Low Vision – Tidak dapat dipungkiri bahwa penglihatan memiliki peranan penting dalam kehidupan. Melalui indra penglihatan kita bisa melihat seluruh isi dunia. Ketika penglihatan mengalami masalah tentu berdampak pada kualitas kehidupan. Seperti permasalahan penglihatan rendah atau yang dikenal sebagai low vision, yaitu kehilangan penglihatan yang semakin memburuk jika tidak ditangani dengan baik. Ketika anda mengalami penglihatan yang buruk dan tidak bisa diperbaiki dengan optimal melalui penggunaan kacamata resep maupun lensa kontak, maka anda harus mewaspadai tanda low vision. Ketahui lebih lanjut mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan low vision berikut ini.

Definisi Low Vision

Low vision atau penglihatan rendah adalah kondisi di mana penglihatan seseorang mengalami penurunan kualitas. Pada umumnya, kondisi ini ditandai dengan menurunnya ketajaman visual seseorang, dimana penglihatan semakin menurun seiring berjalannya waktu. Meski penglihatan semakin menurun, low vision tidak termasuk kategori kebutaan total karena masih ada beberapa penglihatan yang tersisa walau terbatas. Low vision dapat diobati atau diimbangi dengan penggunaan alat bantu penglihatan untuk memaksimalkan kualitas penglihatan yang masih dimiliki.

Kondisi low vision dapat mencakup berbagai tingkat kehilangan penglihatan. Dimana seseorang mungkin memiliki titik buta atau kehilangan penglihatan atau ketajaman visual yang hampir terjadi secara total. Low vision bisa merupakan kehilangan penglihatan sentral, di mana seseorang memiliki titik buta di tengah bidang penglihatan. Kemudian kehilangan penglihatan perifer atau samping, dimana seseorang tidak dapat melihat apapun di kedua sisi atau di atas dan di bawah.

Selanjutnya ada kebutaan malam, dimana seseorang tidak dapat melihat dengan baik di tempat dengan penerangan redup atau cahaya yang sangat minim. Serta, penglihatan kabur dimana objek yang berada dekat dan jauh menjadi tidak fokus. Bahkan, seluruh bidang penglihatan akan nampak seperti tertutup oleh film atau silau. Penting sekali melakukan deteksi dini low vision untuk meminimalisir resikonya.

Baca Juga: Orthokeratology Solusi Miopia yang Lebih Efektif

Apa Penyebab Munculnya Low Vision?

Low vision bisa terjadi akibat dari berbagai kondisi dan cedera mata. Faktor usia juga dapat mempengaruhi munculnya low vision. Permasalahan mata seperti degenerasi makula menjadi penyebab utama terjadinya low vision yang dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Walau begitu, bukan berarti low vision tidak dialami oleh mereka yang masih muda. Selain kondisi degenerasi makula terkait usia, penyebab low vision lainnya meliputi:

  • Glukoma
  • Retinopati diabetik
  • Neuropati optik
  • Katarak
  • Kanker mata
  • Albinisme
  • Trauma mata
  • Cedera otak

Bagaimana Low Vision Didiagnosis?

Untuk diagnosis low vision, Anda memerlukan pemeriksaan mata komprehensif. Konsultasikan dengan dokter mata jika dijumpai beberapa masalah penglihatan yang dapat menghalangi Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Dokter mata akan menggunakan pencahayaan, kaca pembesar, dan grafik khusus untuk menguji ketajaman visual, persepsi kedalaman, dan bidang visual Anda. Dengan begitu kondisi kesehatan mata bisa diketahui dengan jelas dan akurat. Hal ini juga menjadi alternatif untuk mendeteksi dini risiko low vision. Sehingga, bisa mencegah kondisi yang semakin memburuk di kemudian hari.

Bisakah Low Vision Diobati?

Beberapa gangguan penglihatan, seperti misalnya retinopati diabetik, masih dapat diobati untuk memulihkan atau mempertahankan penglihatan yanmg tersisa. Namun, banyak orang dengan penglihatan rendah atau low vision yang menemukan bantuan visual dari alat bantu visual. Selain itu, Alat bantu non-optik yang juga dirancang secara khusus untuk pengidap low vision juga sangat membantu. Penting untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan mata pada dokter mata. sehingga, anda bisa melakukan pengobatan tepat ketika didiagnosis mengalami masalah kesehatan mata.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.