Vio Optical Clinic – Sebagian besar dari kita akan mengalami beberapa efek presbiopi seiring bertambahnya usia. Ini adalah bagian normal dari proses penuaan dan gejala presbiopi berkembang secara bertahap seiring bertambahnya usia. Kebanyakan orang mulai menyadari adanya perubahan pada penglihatan dekat mereka sejak usia 40 tahun. Faktanya, istilah presbiopi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang berarti “mata tua”. Sebagai kondisi yang umum, presbiopi tidak perlu dikhawatirkan, dan mudah untuk mengatasi presbiopi sesuai dengan gaya hidup Anda. Atau apabila Anda ingin nyaman menjalani hidup Anda bisa pergi ke pusat terapi mata.

Sebagian besar penderita presbiopi menggunakan kacamata baca, lensa kontak multifokal, atau kombinasi keduanya untuk mengoreksi penglihatan mereka, tergantung mana yang mereka sukai.

Apa itu Presbiopi?

Presbiopi adalah hilangnya kemampuan mata Anda secara bertahap untuk fokus pada benda-benda dari dekat. Ini adalah bagian alami dari penuaan yang biasanya mulai terlihat pada awal hingga pertengahan usia 40-an dan terus memburuk hingga usia 65 tahun. Jika Anda mengalami presbiopi, ketika Anda pergi ke pusat terapi mata, maka penglihatan Anda akan diperiksa untuk menilai apakah Anda mengalami ‘presbiopi’, seperti halnya jika Anda rabun jauh atau rabun dekat.  Sebagai kondisi yang umum, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, dan mudah untuk mengatasi presbiopi sesuai dengan gaya hidup Anda.

Kebanyakan penderita presbiopi menggunakan kacamata baca, kacamata varifokal, lensa kontak multifokal, atau kombinasi keduanya untuk mengoreksi penglihatan mereka – tergantung mana yang mereka sukai.

Apa yang Menyebabkan Presbiopi?

Untuk membentuk gambar, mata Anda bergantung pada kornea dan lensa untuk memfokuskan cahaya ke retina di bagian belakang mata. Ketika Anda melihat sesuatu dari kejauhan, otot melingkar di sekitar kornea akan mengendur. Ketika Anda melihat sesuatu di dekat Anda, otot akan mengerut, sehingga lensa yang relatif elastis akan melengkung dan mengubah daya fokusnya. Pada mata yang lebih muda tanpa masalah penglihatan, lensa biasanya lebih lembut sehingga lebih mudah melengkung dan melentur, namun seiring bertambahnya usia, lensa dapat mengeras. Presbiopi disebabkan oleh pengerasan lensa mata Anda, yang merupakan bagian alami dari proses penuaan.

Ketika lensa Anda menjadi kurang fleksibel, maka akan semakin sulit untuk mengubah bentuknya agar dapat fokus pada objek jarak dekat, yang pada gilirannya akan mempengaruhi penglihatan Anda. Meskipun Anda tidak pernah membutuhkan kacamata, Anda mungkin akan merasa perlu mengenakan kacamata di kemudian hari untuk melakukan kegiatan jarak dekat, seperti membaca, melihat ponsel, atau bahkan mengemudi.

Baca Juga: Seberapa Efektif Kacamata Lensa Prisma untuk Penglihatan Ganda?

Apa Saja Gejala Presbiopi?

Apakah Anda mulai menyadari bahwa teks semakin sulit dibaca? Apakah Anda kesulitan melihat dengan jelas saat menggunakan ponsel atau laptop, atau saat melakukan pekerjaan dengan jarak dekat? Anda mungkin mengalami tanda-tanda awal presbiopi. Hal ini sangat normal, dan sebagian besar dari kita mulai mengalaminya sekitar usia 40 tahun. Gejala umum presbiopi adalah:

  • Mengalami kesulitan membaca tulisan kecil
  • Perlu memegang bahan bacaan dengan jarak sejauh lengan agar dapat fokus dengan baik
  • Mengalami penglihatan kabur pada jarak baca normal (sekitar 35cm)
  • Mengalami ketegangan mata atau sakit kepala setelah membaca atau melakukan pekerjaan jarak dekat
  • Membutuhkan pencahayaan yang lebih terang saat membaca atau melakukan pekerjaan jarak dekat
  • Masalah secara keseluruhan dalam melihat dan memfokuskan pada objek yang dekat dengan Anda
  • Menyipitkan mata untuk membuat objek menjadi fokus
  • Penglihatan buram dari jarak dekat

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.