Terapi Mata Minus – Mata minus adalah masalah yang memengaruhi penglihatan jarak jauh dan telah dialami oleh banyak orang. Ini adalah kondisi di mana seseorang dapat melihat objek dekat dengan jelas, tetapi objek jauh tampak kabur. Meski penglihatan yang buram bisa dibantu dengan kacamata agar lebih jelas. Namun, tingkat mata minus yang tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan mata. Sebaiknya anda melakukan terapi mata minus dan memahami betul kondisi ini sebelum terlambat.

Bagaimana Mata Minus Terjadi?

Mata minus terjadi jika bola mata terlalu panjang atau kornea (penutup depan mata yang bening) terlalu melengkung. Akibatnya, cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus dengan benar, dan objek yang jauh terlihat kabur. Perkembangan mata minus dapat dipengaruhi oleh cara seseorang menggunakan matanya. Ketika anda menghabiskan banyak waktu untuk membaca, bekerja di depan komputer, atau melakukan pekerjaan visual dekat yang intens lainnya maka bisa mengembangkan kondisi ini. Mata minus juga bisa terjadi karena faktor lingkungan atau masalah kesehatan lainnya, seperti:

  • Rabun senja dimana seseorang mengalami penglihatan jarak kabur hanya di malam hari. Dengan kondisi ini, cahaya rendah bisa membuat mata sulit untuk fokus dengan benar. Atau ukuran pupil yang meningkat selama kondisi gelap memungkinkan lebih banyak sinar cahaya perifer yang tidak fokus masuk ke mata.
  • Mata minus semu yang terjadi ketika seseorang melakukan terlalu banyak pekerjaan penglihatan dekat. Penglihatan jarak jauh menjadi kabur, ini karena penggunaan mekanisme fokus mata yang berlebihan.

Seseorang dengan mata minus mengalami kesulitan melihat dengan jelas layar film atau TV, papan tulis di sekolah atau saat mengemudi. Dimana biasanya penglihatan menjadi buram dan tidak jelas. Bahkan, penderita mata minus juga bisa mengalami gejala seperti kesulitan untuk membaca atau mengenali rambu-rambu lalu lintas.

Baca Juga: Berikut Adalah Permasalahan Visual yang Membutuhkan Vision Therapy

Pengobatan untuk Penderita Mata Minus

Orang dengan mata minus memiliki beberapa pilihan pengobatan yang tersedia. Dimana langkah pengobatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan kembali penglihatan jarak jauh yang jelas. Berikut ini pengobatan yang paling umum bagi para penderita mata minus.

1.     Kacamata

Kacamata adalah pilihan utama untuk koreksi mata minus. Tergantung pada tingkat mata minus, anda mungkin hanya perlu memakai kacamata untuk aktivitas tertentu. Ketika tingkat mata minus tinggi, tentu anda perlu memakainya sepanjang waktu. Umumnya, lensa penglihatan tunggal diresepkan untuk memberikan penglihatan yang jelas.

Pasien di atas usia 40, atau anak-anak dan orang dewasa yang mata minusnya terjadi akibat tekanan pekerjaan penglihatan dekat, mungkin memerlukan lensa tambahan bifokal. Lensa multifokal ini memberikan kekuatan atau kekuatan yang berbeda di seluruh lensa untuk memungkinkan penglihatan yang jelas dalam jarak jauh dan dekat.

2.     Lensa Kontak

Untuk sebagian orang, lensa kontak menawarkan penglihatan yang lebih jelas dan bidang pandang yang lebih luas daripada kacamata. Namun, karena lensa kontak dikenakan langsung pada mata, mereka memerlukan evaluasi dan perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata.

3.     Ortho-K

Pilihan lain untuk mengobati mata minus adalah ortho-k. Ini adalah prosedur non-bedah, yang memakai serangkaian lensa khusus. Yakni lensa kontak kaku yang dirancang khusus untuk secara bertahap membentuk kembali kelengkungan kornea, permukaan luar depan mata. Lensa memberi tekanan pada kornea untuk meratakannya. Sehingga mampu mengubah bagaimana cahaya yang masuk ke mata untuk difokuskan. Anda memakai lensa kontak untuk waktu yang terbatas, seperti semalaman, dan kemudian melepasnya.

4.     Prosedur Laser

Prosedur laser seperti LASIK atau PRK, juga merupakan pilihan pengobatan yang mungkin untuk miopia pada orang dewasa. Sinar laser cahaya membentuk kembali kornea dengan menghilangkan sejumlah kecil jaringan kornea. Dalam PRK, laser menghilangkan lapisan tipis jaringan dari permukaan kornea untuk mengubah bentuknya dan memfokuskan kembali cahaya yang masuk ke mata. LASIK menghilangkan jaringan dari lapisan dalam, tetapi tidak dari permukaan, kornea.

5.     Terapi Mata Minus

Terapi mata minus adalah pilihan bagi orang-orang yang penglihatan kaburnya disebabkan oleh kejang otot-otot yang mengontrol pemfokusan mata. Berbagai latihan mata dapat meningkatkan kemampuan fokus mata yang buruk dan mendapatkan kembali penglihatan jarak jauh yang jelas.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.