Klinik Mata Bekasi – Istilah ini sering juga disebut dengan diplopia yang merupakan kondisi dimana Anda akan melihat dua gambar pada objek yang sama. Disinilah Anda bisa berkesimpulan bahwa objek yang dituju itu memang ganda alias ada dua. Untuk istilah lain yang disampaikan pada istilah ini adalah double vision yang memang biasanya hasil dari kondisi yang mendasari hal tersebut.

Dalam hal ini, untuk Anda yang terkena penyakit ini harus diobati apa saja penyebab yang mungkin terjadi. Sehingga, dengan begitu hal ini bisa terjadi untuk membantu memulihkan penglihatan Anda yang sudah terlanjur double vision. Perlu Anda ketahui dan pahami bahwasanya sebenarnya ada dua jenis diplopia yang terjadi.

Pertama ialah diplopia binokuler yang mana penglihatan ganda terjadi jika Anda menutup salah satu bagian mata masih tampak tampilan ganda. Sedangkan untuk jenis satunya lagi itu ialah diplopia monokular dimana akan hilang tampilan ganda jika Anda menutup salah satu bagian mata. Kedua jenis penglihatan ini bisa disimpulkan memiliki timbal balik yang jauh berbeda.

Ternyata Ini Penyebab Penglihatan Ganda

Setiap penyakit pastinya memiliki penyebab dan gejala apa saja yang dirasakan, begitu juga dengan penglihatan ganda. Karena terdapat dua jenis penyakit yang diklasifikasikan, ternyata untuk gejala juga sama halnya. Untuk penyebab diplopia monokuler ini terjadi karena terdapat masalah yang ada di salah satu mata Anda. Tidak hanya itu, masalah itu juga jarang terjadi dibanding diplopia binokular.

Kebanyakan dari para pasien untuk penyakit ini pasti mengalami masalah dimana pada salah satu mata saja. Bahkan, untuk terjadi pada dua belah mata itu sangat jarang adanya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Kebanyakan orang yang mengalami diplopia monokuler mengatakan, mereka terkadang melihat sesuatu akan sangat jelas. Namun, di sisi lainnya ada gambar lainnya akan terlihat pudar atau samar-samar.

Baca juga : Computer Vision Syndrome

Untuk penyebab lain yang mungkin terjadi adalah ketika adanya astigmatisma atau keadaan mata silinder berat. Tidak hanya itu, perubahan bentuk kornea seperti keratokonus, mata kering, katarak, dan juga keadaan lainnya bisa menjadi penyebab Anda terkena penglihatan ganda. Itulah kenapa akan lebih baik jika Anda mencegah diri dari kemungkinan yang terjadi seperti ini.

Komplikasi Penyakit Yang Mungkin Terjadi Karena Penglihatan Ganda

Ketika seseorang terserang satu penyakit, maka tidak menutup kemungkinan ia bisa mengalami penyakit lainnya. Maksudnya ialah, kemungkinan ia juga bisa mengalami komplikasi antara satu penyakit dengan penyakit lainnya. Setelah tadi membahas penyebab yang mungkin terjadi pada seseorang yang mengalami penglihatan ganda, ternyata memang ada potensi komplikasi untuk penyakit ini.

Sebelum membahas lebih jauh, ternyata penglihatan ganda ini memang bisa menjadi suatu penyakit yang mudah diobati. Namun, di satu sisi penyakit ini juga bisa menjadi penyakit yang lebih rumit, hingga menyebabkan penyakit kronis. Seperti yang diketahui selama ini, bahwa ada banyak penderita penglihatan ganda akhirnya mengalami mual.

Mereka bahkan bisa mengalami vertigo karena merasa penglihatan yang tajam dan terus berubah. Untuk beberapa orang lain ada yang mengalami ketegangan mata bahkan kepekaan. Sehingga, di waktu lain kedepannya mereka akan merasa lebi mudah dalam merasakan cahaya dan suara. Keadaan seperti ini sebenarnya tidak baik karena bisa merenggut nyawa kapan saja.

Namun, tidak ada kasus berat yang pernah menimpa sang pasien yang terjadi dalam keadaan buruk. Jika Anda ingin merasa lebih baik, bisa mencoba dengan konsultasi dokter. Karena, mungkin respon dan arahan yang Anda dapatkan lebih berbeda nantinya.