Klinik Mata Bekasi – Ortho K merupakan salah satu prosedur penanganan kelainan penglihatan dengan menggunakan lensa kontak khusus yang bernama Gas Permeable. Lensa ini bertugas untuk membentuk kembali permukaan kornea mata sehingga bisa melihat dengan lebih baik. Terapi ini tidak ada unsure pembedahan sehingga sangat aman dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Terapi Ortho K bisa digunakan untuk beberapa kelianan mata refraksi seperti mata minus, rabun juah dan juga silinder. Akan tetapi dari semua jenis kelainan mata di atas, orang dengan myopia atau rabun jauh ringan sampai sedang adalah kandidat terbaik untuk menggunakan terapi Ortho K ini.

Sampai saat ini belum ada batasan terkait usia pengguna Ortho K. Semua orang masih bisa menggunakannya. Akan tetapi anak-anak dan pasien dengan gangguan myopia masih menjadi yang paling direkomendasikan. Terapi ini bisa menjadi pilihan untuk anda yang tidak dapat menggunakan lensa kontak karena alergi, ketidaknyaman dan juga mata kering.

Anak-anak Sangat Direkomendasikan Untuk Menggunakan Terapi Ortho K

Terapi Ortho K bisa digunakan untuk semua penderita refraksi mata dalam segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang ingin melihat dengan lebih jelas. Lensa Ortho K ini bisa menjadi salah satu alternative untuk anda yang memiliki masalah penglihatan namun malas  menggunaka kacamata atau melakukan prosedur pembedahan seperti operasi lasik.

Semua  orang memang bisa menggunakan Ortho K ini, akan tetapi pasien anak-anak pasien anak-anak adalah salah satu yang sangat dirokemendasikan. Pertumbuhan penglihatan pada anak-anak masih bisa berubah-ubah hingga pada usia 20 tahun sehingga kemungkinan kelainan mata untuk bisa sembuh secara total akan semakin besar.

Baca juga : Bagaimana Cara Otho K Bekerja Mengurangi Mata Minus?

Pada anak-anak, terapi Ortho K secara efisien dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan miopi dan mata minus. Dengan menggunakan lensa kontak Ortho K, penebalan kacamata pada anak bisa dihentikan. Dalam beberapa penelitian, penggunaan lensa Ortho K juga bisa menurunkan angka minus bahkan dalam kasus yang begitu parah mata minus dan miopia bisa disembuhkan secara total.

Dibandingkan metode pengobatan lainnya seperti operasi Lasik, Ortho K lebih disarankan untuk anak-anak. Selain karena indra penglihatannya masih mudah berubah, Ortho K memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan prosedur lainnya. Ini untuk menghindari terjadinya kondisi yang semakin memburuk pada kelainan matanya.

Syarat Menggunakan Lensa Ortho K

Terapi Ortho K memang bisa dilakukan oleh siapa pun dalam rentang usia anak-anak hingga orang tua. Akan tetapi untuk bisa menggunakan Ortho K ini ada beberapa syarat yang harus anda penuhi. Salah satunya adalah pasien harus dipastikan memiliki kondisi mata yang sehat alias tidak ada cacat atau luka.

Lensa Ortho K juga tidak boleh dipakai sepanjang hari. Penggunaannya hanya diperuntukkan pada malam hari atau saat tidur dalam jangka waktu 6 sampai 8 jam. Setelah itu, pada keesokan harinya saat bangun tidur harus anda buka. Dari sini penglihatan anda akan langsung membaik walaupun tidak permanen.

Itulah ulasan lengkap  seputar terapi Ortho K yang perlu anda ketahui. Terapi Ortho K merupakan salah satu jenis prosedur pengobatan untuk kelainan mata dengan menggunakan lensa kontak khusus. Ortho K bisa dilakukan oleh siapapun yang membutuhkan dalam rentang usia berapapun. Akan tetapi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan serta penderita myopia ringan dan sedang lebih disarankan karena proses penyembuhan bisa lebih maksimal.