Mata kita adalah salah satu dari kelima panca indera yang cukup penting. Sebagai jendela dunia, mata bertugas untuk bisa melihat dunia serta mengumpulkan informasi yang dilihat. Oleh karena itu, kesehatan mata harus dijaga dengan baik untuk memiliki penglihatan yang baik pula. Untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mata maka diperingatilah world sight day, yaitu hari penglihatan sedunia.

Saat ini, penderita gangguan penglihatan yang disebabkan oleh berbagai hal semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan, tidak sedikit orang di dunia ini yang tidak bisa melihat dengan baik. Tidak hanya itu, banyak orang dengan gangguan penglihatan yang tidak memiliki akses kesehatan mata sehingga kondisi penglihatannya semakin parah. Kondisi penglihatan yang semakin parah, memicu munculnya risiko kehilangan visi atau kebutaan. Guna memberikan informasi yang akan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mata, diselenggarakannya world sight day. Hari Penglihatan Sedunia ini, membantu setiap orang untuk menemukan solusi guna memastikan bahwa setiap orang, memiliki akses kesehatan mata yang baik.

World sight day dimaksudkan untuk membawa perhatian global pada pentingnya menjaga kesehatan mata untuk mencegah kebutaan dan gangguan penglihatan. World sight day ini diperingati pada hari Kamis minggu kedua bulan Oktober dan sudah dilakukan sejak tahun 1988 oleh Lions Club International. Kemudian berintegrasi menjadi VISION 2020 di bawah naungan WHO dan International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, pada tahun 1999-2000, ada sebanyak 285 juta orang di dunia yang memiliki masalah dalam penglihatan. Untuk itu, digagaslah program ini dengan tujuan meningkatkan kepedulian terhadap gangguan penglihatan sebagai masalah kesehatan masyarakat global.

Tujuan utama diselenggarakannya program world sight day adalah untuk memenuhi hak setiap warga negara guna memperoleh penglihatan yang optimal. Dengan gerakan inisiatif global dan adanya upaya untuk mengurangi berbagai penyebab yang memungkinkan munculnya kebutaan dan gangguan penglihatan yang terjadi di masyarakat. Berbagai upaya juga telah dilakukan untuk menurunkan angka kebutaan serta penderita gangguan penglihatan. Setiap orang akan memiliki hak untuk memperoleh penglihatan yang optimal. Salah satu indikatornya adalah berkurangnya jumlah penyandang gangguan penglihatan dan kebutaan dikalangan masyarakat.

Baca Juga: Apa itu Astigmatisme dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

World sight day merupakan momen yang sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan setiap orang di seluruh dunia terkait dengan pentingnya kesehatan indera penglihatan. Serta pentingnya melakukan tindakan pencegahan munculnya penyakit yang dapat menyebabkan kebutaan dan gangguan penglihatan. Mata sehat adalah dambaan bagi setiap orang di seluruh dunia. Dimana hampir 80% informasi yang diperoleh otak kita berasal dari indera penglihat yaitu mata. Sebagai indera penglihat, mata akan mengolah apa yang dilihatnya dan meneruskannya kepada otak. Sehingga, organ ini sangatlah penting bagi setiap orang untuk bisa menjalani aktivitas sehari-hari.

Namun, kesehatan mata justru semakin menurun saat ini. Banyak anak-anak yang mengalami permasalahan penglihatan di usia dini, seperti mata minus atau rabun jauh. Penyebab yang paling sering terjadi yaitu karena penggunaan perangkat digital seperti gadget yang berlebihan. Akibatnya, tidak sedikit anak yang saat ini mulai menggunakan kacamata minus. Lain halnya dengan masalah kesehatan mata yang dialami oleh orang dewasa. Dimana pada usia 45 tahun akan mulai terserang penyakit katarak. Dimana katarak bisa menjadi penyebab munculnya kebutaan, dimana saat ini banyak kasus kebutaan yang disebabkan karena katarak. Untuk menjaga mata anda agar tetap sehat sehingga penglihatan juga jelas, maka lakukanlah pemeriksaan kesehatan mata secara rutin.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata yang terpercaya dan profesional? Segera kunjungi Vio Optical Clinic yang menawarkan berbagai layanan kesehatan mata terbaik untuk anda dan keluarga. Kami memberikan layanan kacamata dan berbagai soft lenses dengan kualitas dan standar kesehatan terbaik. Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis yang memadai dan canggih serta para staff professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Dapatkan layanan kesehatan mata terpercaya hanya bersama Vio Optical Clinic.