Ortho K – Ortho-k atau yang juga disebut dengan orthokeratology adalah sebuah metode untuk koreksi kelainan refraksi dengan lensa kontak khusus ortho-k. Lensa yang dikenakan pada mata sebelum tidur, akan memberikan tekanan ringan untuk membentuk kornea mata sehingga kelainan refraksi berangsur membaik. Pada siang hari, anda tidak memerlukan bantuan visual lebih lanjut, penglihatan juga semakin jelas. Ortho-k sendiri menjadi pilihan banyak orang untuk mengatasi masalah kesalahan bias.

Kenali Bagaimana Prosedur Ortho-K

Lensa ortho-k atau lensa malam cocok untuk mengurangi miopia hingga sekitar -6 dioptres. Lensa ortho-k ini dapat mengurangi rabun jauh, rabun dekat, presbiopia, dan astigmatisme. Lensa kontak dengan dimensi yang cukup stabil hanya dipasang pada mata sebelum anda tidur. Lensa ini dengan lembut akan membentuk kornea mata untuk memiliki penglihatan yang baik keesokan harinya. Jadi anda bisa melepas lensa ortho-k pada keesokan paginya dan anda akan melihat dengan sangat baik.

Lensa ortho-k dibuat secara khusus untuk mata anda yang memiliki masalah kelainan refraksi. Segera setelah anda memasang lensa, lensa kontak permeabel gas yang mampu menyerap oksigen dengan baik, akan membantu mengatasi masalah penglihatan anda. Bentuk khusus permukaan belakang lensa kontak menciptakan akumulasi film air mata di area tepi kornea anda. Hal tersebut akan menciptakan kekuatan kapiler selama pemakaian. Kekuatan ini kemudian dengan lembut mengubah kornea anda saat tidur. Dengan lensa kontak ini, anda juga bisa melihat dengan jelas saat bangun sebentar di malam hari atau, misalnya, menonton TV sebelum tidur.

Keunggulan Lensa Ortho-K

Beberapa keunggulan yang dihadirkan lensa ortho-k iantaranya adalah:

  • Tidak ada lagi mata kering, bahkan dengan sistem AC berjalan atau di layar
  • Tidak ada perasaan asing di siang hari karena lapisan air mata yang tidak terpengaruh
  • Penglihatan lebih stabil dibandingkan lensa kontak normal, terutama yang mengidap astigmatisme
  • Adaptasi optimal dari lensa Ortho K karena produksi individu
  • Salah satu cara paling efektif untuk memperlambat memburuknya miopia
  • Penglihatan jernih di siang hari tanpa kacamata atau lensa kontak di mata.

Baca Juga: Mari Mengenal Apa Itu Miopia Baru Lakukan Terapi Mata Minus

Dengan lensa ortho-k, anda tidak lagi memakai lensa kontak pada siang hari dan anda masih bisa melihat dengan jelas. Lensa ortho-k juga digunakan untuk mengurangi perkembangan miopia. Selain itu, penglihatan tidak berubah setiap kali berkedip. Terutama jika Anda memiliki astigmatisme yang sedikit lebih jelas, lensa kontak konvensional terus-menerus mengubah penglihatan Anda sedikit. Ini karena lensa kontak biasa Anda bergerak dengan setiap kedipan mata. Lensa Ortho K, sebaliknya, tidak memiliki efek ini karena Anda tidak memiliki lensa apapun pada siang hari.

Ortho-K Untuk Anak-Anak Dan Remaja

Anak-anak dan remaja saat ini banyak yang mengalami miopia tanpa menyadarinya. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh paparan sinar gadget yang tidak terlepas dari kebiasaan anak. Miopia sendiri biasa dikoreksi dengan kacamata dan lensa kontak. Namun, miopia yang lebih tinggi lebih cenderung menyebabkan penyakit mata bermasalah daripada miopia. Selain ortho-k (lensa malam), ini juga merupakan lensa kontak multifokal khusus. Dengan lensa kontak khusus ini, perkembangan miopia dapat dikurangi secara signifikan secara statistik. Lensa khusus ortho-k ini adalah opsi yang cukup efektif untuk membantu mengatasi masalah kelainan refraksi. Lensa ini cukup efektif dalam menghentikan miopia yang dialami oleh anak.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.