Klinik Mata Bekasi – Pada suatu saat dalam hidup Anda, Anda mungkin pernah mendengar seseorang menyebut “mata dominan”, entah itu dalam lingkungan olahraga, klinik mata, atau situasi lainnya. Berlawanan dengan kepercayaan umum, mata dominan tidak selalu memiliki penglihatan yang lebih baik daripada mata non-dominan. Pada dasarnya, ini hanya berarti bahwa mata yang dominan menyampaikan informasi lebih akurat ke korteks visual otak Anda daripada mata yang lain.

Preferensi inilah yang menentukan dominasi mata, bukan ketajaman penglihatan masing-masing mata. Mata yang dominan memiliki lebih banyak koneksi saraf ke otak daripada mata yang tidak dominan. Hampir semua orang memiliki mata yang dominan, meskipun perbedaan antara kedua mata tidak terlalu mencolok. Ada juga yang berpendapat bahwa ada spektrum dominasi mata di antara orang-orang yang berbeda.

Sebagian orang memiliki satu mata yang hanya sedikit dominan, sementara yang lain memiliki satu mata yang sangat dominan di atas mata yang lain – yang mengarah ke berbagai masalah visual yang akan kita bahas nanti dalam artikel ini.

Cara Mengetahui Mata Mana yang Dominan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mata dominan Anda tidak selalu merupakan mata yang memiliki ketajaman penglihatan terbaik. Jadi, jika Anda memiliki resep kacamata dan mengetahui mata mana yang lebih lemah dan mana yang lebih kuat, hal itu belum tentu tercermin dalam dominasi. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menguji mata mana yang lebih dominan:

  • Pilihlah sesuatu untuk dilihat dari kejauhan – idealnya berjarak lima meter atau lebih. Contohnya bisa berupa jam atau tanda di dinding.
  • Angkat kedua tangan Anda ke depan. Tumpang tindih jari-jari Anda dan sejajarkan ibu jari Anda untuk membuat celah segitiga kecil di antara kedua tangan Anda.
  • Angkat tangan Anda dan fokuslah pada target yang terlihat melalui celah segitiga di tangan Anda. Anda seharusnya dapat melihat objek di celah ini.
  • Secara bergantian, tutuplah mata Anda sambil menjaga tangan Anda tetap pada posisi yang sama. Dengan satu mata, objek akan tetap terlihat melalui celah kecil di tangan Anda. Namun demikian, dengan mata yang lain tertutup, objek akan tampak seakan-akan bergeser dan tersembunyi dari pandangan Anda.

Hasilnya, mata yang terbuka dengan sendirinya dan memungkinkan Anda tetap dapat melihat objek, adalah mata dominan Anda. Mata yang terlihat seakan-akan objek telah bergeser dari pandangan, adalah mata Anda yang tidak dominan. Jika kedua mata yang ditutup tidak menghasilkan gambar di mana objek berada di tengah, Anda mungkin memiliki dominasi mata campuran.

Baca Juga: Apakah Terapi Mata Malas Efektif untuk Orang Dewasa?

Apakah Mata yang Sangat Dominan Dapat Menyebabkan Ambliopia?

Perbedaan antara mata dominan dan non-dominan pada kebanyakan orang tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. Namun, pada kasus-kasus di mana perbedaannya sangat mencolok, mata yang sangat dominan dapat menjadi pemicu kondisi visual lainnya. Contohnya adalah ambliopia dan strabismus, yang sebelumnya telah kami tulis di blog kami. Hal ini disebabkan karena satu mata mentransmisikan sinyal visual yang lebih kuat daripada mata lainnya, sehingga mata yang tidak dominan menjadi lebih lemah dari waktu ke waktu karena otak semakin jarang mengandalkan sinyal visualnya.

Fenomena ini dapat menyebabkan mata yang lebih lemah berputar ke arah luar atau ke dalam, sehingga Anda memiliki mata yang tidak sejajar. Kadang-kadang disebut “mata malas”, ambliopi pada tahap awal dapat diobati dengan pergi ke klinik mata. Hal ini sering dilakukan jika anak-anak memiliki satu mata yang sangat dominan, sehingga memaksa mereka untuk lebih mengandalkan mata yang lebih lemah. Namun, secara umum, mata dominan Anda seharusnya tidak terlalu memengaruhi penglihatan Anda sehari-hari. Selalu berguna untuk mengetahui mata mana yang dominan, terutama dalam hal olahraga dan fotografi, tetapi selama mata Anda sejajar dan penglihatan Anda baik, mata dominan Anda tidak akan berpengaruh besar.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.