Klinik Mata Bekasi – Mabuk perjalanan dapat membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan karena rasa mual, sakit kepala, dan pusing. Anda biasanya tidak akan mengunjungi klinik gangguan mata untuk mengatasi mabuk perjalanan, tetapi bisakah kondisi ini berhubungan dengan mata Anda? Jika Anda mengalami mabuk perjalanan, mungkinkah masalah mata menjadi penyebabnya?  Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang mabuk perjalanan, termasuk apakah masalah penglihatan dapat menyebabkan kondisi ini.

Apa itu Mabuk Perjalanan?

Jika Anda pernah bepergian dengan kapal atau mobil, Anda mungkin pernah mengalami mabuk kendaraan atau mabuk laut. Perasaan ini dapat membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan. Nama sebenarnya untuk kondisi ini adalah mabuk perjalanan.  Mabuk perjalanan adalah gangguan umum pada telinga bagian dalam yang disebabkan oleh gerakan yang berulang-ulang. Anda mungkin mengalami beberapa gejala saat mengalami mabuk perjalanan, termasuk:

  • Mengantuk
  • Ketidaknyamanan
  • Pusing
  • Air liur
  • Sakit kepala
  • Tidak enak badan
  • Mual
  • Sesak nafas
  • Berkeringat
  • Kegelisahan
  • Menguap

Meskipun sebagian besar kasus mabuk perjalanan tergolong ringan dan dapat ditangani, beberapa orang mungkin kesulitan melakukan perjalanan karena tingkat keparahan gejalanya.

Apa yang Menyebabkan Mabuk Perjalanan?

Anda merasakan gerakan melalui jalur sistem saraf yang berbeda di dalam tubuh Anda. Jalur ini meliputi telinga bagian dalam, mata, dan jaringan tubuh Anda. Terdapat koordinasi antara telinga bagian dalam, mata, dan jalur lainnya ketika Anda sengaja bergerak, seperti berjalan atau berlari. Mabuk perjalanan terjadi ketika sistem saraf pusat menerima pesan yang saling bertentangan dari sistem sensorik Anda. Sistem ini meliputi telinga bagian dalam, mata, reseptor tekanan kulit, serta reseptor otot dan sendi.

Ketika Anda bepergian, telinga Anda mungkin merasakan gerakan dari mobil (seperti ke atas, ke bawah, ke kiri, atau ke kanan), tetapi mata Anda melihat gambar yang statis seolah-olah tidak bergerak. Para ahli meyakini bahwa indera yang saling bertentangan ini menyebabkan mabuk perjalanan.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Hal ini Harus Dilakukan untuk Mengobati Mata Gatal

Menghindari dan Mencegah Mabuk Perjalanan

Gejala mabuk perjalanan biasanya mereda setelah Anda selesai bepergian, tetapi kasus yang lebih parah dapat berlangsung berhari-hari. Salah satu cara untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan mencegah timbulnya gejala. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  • Pejamkan mata Anda: Memejamkan mata dapat menghentikan pesan-pesan yang saling bertentangan dari mata dan telinga bagian dalam.
  • Mengunyah: Mengunyah permen karet atau makan camilan dapat mengurangi mabuk perjalanan ringan.
  • Udara segar: Membuka jendela dapat membuat udara segar masuk, sedikit mengurangi gejala mabuk perjalanan.
  • Obat-obatan: Mengonsumsi obat pencegah mabuk perjalanan dapat membantu sebelum Anda bepergian.
  • Posisi duduk yang optimal: Duduklah agar mata dapat melihat gerakan yang sama dengan yang dirasakan tubuh. Jangan pernah duduk membelakangi mobil atau kereta api, dan duduklah di dekat jendela jika memungkinkan untuk melihat ke luar.

Apakah Masalah Penglihatan dapat Menyebabkan Mabuk Perjalanan?

Meskipun mabuk perjalanan biasanya terjadi karena pesan yang saling bertentangan dari indera tubuh, beberapa masalah penglihatan dapat menyebabkan gejala seperti mabuk perjalanan. Masalah-masalah ini memengaruhi penglihatan binokular Anda: bagaimana mata Anda bekerja sama sebagai sebuah tim untuk menciptakan satu gambar visual. Masalah penglihatan binokular mempengaruhi hubungan antara mata dan otak.

  • Ketidakcukupan konvergensi terjadi karena komunikasi yang buruk antara saraf dan otot yang mengendalikan mata. Meskipun otot mata kuat dan sehat, namun saraf yang mengendalikan otot-otot ini tidak mengirimkan pesan yang tepat untuk menoleh dan melihat objek tertentu. Oleh karena itu, lebih baik Anda segera menanganinya dengan pergi ke klinik gangguan mata, bahkan saat ini jauh lebih mudah karena ada Ortho K untuk mengatasi mata minus.
  • Heteroforia vertikal adalah gangguan penglihatan di mana mata kesulitan untuk bekerja sama sebagai sebuah tim. Ketika mata tidak dapat bekerja sama dengan baik, terjadi ketidaksejajaran antara lapang pandang masing-masing mata.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.