kali, orang yang mengalami gejala-gejala yang melemahkan ini diberitahu bahwa mereka mengalami Migrain Vestibular atau Vertigo Terkait Migrain. Bahkan tidak jarang orang yang mengalami penglihatan kabur akan terlebih dahulu pergi ke eyecare terbaik seperti VIO OPTICAL untuk mengatasinya, namun ternyata permasalahannya lebih dari itu.

Mereka mencoba segala cara untuk mengatasi gejala dan kondisinya, termasuk minum obat, mengubah pola makan, menambah waktu tidur setiap malam, menghilangkan kafein, memasukkan olahraga ke dalam rutinitas harian, dan mengelola stres. Namun, beberapa orang masih mengalami gejala meskipun telah melakukan upaya-upaya tersebut.

Mungkinkah Mata Anda Menyebabkan Vertigo?

Meskipun banyak orang yang mengalami sakit kepala dan pusing diberitahu bahwa penyebabnya adalah migrain vestibular, kondisi ini hanya mempengaruhi sebagian orang. Jika Anda adalah orang yang menderita sakit kepala, pusing, dan mual sepanjang hari, kemungkinan besar Anda mengalami Disfungsi Penglihatan Binokular. Disfungsi Penglihatan Binokular adalah suatu kondisi di mana mata tidak bekerja sama untuk menciptakan satu gambar yang jelas. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa, meskipun memiliki dua mata, Anda hanya melihat satu gambar? Hal ini karena otak kita mampu mengubah dua gambar yang terpisah menjadi satu gambar – juga dikenal sebagai penglihatan binokular.

Namun, hal ini hanya dapat bekerja ketika kedua mata sejajar dan banyak orang yang memiliki ketidaksejajaran yang sangat halus di antara kedua matanya. Akibat dari ketidaksejajaran ini, sekecil apa pun, berarti otak kita mengalami kesulitan untuk menciptakan satu gambar yang jelas. Hal ini menyebabkan ketegangan mata dan pusing, sakit kepala, penglihatan ganda, mual, dan berbagai gejala lainnya. Penyelarasan ulang hanya bersifat sementara dan ketidaksejajaran kemudian terulang kembali, yang kemudian diikuti dengan penyelarasan ulang.

Jadi, terjadi siklus ketidaksejajaran dan penyelarasan gambar yang terus menerus, yang membuat otak percaya bahwa segala sesuatunya bergerak, dan seperti yang dapat Anda bayangkan, hal ini sangat membebani otot-otot mata. Mata menjadi lelah dan sakit, yang dapat menyebabkan berbagai gejala yang tidak menyenangkan dan terkadang menyakitkan, seperti pusing akibat ketegangan mata, vertigo, sakit kepala, dan mual. Sehingga, menjaga kesehatan mata sangat penting untuk dilakukan, minimal dengan memeriksakan kondisi mata ke klinik mata terbaik seperti VIO OPTICAL setiap 6 bulan sekali.

Baca Juga: Memahami Penanganan yang Tepat untuk Anak-Anak yang Mengalami Lazy Eyes

Apa yang Menyebabkan Vertigo Visual?

Vertigo visual didefinisikan sebagai gangguan yang ditandai dengan gejala yang meliputi pusing, goyah, dan disorientasi, yang disebabkan oleh pemicu visual. Disfungsi Penglihatan Binokular dapat disebabkan oleh asimetri wajah Anda (di mana salah satu mata lebih tinggi daripada mata lainnya), kelainan saraf atau otot mata (kondisi umum yang dialami banyak orang sejak lahir), atau dapat terjadi akibat stroke, cedera otak, atau kelainan saraf yang serupa.

Apakah Masalah Mata Dapat Menyebabkan Vertigo?

Ya, semua jenis ketegangan atau masalah mata dapat menyebabkan vertigo (serta gejala neurologis lainnya). Hal ini karena masalah apa pun antara mata dan otak dapat menyebabkan pusing.

Apakah Ketegangan Mata Dapat Menyebabkan Vertigo?

Ya, ketegangan mata dapat dengan mudah menyebabkan vertigo. Ketika otot mata kita berulang kali bekerja untuk menyelaraskan dan mengoreksi diri, hal ini tidak hanya menyebabkan vertigo, tetapi juga rasa mual dan tidak seimbang.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.