Orthokeratology – Penglihatan memang adalah hal yang penting di dalam hidup kita. Indera penglihatan mengambil peran penting hampir 80% bagi setiap orang dalam melakukan aktivitas. Tentunya, terjadinya masalah penglihatan berpengaruh terhadap aktivitas anda. Seringkali gangguan penglihatan dianggap mengganggu bahkan merugikan seseorang dalam menjalani aktivitas. Mata kabur dan buram akibat kesalahan refraksi seperti rabun jauh, akan mengganggu kenyamanan anda dalam beraktivitas. Umumnya, seseorang akan menggunakan lensa korektif seperti kacamata untuk membantu memperoleh penglihatan yang jelas. Namun, sekarang ini telah hadir sebuah metode revolusioner yang menguntungkan yaitu orthokeratology.

Apakah Orthokoeratology Itu?

Orthokeratology adalah sebuah lensa kontak permeabel gas yang dirancang khusus untuk dipakai di malam hari dalam mengatasi kesalahan bias. Orthokeratology atau yang seering disingkat dengan ortho-k adalah prosedur yang dapat dilakukan untuk koreksi kelainan penglihatan yang dialami seseorang. Lensa ini akan mengatasi masalah penglihatan seperti miopi, astigmatisme dan presbiopi dengan cara mengatur ulang bentuk kornea. Pembentukan ulang kornea ini dilakukan dengan memakai lensa khusus ortho-k yang nantinya akan mempengaruhi kelengkungan kornea. Teknologi terkait dengan ortho-k sudah diterapkan sejak tahun 1960an, namun, seiring dengan perkembangan teknologi, ortho-k juga mengalami perkembangan. Yang mana lensa ini sudah dimodifikasi lebih baik, dimana lensa kontak yang dipakai di masa sekarang ini lebih nyaman dan mata tetap mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

Bagaimana Cara Kerja Lensa Orthokeratology?

Prinsip kerja ortho-k sebenarnya hampir sama dengan prosedur operasi seperti LASIK dan lainnya. Dimana kedua prosedur ini sama-sama berkaitan dengan pembentukan atau modifikasi bentuk kornea pasien. Perbedaannya terletak pada langkah penerapannya, yang mana ortho-k tidak melalui proses bedah berbeda dengan operasi. Pada ortho-k, pasien cukup memakai lensa yang sudah disesuaikan di malam hari dan dilepas pada esok hari. Lensa ortho-k akan memberi penekanan dari luar pada kornea sehingga bentuk kornea berubah dengan perlahan sehingga kembali normal. Penggunaan lensa ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Keampuhan Ortho-K Mengatasi Masalah Astigmatisme dan Gangguan Penglihatan

Lensa ortho-k akan dikenakan saat tidur, lensa secara perlahan membentuk kembali permukaan depan mata atau kornea sehingga anda bisa melihat dengan jelas esok harinya. Secara umum, lensa ini dapat menghilangkan dan menghambat perkembangan miopi sampai. Prosedur bisa menjadi alternatif untuk anak-anak yang belum memenuhi syarat untuk melakukan operasi LASIK. Remaja sampai orang dewasa yang menderita miopi ringan sampai sedang baik dengan atau tanpa astigmatisme ring juga bisa memilih metode orthokeratology. Bahkan anda yang sering bekerja di lingkungan berdebu yang juga merupakan kandidat yang baik untuk menggunakan lensa ini.

Keunggulan Orthokeratology

Lensa orthokeratology dipercaya  cukup efektif apabila dipakai ketika mata terpejam. Lensa akan membentuk kornea mata agar kornea menjadi datar sehingga membantu proses bias cahaya yang sempurna. Selain anda dapat beraktifitas dengan nyaman tanpa bantuan kacamata dan lainnya, ortho-k juga sangat aman dan nyaman digunakan ketika tidur. Hal ini karena lensa ortho-k memiliki material dengan daya hantar oksigen yang sangat tinggi. Soal perawatan lensa, hampir sama dengan lensa kontak biasa yang harus dicuci setiap kali selesai dipakai. Namun perlu diperhatikan bahwa lensa ini perlu dibersihkan secara rutin dua bulan sekali menggunakan enzim untuk menghilangkan sisa protein dari air mata yang menumpuk.

Apabila anda membutuhkan lensa orthokeratology, Vio Optical Clinic adalah pilihan yang tepat untuk anda. Kami memiliki peralatan medis canggih yang lengkap didukung dengan staf profesional. Vio Optical Clinic memberikan layanan pemeriksaan secara menyeluruh untuk menentukan langkah yang tepat. Segera dapatkan layanan kesehatan mata profesional bersama Vio Optical Clinic dengan menghadapi kontak person kami.