Klinik Mata Bekasi – Mengemudi adalah bagian penting dalam hidup kita, yang menawarkan kebebasan dan kemandirian. Namun, agar dapat mengemudi dengan aman, penglihatan seseorang harus jelas. Sayangnya, katarak dapat mengganggu kejernihan tersebut. Formasi keruh pada lensa mata ini dapat menyebabkan penglihatan kabur, lingkaran cahaya, dan kesulitan dalam kondisi cahaya redup, sehingga pergi ke klinik mata adalah upaya terbaik yang bisa dilakukan agar bisa menjalani hari dengan penglihatan maksimal. Dalam artikel ini, akan membahas hubungan rumit antara katarak dan mengemudi, mulai dari memahami kondisi mata yang umum terjadi hingga dampak operasi katarak terhadap kemampuan mengemudi Anda.

Seperti Apa Penglihatan Seseorang yang Mengalami Katarak?

Katarak adalah kondisi mata yang berkaitan dengan usia dan berkembang secara bertahap. Katarak terjadi ketika lensa alami mata menjadi keruh, sehingga menghalangi jalannya cahaya dan menyebabkan masalah penglihatan. Pada awalnya, katarak dapat menyebabkan perubahan yang tidak kentara pada penglihatan, seperti peningkatan kepekaan terhadap silau, kesulitan membaca, dan perubahan persepsi warna. Tingkat keparahan katarak bervariasi, tetapi deteksi dini dan operasi katarak adalah kunci untuk mempertahankan penglihatan yang jelas dan menjaga kualitas hidup Anda. Jika Anda didiagnosis menderita katarak, bukan berarti Anda harus berhenti mengemudi.

Namun, katarak dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengemudi dengan aman jika Anda tidak dapat melihat dengan jelas lagi, terutama jika Anda menderita katarak pada kedua mata. College of Optometris baru-baru ini menerbitkan serangkaian gambar yang menunjukkan bagaimana kondisi mata yang umum, termasuk katarak, dapat memengaruhi penglihatan Anda saat mengemudi. Lingkungan sekitar tampak lebih redup dan kabur – seperti melihat melalui kaca depan mobil yang kotor – dan ada silau yang nyata (dan berpotensi berbahaya) dari lampu depan kendaraan lain.

Katarak sering kali semakin memburuk seiring berjalannya waktu, tetapi mata Anda akan melakukan yang terbaik untuk menyesuaikan diri dan mengimbanginya, sehingga Anda mungkin tidak menyadari betapa buruknya penglihatan Anda saat mengalaminya. Mengenali kapan Anda tidak aman untuk mengemudi dengan katarak sangat penting untuk keselamatan di jalan raya. Berikut ini adalah beberapa tanda utama bahwa Anda harus mempertimbangkan alat transportasi lain sampai katarak Anda diobati di klinik mata terbaik:

  • Penglihatan ganda
  • Silau yang parah
  • Gangguan Penglihatan yang Signifikan
  • Kesulitan Menavigasi Persimpangan

Mengenali rambu-rambu ini dan mengetahui kapan harus berhenti mengemudi demi alasan keselamatan sangatlah penting. Bagi mereka yang tidak boleh mengemudi karena katarak, tersedia pilihan transportasi alternatif, seperti menggunakan transportasi umum, layanan rideshare, atau mengandalkan bantuan teman dan keluarga.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mulai Mengalami Presbiopi?

Apakah Saya Masih Dapat Mengemudi dengan Katarak?

Pertanyaan yang sering muncul pada mereka yang terdiagnosis katarak adalah apakah mereka masih dapat mengemudi dengan kondisi tersebut. Jawabannya tergantung pada tingkat keparahan katarak dan kondisi Anda. Jika katarak Anda masih dalam tahap awal, Anda mungkin masih memenuhi persyaratan hukum untuk ketajaman penglihatan yang diperlukan untuk mengemudi. Namun demikian, Anda perlu melakukan pemeriksaan profesional untuk menentukan kelayakan penglihatan Anda untuk mengemudi. Dokter spesialis mata Anda dapat memberikan panduan berdasarkan tingkat katarak dan dampaknya terhadap penglihatan Anda.

Mengemudi dengan katarak stadium lanjut umumnya tidak dianjurkan karena penurunan penglihatan yang signifikan. Katarak yang parah dapat menyebabkan penglihatan ganda, silau yang hebat dari lampu depan, dan gangguan penglihatan yang signifikan, sehingga tidak aman bagi Anda dan pengguna jalan lainnya.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.