Klinik Mata Bekasi – Berapa banyak dari kita yang begadang sembari bermain smartphone? Jika Anda melakukan hal ini dalam kegelapan, Anda bisa mengacaukan penglihatan Anda. Perangkat digital juga dapat menyebabkan gangguan pada jadwal tidur Anda dan meningkatkan risiko masalah kesehatan tertentu; penyebabnya adalah cahaya biru. Cahaya biru, panjang gelombang tertentu dari cahaya LED yang dipancarkan oleh ponsel dan layar komputer kita, yang biasanya berwarna putih – mungkin tidak baik untuk kita. Hal itu memang benar. Inilah alasan mengapa jika sudah mulai merasakan gejala gangguan penglihatan lebih baik segera untuk melakukan vision therapy yang tepat.

Cahaya biru dianggap mengganggu melatonin pada tingkat yang lebih tinggi daripada panjang gelombang lainnya, yang pada gilirannya dapat mengacaukan ritme sirkadian kita. Ini bisa menjadi hal yang buruk, meskipun itu semua tergantung pada cara penggunaannya; cahaya biru juga dapat digunakan untuk mengobati disfungsi tidur. Intinya: melihat ponsel sebelum tidur dapat menghambat kemampuan Anda untuk tidur nyenyak. Tapi sepertinya Anda sudah tahu itu.

Apa yang Dimaksud dengan Cahaya Biru? Apa yang Membuatnya Menjadi Masalah?

Cahaya biru berasal dari spektrum cahaya penuh, sehingga Anda terpapar cahaya ini saat berada di luar ruangan untuk menjalani hari. Tetapi, ketika Anda berada di rumah – di malam hari, dalam kegelapan – ada tingkat cahaya biru yang tinggi yang dipancarkan dari perangkat digital Anda. Saat mata terpapar cahaya biru, retina akan mengalami kerusakan. Mata manusia mengalami kesulitan untuk memblokir cahaya biru. Sebaliknya, hampir semua cahaya melewati kornea dan lensa dan masuk ke retina di mana kerusakan terjadi. Faktanya, American Macular Degeneration Foundation menyatakan bahwa paparan cahaya biru dapat menyebabkan timbulnya degenerasi makula.

Selain itu, duduk di tempat tidur sambil memainkan ponsel Anda dapat menyebabkan ketegangan mata dan masalah penglihatan seperti mata kering, sensasi terbakar, penglihatan kabur, dan mata tegang. Dengan banyaknya orang yang menggunakan teknologi digital setiap hari, dokter mata dan dokter spesialis mata semakin sering mendengar keluhan-keluhan ini.

Pemakai Lensa Kontak dan Kacamata Mungkin Lebih Berisiko

Perlu juga diketahui bahwa orang yang memakai lensa korektif mungkin memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kerusakan. Mengenakan kacamata atau kontak memang merupakan vision therapy yang bisa membantu Anda melihat lebih jelas, tetapi kacamata atau lensa kontak tidak dirancang untuk kegiatan yang dilakukan pada tablet dan smartphone. Jika Anda menggunakan lensa korektif, disarankan agar Anda menggunakan kacamata komputer sebanyak mungkin saat menggunakan perangkat.

Baca Juga: Jangan Abaikan Penglihatan yang Menurun Jika Tidak Ingin Mengalami Low Vision

Ponsel dan masalah penglihatan

Rata-rata orang melihat ponsel mereka 150 kali atau lebih per hari. Semua tatapan dari penggunaan ponsel, penggunaan komputer, dan menonton TV yang sering dilakukan dapat menyebabkan ketegangan pada mata, sebuah masalah kesehatan mata yang, jika ditemukan dalam konteks ini, sering disebut Sindrom Penglihatan Komputer. Diperkirakan bahwa 2 dari setiap 3 orang Amerika akan mengalami ketegangan mata yang disebabkan oleh penggunaan telepon yang berlebihan. Sindrom penglihatan komputer dapat menyebabkan penglihatan kabur, mata kering, sakit mata, dan sakit kepala.

Mengambil Langkah untuk Mengurangi Kerusakan Mata

  • Hindari menggunakan perangkat digital di malam hari, dalam keadaan gelap
  • Batasi penggunaan perangkat digital di siang hari
  • Sering-seringlah beristirahat saat menggunakan komputer atau tablet
  • Beli kacamata komputer jika Anda memakai lensa korektif
  • Ciptakan ruangan yang nyaman tanpa silau
  • Kunjungi spesialis mata Anda secara teratur
  • Gunakan pengaturan ‘filter cahaya biru’ atau ‘shift malam’ jika ponsel Anda memilikinya

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.