Vision Therapy – Gangguan visual akan mempengaruhi kualitas penglihatan seseorang. Umumnya, seseorang yang mengalami gangguan visual membutuhkan bantuan optik guna membantu memaksimalkan penglihatan. Meski begitu, ada sebagian orang yang kemungkinan tidak cocok dengan alternatif tersebut. Ataupun mengalami gangguan visual tertentu yang tidak dapat diperbaiki dengan bantuan optik saja. Dalam hal ini peran terapi penglihatan atau vision therapy diperlukan. Apa dan siapa saja yang membutuhkan vision therapy, simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Vision Therapy?

Terapi penglihatan atau yang juga dikenal dengan istilah vision therapy adalah serangkaian latihan dan perawatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan visual. Ini juga dapat membantu meningkatkan koordinasi antara mata dan otak terutama bagi mereka yang memiliki ketidakmampuan belajar dan membaca. Terapi adalah pilihan non-bedah untuk memperbaiki masalah serta gangguan visual yang tidak dapat diperbaiki hanya dengan lensa korektif. Seperti kondisi mata mata malas, gangguan binocular vision, strabismus dan lainnya.

Terkadang, vision therapy juga digunakan untuk mengatasi masalah kelainan refraksi seperti miopia, presbiopia, hiperopia, dan astigmatisme. Dimana teknik-teknik yang digunakan dalam terapi penglihatan tersebut dapat mengurangi perkembangan atau mencegahnya berkembang lebih lanjut secara signifikan. Terapi penglihatan atau vision therapy tidak hanya terbatas pada latihan mata. Tapi ini juga mencakup teknik dan metode yang bertujuan untuk meningkatkan persepsi atau pemrosesan gambar oleh mata. Serta sebagai koreksi atau pencegahan masalah visual tertentu.

Siapa Saja yang Membutuhkannya?

Terapi penglihatan atau vision therapy direkomendasikan untuk beberapa kondisi, seperti:

  • Anak-anak yang memiliki ketidakmampuan belajar

Sebagian besar permasalahan belajar dan membaca yang mempengaruhi anak-anak sebenarnya disebabkan oleh keselarasan mata yang tidak tepat. Dimana kondisi tersebut dapat mempengaruhi ketidakmampuan belajar anak-anak yang lebih efektif. Untuk itu, vision therapy dengan program khusus dapat membantu meningkatkan keselarasan mata dan kinerja mata untuk meningkatkan kemampuan belajar.

  • Kelainan refraksi

Mata memproses gambar mirip dengan kamera. Cahaya, fokus, dan proses yang dikenal sebagai pembiasan semuanya bekerja sama untuk menafsirkan gambar dengan benar. Jika ada kelainan refraksi yaitu, bentuk kornea tidak beraturan yang mengakibatkan rabun jauh (miopia), rabun dekat (hiperopia), atau astigmatisme. Vision therapy juga dapat membantu penderita kelainan refraksi untuk mencegah dan menghambat perkembangan kondisi tersebut semakin memburuk.

Baca Juga: Apa Low Vision dan dan Apakah Bisa Diobati

  • Mereka yang sangat bergantung pada kualitas penglihatan

Setiap orang tentu membutuhkan penglihatan yang baik, tetapi sebagian orang lebih membutuhkan kualitas penglihatan yang baik. Ini termasuk ahli bedah atau mereka yang memiliki pekerjaan tergantung pada akurasi dan presisi visual yang baik.

Tidak hanya itu, vision therapy dapat membantu meningkatkan kemampuan visual seseorang. Dengan menjalani terapi tersebut mereka dapat meningkatkan keterampilan visual dasar dan efisiensi yang lebih baik. Meningkatkan kinerja anak berkebutuhan khusus atau orang dewasa dalam lingkungan kehidupan nyata seperti sekolah atau tempat kerja. Serta Mengubah cara mata dan otak memproses gambar atau informasi visual.

Apa yang Dapat Diperbaiki Terapi Penglihatan Anak?

Seringkali gangguan visual atau permasalahan terkait dengan kemampuan visual dimulai dari masa anak-anak. Beberapa masalah mata yang terjadi selama masa anak-anak dapat diatasi dengan vision therapy diantaranya yaitu:

  • Amblyopia (mata malas)

Ini adalah masalah perkembangan penglihatan pada satu mata yang tidak dapat mencapai ketajaman visual normal. Ini muncul ketika jalur saraf antara otak dan mata tidak dirangsang dengan benar.

  • Strabismus

Ini terjadi ketika ada penyimpangan sumbu visual mata yang mencegah keduanya berjalan ke arah yang sama. Biasanya muncul pada tahun-tahun pertama kehidupan dan jika tidak dikoreksi dapat mempengaruhi penglihatan.

  • Masalah penglihatan lainnya

Vision therapy juga dapat memperbaiki masalah gangguan persepsi visual, masalah penglihatan yang terkait dengan cacat perkembangan, dan lainnya dengan lebih efektif.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.