Klinik Mata Bekasi – Low vision adalah suatu kondisi di mana terdapat kehilangan penglihatan yang substansial yang tidak dapat diperbaiki hanya dengan operasi, kacamata, atau perawatan medis. Orang dengan kondisi low vision tidak dapat secara efektif melakukan aktivitas sehari-hari seperti berpakaian, memasak, mengelola pengobatan, bekerja/sekolah, atau menavigasi lingkungan. Terapi low vision membantu menciptakan strategi untuk menggantikan atau memaksimalkan penggunaan penglihatan yang berkurang. Apakah Anda mengalami perubahan terkait usia pada penglihatan Anda? Atau, apakah Anda mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas normal sehari-hari karena kehilangan penglihatan?

Jika iya, program terapi low vision Vio Optical dapat membantu Anda! Vio Optical menawarkan keahlian terapi low vision yang bekerja dengan pasien yang mengalami kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia atau bentuk kehilangan penglihatan lainnya untuk membantu mereka melakukan tugas sehari-hari seperti membaca atau menulis dengan lebih mudah.

Beberapa kondisi yang bisa berakhir pada low vision:

  • Degenerasi makula terkait usia
  • Katarak
  • Retinopati diabetik
  • Glaukoma
  • Rabun senja
  • Retinitis pigmentosa

Vio Optical akan memberi Anda implikasi fungsional dari kondisi mata Anda dan petunjuk terampil untuk membantu Anda tetap mandiri dan aman sehingga Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti menulis cek, membaca koran, atau menggunakan microwave.

Jenis Penyakit yang Mungkin Bisa Berujung pada Low Vision

  • Penglihatan Minus Sentral. Kondisi ini menyebabkan penglihatan kabur dari bagian tengah mata. Kondisi ini memengaruhi penglihatan untuk objek yang jauh dan dapat menyulitkan mobilitas di area dengan lalu lintas yang padat.
  • Rabun Dekat. Ini adalah kondisi yang memengaruhi penglihatan dari sisi mata, sehingga membuat navigasi lingkungan menjadi lebih menantang.
  • Rabun Senja. Rabun senja adalah salah satu kondisi low vision yang paling terkenal. Kondisi ini menyulitkan Anda untuk berjalan, mengemudi, dan menyelesaikan tugas di malam hari atau di tempat yang remang-remang.
  • Penglihatan Kabur. Kondisi ini memengaruhi penglihatan dan membuat objek menjadi kabur, baik jauh maupun dekat.
  • Pemotongan Lapang Pandang. Kondisi ini terjadi setelah cedera neurologis seperti stroke, operasi otak, atau cedera otak traumatis. Kondisi ini meliputi area lapang pandang yang “hilang” akibat trauma neurologis.
  • Penglihatan Ganda. Kondisi ini dapat terjadi akibat berbagai kondisi, termasuk trauma, kondisi neurologis, dan perubahan ketajaman penglihatan.

Baca Juga: Berbagai Hal Berbahaya yang Terjadi Jika Tidak Segera Menangani Mata Minus

Tujuan Dilakukannya Terapi Low Vision

Tujuan yang paling umum meliputi:

  • Penglihatan yang lebih baik: Terapi seperti teleskop dan kaca pembesar telah diadaptasi untuk membantu orang mengoptimalkan lapang pandang mereka. Ini dapat mencakup penglihatan secara umum, tetapi juga jenis penglihatan yang Anda perlukan untuk tugas-tugas khusus, seperti membaca atau memotong sayuran di dapur.
  • Fokus yang lebih kuat: Latihan penglihatan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk membantu orang fokus dan melacak objek dari satu ruang ke ruang lainnya.
  • Orientasi: Latihan mobilitas, seperti halnya latihan penglihatan, membantu orang dengan low vision untuk merasakan lebih baik di mana mereka berada dan apa yang ada di sekitarnya. Teknik keselamatan ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan saat berada di lingkungan baru.

Seiring dengan kemajuan teknologi, orang menemukan lebih banyak cara untuk menyesuaikan teknologi tersebut dengan industri yang berbeda. Misalnya, dimungkinkan untuk menggunakan kacamata bantu untuk membantu memberikan bidang visual yang lebih kuat kepada orang-orang. Meskipun masih dalam tahap awal, solusi semacam ini semakin menarik perhatian karena bentuknya sedikit berbeda dari kacamata biasanya, yang mengarah pada pilihan yang lebih berkembang bagi siapa pun yang tertarik dengan terapi low vision. Ini adalah waktu yang tepat untuk ikut beraksi.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata, yang berkaitan dengan low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.